PERINGATAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL KE-25, “INOVASI INDONESIA SEBAGAI SOLUSI”

Jakarta (10/08/2020), berlokasi di Auditorium Gedung B.J. Habibie – Thamrin, peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Ke-25 dengan tema “Inovasi Indonesia Sebagai Solusi” telah digelar. Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro hadir di lokasi bersama dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, para Kepala LPNK yang berada di bawah koordinasi Kemenristek/BRIN, Ketua Komisi VII DPR RI serta hadirin lainnya dengan pengaturan jarak tempat duduk sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.  Selain itu, acara Peringatan HAKTEKNAS Ke-25 ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dan para hadirin serta undangan lainnya yang tersambung melalui video conference. Masyarakat juga bisa menyaksikan siaran live acara ini memalui kanal youtube Kemenristek/BRIN dan Metro TV.

Acara peringatan HAKTEKNAS ke-25 ini diawali dengan pemutaran video monolog terkait sejarah HAKTEKNAS serta perjalanan riset, teknologi dan inovasi Indonesia oleh Menristek/BRIN. Kemudian hadirin di Auditorium diminta berdiri untuk  menyambut kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, di ruang video conference, yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama.


Hadirin di ruang Auditorium dan Wapres RI menyanyikan lagu Indonesia Raya

 Suasana di Auditorium saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Acara dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan rangkaian acara HAKTEKNAS ke-25 oleh Menristek/BRIN. “HAKTEKNAS tahun 2020 ini fokusnya adalah menampilkan kontribusi keunggulan riset dan inovasi kita untuk kemandirian bangsa Indonesia, dan menjadi tekad kita semua untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju dan sejahtera.” Ungkapnya.

Peringatan HAKTENKNAS ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang dilaksankan mulai rentang waktu Agustus hingga November 2020, yang terdiri dari kegiatan peluncuran, seminar dan bakti inovasi.


Menristek/BRIN saat memberikan laporan pelaksanaan HAKTEKNAS ke-25

Adapun agenda yang dilakukan pada acara ini yaitu meliputi :

  1. Penandatanganan kegiatan kerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk program “Desa Berinovasi.
  2. Peluncuran Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial 2020-2045 dengan 5 program prioritas, yaitu : (1) layanan Kesehatan; (2) redormasi birokrasi; (3) pendidikan riset; (4) ketahanan pangan; (5) mobilitas dan kota cerdas.
  3. Peluncuran Katalog Elektronik Produk Inovasi Hasil Konsorsium Covid-19 bersama LKPP.


Kepala Pusdiklat (kiri depan) hadir di Auditorum Gedung B.J. Habibie

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Dalam sambutannya, KemendesPDTT mengucapkan terimakasih kepada Kemenristek/BRIN atas dukungan terkait temuan-temuan teknologi dan inovasi yang selalu dikembangan untuk berkontribusi membangun desa-desa di Indonesia, salah satunya adalah Dusun Tumba, Desa Tamaila Utara, di Kabupaten Gorontalo yang merupakan desa percontohan dimana akan diterapkan generator listrik Pico Hydro. Sampai saat ini pun ada 100 desa percontohan yang bergerak di berbagai sektor.


MendesPDTT saat memberikan sambutan

Setelah itu, dilaksanakan penandatanganan kerja sama Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk program “Desa Berinovasi” yang menandakan telah diresmikannya kegiatan kerja sama ini.


Penandatanganan kegiatan kerjasama untuk program “Desa Berinovasi”

Agenda selanjutnya yaitu penandatangan dan peluncuran Katalog Elektronik Produk Inovasi Hasil Konsorsium Covid-19 oleh Menristek/BRIN dan Kepala LKPP, Rony Dwi Susanto.


Katalog Elektronik Produk Inovasi melalui LKPP


Opening Video Peluncuran Katalog Elektronik Produk Inovasi melalui LKPP

Agenda terakhir, yaitu pemutaran video Strategi Nasional Pengembangan Kecerdasan Artifisial yang disusul dengan penyerahan e-book Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial tahun 2020-2045 oleh Kepala BPPT, Hammam Riza kepada Menristek/BRIN.


Penyerahan e-book Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial tahun 2020-2045

Selanjutnya adalah sambutan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya, Wapres RI mengucapkan terima kasih kepada Kemenristek/BRIN yang telah berkontribusi dalam mendorong budaya inovasi di Indonesia. “Telah banyak inovasi yang dihasilkan oleh anak bangsa, namun hanya sedikit yang dapat dikomersialkan, jika inovasi tidak dapat dikomersialkan, maka inovasi tersebut kurang bermakna bagi bangsa ini.” ujar Ma’ruf.


Wakil Presiden Republik Indonesia saat memberikan sambutan

Kendati demikian, Ma’ruf mengakui bahwa sebuah hasil inovasi atau penelitian tidak mudah dipasarkan. Berbagai tahapan harus dapat dilalui agar hasil temuan tersebut dapat dikomersialkan dan digunakan masyarakat luas. Sebab banyak tahapan yang harus dilalui, maka ia pun berharap para peneliti atau inovator dapat melaluinya sesuai prosedur.

Pada 20 Mei 2020 lalu, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 telah mengadakan Peluncuran 57 Produk Inovasi Covid-19 hasil inovasi anak bangsa. Pembentukan Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 ini untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons cepat pandemi Covid-19. “Hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat proses tahapan sesuai prosedur tersebut” ucapnya.

Setelah melakukan sambutan, Wapres RI bersama Mensristek/BRIN melakukan peresmian rangkaian acara HAKTEKNAS ke-25 tahun 2020 dengan melakukan penyentuhan telapak tangan secara virtual antara Menristek/BRIN dengan Wapres RI. Setelah itu, acara ditutup dengan doa.

Penyentuhan telapak tangan Menristek/BRIN dengan Wapres RI secara virtual