SEMANGAT BELA NEGARA UNTUK GENERASI ASN CINTA TANAH AIR

Tangerang selatan(07/03),  Pusdiklat Kemenristek/BRIN melaksanakan kegiatan Kesiapsiagaan Bela Negara pada Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan III Angkatan I Tahun 2020 di Lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional. Sebanyak 78 peserta mengikuti kegiatan ini selama tiga hari dari tanggal 05 sampai 07 Maret 2020.

 

Mengawali hari pertama peserta dilatih kesigapan dan kekompakannya melalui Pelatihan Baris Berbaris yang didampingi oleh Widyaiswara Pusdiklat dan TNI dari Pusat Pendidikan Kesehatan, Kodiklat TNI AD. Selain itu, mereka juga diberi tugas untuk membuat yel-yel masing-masing kelompok yang nantinya di akhir pertemuan akan diperlombakan. Tidak sampai disitu mereka juga dibekali materi  Kesehatan Mental & Fisik dan Latihan Keprotokoleran yang disampaikan oleh Tim Bela Negara Pusdiklat Heri Widyawati dan narasumber Asep Saepudin. Peserta diberikan gambaran mengenai aturan keprotokoleran yang ada di lingkungan dinas terutama yang berlaku di Kementerian Ristek/BRIN.

Situasi latihan Baris berbaris & yel-yel dipandu oleh Widyaiswara

Pada hari kedua, peserta diajak berolah raga untuk mengetes fisik dari masing-masing peserta mengitari lapangan Upacara Puspiptek. Selanjutnya mereka diberikan pembekalan materi mengenai Fungsi Intelijen yang dikaitkan dengan peran Pegawai Negeri Sipil dalam menyikapi keterbukaan informasi, bahwa sebagai seorang PNS harus bijak dan mampu membaca, mendengar, menganalisa berita sebelum menyebarluaskan di media informasi. Materi ini disampaikan oleh Siti Aminah. Kegiatan pada hari kedua ini diakhiri dengan latihan Tata Upacara Sipil.

Tidak kalah menyenangkan para peserta juga mengikuti beberapa game yang mengadu kekompakan kelompok. Seperti terlihat pada foto-foto berikut ini :

Hari Ketiga, pada hari ke tiga peserta mengikuti perlombaan yang mengadu ketangkasan dan kreativitas. perlombaan tersebut seperti lomba baris-berbaris, senam, dan masih banyak yang lainnya.

Antusiasme peserta mengikuti perlombaan 

Hari ketiga juga merupakan puncak kegiatan Kesiapsiagaan Bela Negara, para peserta melaksanakan kegiatan Caraka Malam dan Acara Api Semangat Bela Negara. Kegiatan ini merupakan wujud dalam upaya menggali dan membentuk mental peserta.

Selama kegiatan bela negara berlangsung peserta diajarkan mengenai nilai – nilai dasar Pancasila, wawasan kebangsaan, dan contoh upaya cinta kepada tanah air dan diharapkan nilai-nilai tersebut menjadi  pondasi dari peserta latsar dalam menjalankan tugasnya sebagai ASN.