PENINGKATAN KOMPETENSI SDM DALAM PERANCANGAN NASKAH HUKUM/ KONTRAK ATAU MOU MELALAUI PELATIHAN LEGAL DRAFTING

Serpong, Senin 24 Agustus 2020, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristek/BRIN, Wisnu S Soenarso resmi membuka Pelatihan Legal Drafting Angkatan I Tahun 2020. Pelatihan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Jimly School of Law and Government. Pelatihan diikuti oleh 31 orang peserta yang berasal dari 5 unit kerja di lingkungan Kemenristek/BRIN yaitu Inspektorat Utama, Sekretariat Deputi Bidang Penguatan Inovasi, Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Pusat Pendidikan dan Pelatihan dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Acara diawali dengan penyampaian laporan dari Kepala Bidang Penyelenggaraan, Ruben Silitonga. Dalam laporannya Beliau menyampaikan Pelatihan Legal Drafting diselenggarakan secara Blended Learning (kelas tatap muka langsung (klasikal) dan kelas online (Distance Learning)) dan dimulai pada hari Senin 24 Agustus 2020 sampai dengan Kamis 27 Agustus 2020 4 hari kerja (sebanyak 31 JP). Hari pertama dan keempat dilaksanakan secara klasikal tatap muka langsung, sedangkan hari kedua dan ketiga pelatihan akan diselenggarakan dengan cara online melalui zoom meeting.


Sambutan Kepala Pusdiklat Kemenristek/BRIN

Kepala Pusdiklat Kemenristek/BRIN, Wisnu S Soenarso dalam sambutannya menyampaikan harapnya kepada peserta, untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya guna meningkatkan kompetensi dan keterampilan terutama dalam perancangan hukum yang dibuat oleh subjek hukum baik perorangan dan/atau badan hukum (lembaga yang berwenang), baik dalam bentuk MoU, perjanjian kerja sama, maupun perjanjian/kontrak.

Pelatihan Legal Drafting ini diisi oleh narasumber-narasumber yang kompeten dibidangnya, salah satu diantaranya yaitu Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H, M.H. Seluruh peserta sangat antusias dengan materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber.


Suasana Kelas Pelatihan Legal Drafting

Pelaksanaan diklat dalam tatanan normal baru tidak menghalangi peserta untuk tetap semangat mengikuti seluruh rangkaian diklat selama empat hari. Peserta diawasi dan difasilitasi oleh panitia, dengan tertib menerapkan dan mematuhi seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pusdiklat Kemenristek/BRIN, mulai dari pengukuran suhu tubuh saat memasuki lobby Pusdiklat, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, face shield, memakai hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak.

Pada hari Rabu, 27 Agustus 2020 yang merupakan hari keempat pelaksanaan kegiatan dilaksanakan penutupan penyelenggaraan kegiatan. Pada kesempatan itu dibacakan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan berdasarkan masukan dari peserta diklat. Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan peserta merasa puas dengan pelayanan penyelenggaraan Diklat Legal Drafting.


Penutupam Pelatihan Legal Drafting