SOSIALISASI PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL

Pusat Pendidikan dan Pelatihan menyelenggarakan Sosialisasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Selasa 20 April 2021 di Hotel Harris Vertu, Harmoni, Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh CPNS, Pejabat Pembina Kepegawaian Unit Kerja, Pejabat Pengelola Kepegawaian Unit Kerja, dan Pejabat Fungsional Widyaiswara di lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). Adapun CPNS tersebut berasal dari Biro Sumber Daya Manusia sebanyak 4 orang, dari Inspektorat Utama sebanyak 7 orang dan 1 orang dari Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi PNS, CPNS harus mengikuti dan lulus Pelatihan Dasar CPNS. CPNS terlebih dahulu akan mengikuti tahap pertama yaitu Pembelajaran Mandiri/Swajar/Massive Online Open Course (MOOC). Pada awal bulan Juni (setelah libur hari raya Idul Fitri) baru akan dilaksanakan tahapan selanjutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi teknis terkait tahap pertama, Pembelajaran Mandiri/Swajar/MOOC, yang disampaikan oleh Bapak Ruben Silitonga selaku Wakil Bidang Penyelenggaraan. Dalam penyampaiannya dijelaskan bahwa CPNS mengikuti tahap pertama melalui aplikasi yang langsung dikelola oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Dalam tahap ini peserta akan mengikuti pembelajaran selama 48 jam pembelajaran (jp) dan diakhiri dengan tes evaluasi akademik. Beliau berpesan agar CPNS mengerjakan dengan sebaik-baiknya karena nilai pada tahap ini berpengaruh terhadap nilai total.

Penyampaian Teknis Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan percobaan pertama kalinya untuk mengakses akun aplikasi MOOC untuk masing-masing CPNS. Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan teknis penggunaan aplikasi serta ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan CPNS dalam mengikuti pembelajaran melalui aplikasi ini dan diakhiri dengan diskusi, tanya jawab, serta praktik menggunakan aplikasi oleh masing-masing CPNS. (abn/red)