MENINGKATKAN KUALITAS SDM KEMENRISTEK/BRIN DAN LPNK DALAM UPAYA MEMBANGUN EKOSISTEM INOVASI

Yogyakarta(26/11), Dalam rangka membangun ekosistem inovasi yang kondusif dan untuk merespon isu global yang muncul saat ini, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN memandang perlu melakukan sinergi dan evaluasi program, sumber daya manusia, serta infrastruktur iptek nasional melalui rapat kerja dengan melibatkan LPNK terkait.

Acara yang bertempat di Hotel Royal Ambarukmo ini diawali dengan kegiatan diskusi paralel per kelompok kerja yang terdiri dari 4 tema pembahasan berbeda meliputi :

POKJA I : Evaluasi Kegiatan Riset dan Inovasi tahun 2020 dan Outlook Kegiatan Riset dan Inovasi tahun 2021
POKJA II : Penataan dan Penguatan SDM dan Infrastruktur Iptek dan Inovasi Nasional
POKJA III : Tantangan dan Langkah Strategis dalam Sinergi Program dan Infrastruktur Riset dan Inovasi untuk Mendukung Prioritas Riset Nasional (PRN)
POKJA IV : Strategi Penguatan Riset dan Inovasi COVID dan Pengembangan Vaksin Merah Putih

Pada kesempatan tersebut, Mego Pinandito selaku Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi dan juga sebagai ketua Pokja II menyampaikan bahwa Kemenristek/BRIN harus mengambil langkah strategis untuk bersinergi dengan seluruh LPNK yang berada dibawah Kemenristek/BRIN terkait penataan dan penguatan SDM serta insfrastruktur Iptek dan Inovasi.
“Program peningkatan kompetensi SDM di Kemenristek/BRIN dan LPNK ini menjadi hal pokok dan penting. Kalau kita bicara tentang riset , bicara penelitian dan pengembangan, kemudian pengkajian dan penerapan, itu semua berbeda dengan kementerian teknis atau sektor lainnya. Kita punya modal utamanya bukan di pembiayaan tapi di BRIN kita ini” ujar Mego pada saat membuka diskusi paralel Pokja II.


Kepala pusdiklat hadir sebagai peserta kelompok kerja II

Agenda utama Rapat Kerja Kemenristek/BRIN yang bertema tentang “Membangun Ekosistem Inovasi” ini akan dilanjutkan pada tanggal 27 November 2020 yang akan dihadiri oleh Menteri Riset danTeknologi/Kepala BRIN dan diikuti oleh kegiatan penyampaian rumusan hasil diskusi masing-masing Pokja.

Kegiatan diskusi paralel ini dihadiri oleh para Kepala LPNK, yaitu LIPI, BPPT, BSN, BIG, BAPETEN, BATAN, dan LAPAN. Selain itu juga dihadiri oleh pejabat struktural di lingkungan Kemenristek/BRIN, Staf Ahli Kementerian, LBM Eijkman dan Ketua Konsorsium Vaksin Merah Putih.