PUSDIKLAT KEMENRISTEK/BRIN MENGGELAR PELAKSANAAN PELATIHAN KEAMANAN DALAM TATANAN NORMAL BARU

Serpong (24/08/2020), Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristek/BRIN menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Gada Pratama dan Gada Madya Tahun 2020 yang di mulai pada tanggal 24 Agustus 2020, bekerjasama dengan Elite Academy dan Polda Metro Jaya. Pelatihan ini diikuti oleh 65 peserta dari empat Unit Kerja Kemenristek/BRIN. Peserta pelatihan keamanan terdiri dari 20 orang peserta pelatihan Gada Madya dan 45 orang peserta pelatihan Gada Pratama. Pelatihan kali ini dilakukan dengan metode tatap muka baik di dalam kelas maupun di lapangan dengan didampingi oleh TNI dan POLRI dan tetap menerapkan protocol kesehatan ketat.

Pembukaan Pelatihan Keamanan Gada Pratama dan Gada Madya dilaksanakan pada Hari Senin, 24 Agustus 2020 dan dihadiri langsung oleh Wisnu S Soenarso selaku Kepala Pusdiklat Kemenristek/BRIN, perwakilan dari Polda Metro Jaya, Ruben Silitonga selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan, Irmawati selaku Kepala Subbidang Diklat Teknis, dan 65 peserta pelatihan. Dalam sambutannya, Kepala Pusdiklat Kemenristek/BRIN mengingatkan kepada peserta untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pelatihanan keamanan, menimba ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya, meningkatkan keterampilan satuan pengamanan, dan meningkatkan sikap dan perilaku yang baik selama dan setelah  pelaksanaan pelatihan, selain juga wajib menerapkan protokol kesehatan ketat selama berada di kawasan Kampus Pusdiklat Kemenristek/BRIN. Pada kesempatan yang sama, Jajang H Basri, Kasubdit Bin Satpam/Polsus Ditbinmas Polda Metro Jaya menyampaikan bahwa upaya peningkatan kompetensi satuan pengawasan sangat penting dilakukan, terutama dalam menjaga ketertiban, memberikan keamanan dan kenyamanan serta pelayanan kepada karyawan, tamu, pengunjung, dan masyarakat di lingkungan kerjanya.


Kepala Pusdiklat memberikan sambutan pada Pembukaan Pelatihan Keamanan Gada Pratama
dan Gada Madya Tahun 2020

Sebelum pelaksanaan pelatihan dimulai, para peserta pelatihan diwajibkan untuk mengikuti rapid test dan test narkoba. Hal ini dilakukan untuk melakukan screening  pencegahan penularan Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) dan pemakaian narkoba oleh satuan pengamanan.


Kegiatan Rapid Tes dan Tes
Narkoba Sebelum Pelaksanaan Pelatihan

Pada pelatihan ini, peserta akan diberikan berbagai pembekalan materi maupun keterampilan teknis terkait dengan pengamanan, antara lain Peraturan Militer Dasar (Permildas), keterampilan penggunaan drill borgol, teknik tanggap dan geledah, pelayanan prima satuan pengamanan, beladiri Polri, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan tanggap darurat, fire fighting/praktek APAR, Hydrant system, dan lain sebagainya.

Salah satu kegiatan pelatihan: Lintas medan, peserta menempuh jarak kurang lebih 10 KM dalam kawasan PUSPIPTEK, dengan melintasi jalan aspal, Kebun Provinsi, melintasi parit, dan lumpur, didampingi oleh pelatih dari TNI dan diawasi oleh tim dari Pusdiklat Kemenristek/BRIN.


Kegiatan Lintas Medan Pelatihan Keamanan Gada Pratama dan Gada Madya