SEMINAR NASIONAL DENGAN TEMA ‘’OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI UNTUK MEWUJUDJKAN ASN UNGGUL’’

Pembukaan Seminar Nasional oleh Kepala LAN RI

Jakarta, 21 November 2019 – Lembaga Administrasi Negara (LAN) menyelenggarakan Seminar Nasional pada Rabu, 20 November 2019 dengan tema ‘’Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Pengembangan Kompetensi untuk Mewujudjkan ASN Unggul’’ bertempat di Aula Prof. Agus Dwiyanto, MPA Kantor LAN Pusat. Acara ini dibuka oleh Dr. Adi Suryanto, M.Si. selaku Kepala LAN RI.

Hal yang mendasari seminar nasional ini adalah untuk mensosialisasikan metode e-Learning untuk Pelatihan Dasar CPNS  yang telah dikembangkan dan dalam tahap penyempurnaan oleh LAN. Tujuan dari seminar nasional ini adalah untuk membangun kesadaran, meningkatkan pemahaman dan mendorong praktik pemanfaatan e-Learning pada khususnya dan teknologi Bangkom pada umumnya guna mewujudkan ASN yang unggul dan berkulitas. Guna mendukung hal itu, seminar nasional ini menghadirkan empat narasumber yang kompeten dan telah berkecimpung dalam hal yang berkaitan dengan e-Learning, keempat narasumber itu adalah:

  1. Kepala Pusdiklat SDM Kementerian Keuangan: Dr. Annies Said Basalamah, Ak., MBA;
  2. Kepala Pusat Bantuan Belajar LPPMP UT: Ir. Anak Agung Made Sastrawan Putra, M.A., Ed.D.;
  3. Expert Training Division SEAMOLEC: Dr. Abubakar Alatas, M.Sc;
  4. Deputi Kajian dan Inovasi Manajemen ASN: Dr. Agus Sudrajat, S.Sos, MA

dengan dipandu oleh Fonda Rafael dari LPP TVRI sebaga moderatornya.

Para Narasumber

Dialog dan tanya jawab dilakukan kurang lebih selama dua jam dimulai dengan pemaparan singkat oleh masing-masing narasumber. Pemaparan singkat dimulai dari Dr. Annies Said Basalamah, Ak., MBA; Ir. Anak Agung Made Sastrawan Putra, M.A., Ed.D.; Dr. Abubakar Alatas, M.Sc; dan yang terakhir Dr. Agus Sudrajat, S.Sos, MA yang sekaligus memperkenalkan website asn.unggul.lan.go.id yang telah LAN buat.


Kegiatan Pemaparan oleh Narasumber

Tanya jawab dilakukan usai para narasumber selesai dengan paparan singkatnya. Kegiatan tanya jawab dilaksanakan dengan berbalut teknologi, karena pertanyaan dikirimkan melalui aplikasi Slido.com dan ditampilkan dilayar depan.


Kegiatan Tanya Jawab

Para narasumber bergantian memberikan jawaban atas pertanyaan para peserta seminar nasional yang mayoritas adalah orang-orang yang terlibat dalam pengembangan kompetensi ASN. Beberapa pertanyaan yang dijawab erat kaitannya dengan e-Learning yang dianggap sebagai solusi untuk mengembangkan kompetensi ASN secara merata di seluruh Indonesia.

 

                                                                                                                                                MP