PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM MELALUI PELATIHAN BIDANG TIK, KUNCI SUKSES TRANSFORMASI DIGITAL

Senin, 2 November 2020 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristek/BRIN bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi SDM Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi pegawai di lingkungan Kemenristek/BRIN. Pembukaan pelatihan TIK yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo – Semuel Abrijani Pangerapan, Kepala BPPTIK – Nusirwan, Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat – Ruben Silitonga, para Sub Koordinator dan tenaga pengajar BPPTIK, serta peserta pelatihan TIK.

Pada kesempatan tersebut Kepala Pusdiklat, Wisnu S. Soenarso, menyampaikan urgensi perlunya penguasaan TIK dan upaya pengembangan kompetensi SDM Kemenristek/BRIN melalui pelaksanaan pelatihan TIK. Wisnu juga menyampaikan harapan bahwa kerjasama pelaksanaan pengembangan SDM melalui pelatihan TIK dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Plt.Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangarepan. Dalam sambutannya Semuel menyampaikan bahwa menuju transformasi digital tidak hanya infrastruktur yang perlu disiapkan dan dikembangkan, namun yang terpenting adalah peran SDM yang mampu mengoperasikan dan mengembangkan penguasaan TIK dalam pelaksanaan kegiatannya.

Pelatihan ini diikuti oleh 106 peserta yang berasal dari 9 unit kerja di Kemenristek/BRIN, dengan rincian : Pelatihan Office Application Tingkat Dasar dan Sertifikasi Junior Office Operator sebanyak 34 orang, Pelatihan Web Design dan Sertifikasi Junior Web Developer sebanyak 34 orang, serta Pelatihan Graphic Design Tingkat Dasar dan Sertifikasi Junior Graphic Designer sebanyak 38 orang. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 2 – 13 November 2020 dan kegiatan sertifikasi akan diselenggarakan pada tanggal 23 November – 1 Desember 2020 secara daring melalui LMS (Learning Management System) BPPTIK yaitu B-Learning dan aplikasi video conference.

Harapan lebih jauh terhadap pelaksanaan pengembangan kompetensi SDM bidang TIK di lingkungan Kemenristek/BRIN, Pusdiklat Kemenristek/BRIN dapat menjadi lembaga penyelenggara pelatihan bidang TIK yang terakreditasi sehingga mampu secara mandiri melakukan pelatihan-pelatihan TIK bagi karyawan di lingkungan Kemenristek/BRIN. (IR/Teknis/2020)