PEMBUKAAN LATSAR CPNS GOLONGAN II DAN III 2020 DI LINGKUNGAN KEMENRISTEK/BRIN

Senin(02/03),Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional (Pusdiklat Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan III Angkatan I tahun 2020.


Kepala Bidang penyelenggaraan saat memberikan laporan penyelenggaraan pelatihan

Dalam penyelenggaraan Latsar CPNS Golongan II dan III ini, Kepala Bidang Penyelenggaraan Ruben Silitonga menyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti pelatihan dasar Golongan III ini sebanyak 39 orang  sedangkan peserta pelatihan dasar golongan II sebanyak 37 orang yang seluruhnya berasal dari unit/satuan kerja di lingkungan Kemristek/BRIN

“Peserta yang mengikuti pelatihan dasar CPNS golongan III sebanyak 39 orang, sedangkan yang mengikuti pelatihan dasar golongan II sebanyak 37 orang dan seluruhnya berasal dari unit kerja di lingkungan Kemenristek/BRIN”. Ucapnya.


Situasi peserta saat mengikuti acara pembukan pelatihan dasar CPNS

Adapun satuan kerja yang mengikuti pelatihan ini sebagai berikut :

Latsar golongan III sebanyak 39 orang meliputi :

1 Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan 34 orang
2 Pusat Pendidikan dan Pelatihan 2 orang
3 Deputi Penguatan inovasi 1 orang
4 Pusat Data dan Informasi 1 orang
5 Biro Keuangan dan Umum 1 orang

Latsar golongan II sebanyak 37 orang meliputi :

1 Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 7 orang
2 Pusat Pendidikan dan Pelatihan 1 orang
3 Pusat Data dan Informasi 6 orang
4 Inspektorat Utama 3 orang
5 Biro Keuangan dan Umum 7 orang
6 Biro SDM 8 orang
7 Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik 1 orang
8 Biro Perencanaan 3 orang
9 Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan 1 orang

Selain itu pelaksanaan latsar ini menurut kepala bidang  penyelenggaraan dilakukan secara blended learning atau perpaduan antara non klasikal dan klasikal. “Metode penyelenggaraan latsar ini menggunakan model blended learning yaitu klasikal dan non klasikal”. Ungkapnya.

Lama penyelenggaraan dari latsar ini adalah 51 hari kerja, e-learning  6 hari, 15 hari klasikal, dan 30 hari off kampus.


Situasi saat Kapusdiklat memberikan sambutan pembukaan

Penyelenggaraan kegiatan ini ditandai dengan acara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala Pusdiklat Kemristek/BRIN, Wisnu S. Soenarso.

Dalam pidatonya Kepala pusdiklat mengingatkan agar para peserta sungguh-sungguh dalam mengikuti latsar ini, karena syarat utama menjadi aparatur sipil adalah lulus di Latsar CPNS. “Untuk peserta saya minta untuk bersungguh sungguh ya, karena kalian tidak akan bisa jadi PNS kalau tidak lulus latsar”. Ungkapnya.

Selain itu Wisnu juga menekankan bahwa menurut pengalaman pusdiklat sebelumnya juga pernah tidak meluluskan peserta yang pernah mengikuti latsar dipusdiklat. “pengalaman kami ditahun-tahun sebelumnya kami juga bisa tidak meluluskan, dan itu terjadi”.imbuhnya

Turut hadir dalam acara pembukaan ini adalah Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenristek/BRIN, Kepala Bagian Umum   Sekretariat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset,Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Sekretaris Deputi Bidang Penguatan Inovasi, Widyaiswara serta serta Fungsional di lingkungan Pusdiklat.

IL

Galeri :