PENUTUPAN LATSAR CPNS GOLONGAN II DAN III ANGKATAN I TAHUN 2020 KEMENRISTEK/BRIN DI TENGAH MASA PANDEMI COVID-19

Jumat (15/05), Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional (Pusdiklat Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan Upacara Penutupan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III Angkatan I tahun 2020. Sehubungan dengan masa kedaruratan kesehatan masyarakat karena pandemi Covid-19, upacara penutupan ini dilakukan secara daring dari kampus Pusdiklat Serpong yang dihadiri oleh Wisnu S. Soenarso selaku Kepala Pusdiklat, Ruben Silitonga selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan dan beberapa perwakilan peserta CPNS Golongan II dan Golongan III, sedangkan para undangan dan peserta latsar Golongan II dan Golongan III lainnya ikut bergabung dengan menggunakan aplikasi Zoom.


Situasi video conference acara penutupan latsar


Kepala Bidang Penyelenggaraan saat memberikan laporan

Kegiatan diawali dengan laporan penyelenggaraan kegiatan latsar oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan. Ruben Silitonga selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan menyampaikan bahwa dari 39 orang peserta latsar Golongan III seluruhnya lulus dengan hasil memuaskan. Sementara itu, dari 37 orang peserta latsar Golongan II, 5 orang lulus dengan hasil sangat memuaskan dan 32 orang lulus dengan hasil memuaskan.

Adapun 3 peserta latsar terbaik untuk Golongan III diberikan kepada :

1. Mega Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan
2. Lulu Nabian Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan
3. Anggun Amalia Fibriyanti Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan

 

Adapun 3 peserta latsar terbaik untuk Golongan II diberikan kepada :

1. Anriani Biro Sumber Daya Manusia
2. Galuh Pamungkas Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
3. Marchita Caesaria. A Biro Perencanaan

 

Penyelenggaraan kegiatan latsar CPNS ini dilakukan selama 51 hari kerja, yaitu dimulai sejak kegiatan e-learning, kemudian on campus, dan off campus (habituasi) yang kemudian secara resmi ditutup pada hari ini oleh Wisnu S. Soenarso selaku Kepala Pusdiklat.


Kepala Pusdiklat memberikan sambutan dan arahan

Dalam sambutannya, Kepala Pusdiklat mengucapkan selamat kepada seluruh peserta latsar yang sudah sungguh-sungguh dalam mengikuti latsar ini sehingga seluruhnya dapat lulus dengan hasil yang baik. Selain itu Wisnu juga mengungkapkan bahwa dengan lulusnya seluruh peserta latsar ini, mudah-mudahan proses bisa segera dilanjutkan pada tahap pemeriksaan kesehatan guna memenuhi persyaratan pengangkatan CPNS menjadi PNS.

Penutupan latsar CPNS Golongan II dan III Angkatan I Tahun 2020 di Lingkungan Kemenristek/BRIN ditandai dengan pelepasan tanda peserta (name tag) dan foto virtual bersama.

Pelepasan tanda peserta (name tag)

Mega sebagai peserta latsar terbaik Golonggan III dari Deputi Penguatan Riset dan Pengambangan mengungkapkan kesan dan pesannya terhadap kegiatan Latsar CPNS ini. “Kesan dari Pelatihan Dasar CPNS ini seru dan luar biasa. Pendidikan yang diajarkan bukan hanya teori saja, namun ada praktiknya juga. Banyak kegiatan dan permainan yang mengasah kerja sama tim, komunikasi serta konsentrasi. Selan itu, pesan untuk teman-teman semuanya bahwa kita semua adalah saudara, kita semua Kemenristek/BRIN. Semoga nilai ANEKA yang telah dipelajari dapat selalu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai ASN. Sukses untuk kita semua dan tetap rendah hati”, ungkapnya.

Selain itu, Anriani sebagai peserta latsar terbaik Golongan II dari Biro Sumber Daya Manusia juga ikut mengungkapkan kesan dan pesannya terhadap kegiatan Latsar CPNS. “Kesan dan pesan selama mengikuti latsar CPNS di Pusdiklat Kemenristek/BRIN yaitu bersyukur karena mendapat pengalaman dan pelajaran baru, dipertemukan dengan orang-orang hebat lainnya di Kemenristek/BRIN baik dari peserta latsar, penyelenggara/panitia dan pengajar/widyaiswara. Materi dan tugas di dalam kelas maupun di luar kelas juga disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan seru, juga memacu diri untuk berkreasi, kreatif dan inovatif dalam mengerjakan tugas-tugas. Semoga setelah latsar ini kami semua dapat mengimplementasikan nilai-nilai dasar ASN yang telah diajarkan ke lingkungan kerja”, Tutur Anriani.

Turut hadir pula secara daring dalam acara penutupan ini adalah Direktur Sistem Riset dan Pengembangan, Sesdep Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Sekretais Inspektorat Utama, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Kepala Biro Keuangan dan Umum, Kepala Pusat Data dan Informasi, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi, Kepala Biro Perencanaan, Widyaiswara serta Fungsional di lingkungan Pusdiklat.

DA