EVALUASI AKADEMIK PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN II ANGKATAN 1 TAHUN 2020

Tangerang Selatan, 18 Maret 2020. Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan 1 yang dilaksanakan bagi 37 CPNS Unit Utama Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional telah memasuki masa akhir diklat metode klasikal (on campus-1). Pelaksaan evaluasi akademik ini sudah mengalami percepatan jadwal yang sebelumnya akan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2020 menjadi tanggal 18 Maret 2020 dikarenakan Himbauan Presiden terhadap COVID-19 yang menganjurkan masyarakat untuk bekerja dari rumah. Kegiatan Latsar yang seharusnya selesai pada tanggal 24 Maret 2020 menjadi 19 Maret 2020. Evaluasi Akademik kali ini dilaksanakan secara online dan merupakan pertama kalinya diselenggarakan oleh Pusdiklat Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional pada tahun 2020.

Dalam pelaksanaan evaluasi akademik online, peserta tidak lagi menerima kertas soal dan jawaban melainkan soal akan muncul di layar kompuer dan jawabannya dapat di input langsung sehingga mengurangi penggunaan kertas. Data evaluasi akademik online juga lebih efektif dan efisien dalam penyimpanan serta penilaian karena sifatnya yang online sehingga dapat diakses dimanapun dan  kapanpun.

Evaluasi Akademik di Ruang PIM

Evaluasi Akademik Online ini dilaksanakan di 2 ruangan yaitu Ruang PIM dan Lab Bahasa Pusdiklat Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional  dimana peserta terbagi masing-masing 20 orang. Pada Evaluasi Akademik ini, mata diklat yang diujikan berupa ANEKA (Akuntablitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi) serta Agenda 2 yaitu Manajemen ASN, Pelayanan Publik, dan Whole of Government.

Evaluasi Akademik di Laboratorium Bahasa

Evaluasi Akademik ini dilaksanakan dari pukul 07.30 sampai pukul 12.15. Soal-soal yang harus dikerjakan oleh peserta adalah soal tipe A berupa uraian dan soal tipe B yang merupakan soal studi kasus. Evaluasi akademik adalah salah satu komponen yang diambil sebelum didapatkan evaluasi akhir untuk menentukan kelulusan peserta pada akhir penyelenggaraan Latsar CPNS Golongan II ini.  Kegiatan evaluasi akademik ini berjalan dengan lncar dimana seluruh peserta mengikuti proses evaluasi akademik online dengan tertib.