PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN ANTARA KEMENRISTEK/BRIN DENGAN UNIVERISTAS TERBUKA TENTANG PENGEMBANGAN SUMBER DAYA IPTEK

 Senin(09/11), Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional secara resmi bekerja sama  dengan Universitas Terbuka terkait Pengembangan Sumber Daya Iptek. Ruang lingkup penandatanganan Nota Kesepahaman ini meliputi pengembangan sumber daya manusia ilmu pengetahuan dan teknologi melalui:

a.       Pengembangan dan pemanfaatan Learning Management System (LMS);

b.       Pengembangan Kurikulum pelatihan;

c.       Manajemen pengelolaan pelatihan;

Wisnu S. Soenarso saat memberikan sambutan

Saat memberikan pengarahan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ristek/BRIN Wisnu S. Soenarso menyampaikan ide dasar dan konsep dari Pelatihan yang akan dilaksanakan Pusdiklat.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dosen tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi” ungkapnya. Pelatihan ini merupakan sebuah program yang sudah direncanakan sejak struktur kementerian sebelumnya. Meskipun demikian program ini akan tetap dilanjutkan. “ Sebenarnya ini adalah warisan masa lalu, tapi kita akan tetap teruskan dengan jejaring yang sudah ada” imbuhnya.

 

Kapusdiklat juga menyampaikan bahwa pelatihan ini akan ada salah satu jenjang  mulai dari saat masuk CPNS dosen,  kemudian  ada Dosen Pratama, Madya, sampai Dosen Ahli Utama. “kami juga merancang pelatihan untuk Guru Besar. Jadi semuanya itu lengkap kita rancang mulai dari dosen itu CPNS hingga menjadi Guru Besar”. Imbuhnya.

Sekretaris Menteri Mego Pinandhito saat memberikan sambutan 

 Pada kesempatan yang sama  Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Mego Pinandhito menyampaikan dukungan pada program-program yang telah disusun oleh Pusdiklat  dan bukan hal mustahil melalui pertemuan ini akan mewujudkan program tersebut.

“Kami selalu ingin menambahkan bahwa seluruh sumber daya fasilitas laboratorium yang ada di kementerian Ristek/BRIN dan dibawah Lembaga Pemerintah Non Kementerian bisa menjadi salah satu fasilitas yang bisa digunakan dalam Pengembangan Sumber Daya Iptek” ucapnya.

 

Selain itu Sesmen juga menambahkan bahwa kedepan sumber daya fasilitas laboratorium ini tidak hanya dibatasi untuk kegiatan internal dan Universitas Terbuka saja tapi bisa dikembangkan khususnya pada konteks metode pembelajaran, Pengembangan Penelitian, dan Pemberdayaan masyarakat. 

Rektor Universitas Terbuka saat memberikan sambutan 

 

Saat memberikan Sambutan, Rektor Universitas Terbuka Ojat Darojat menyampaikan bahwa Dengan Kerja Sama ini  akan bisa dikembangkan supaya lebih besar, apalagi kalau di kaitkan dengan tren belajar saat ini yaitu dibawah tekanan wabah Covid-19 ini sehingga pengajar sangat dituntut untuk memiliki kemampuan  mengajar yang baik.

Sesi penandatanganan nota kesepahaman kemenristek/BRIN dan Universitas Terbuka

Penyerahan bahan ajar secara simbolis dari kemenristek/BRIN ke Universitas Terbuka

 

Penyerahan cinderamata antara Kemenristek/BRIN dengan Univeristas Terbuka

Acara ini dihadiri langsung oleh Sekretaris menteri Ristek/BRIN, Rektor dan Wakil Rektor Universitas Terbuka beserta jajarannya, Kepala pusdiklat dan jajarannya, Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Inovasi. Selain itu juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kepala Biro SDM,  Kepala Pusdatin,  Kepala Puspiptek melalui virtual meeting.

Foto bersama  pejabat dan tamu undangan