PELATIHAN REVIEWER TERAKHIR UNTUK PERGURUAN TINGGI SUKSES PENYELENGGARAANNYA

Surakarta– Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Quantum HRM Internasional dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Reviewer Penelitian yang dilaksanakan di Hotel The Alana. Kegiatan diklat dilaksanakan dari tanggal 25-29 November 2019. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang paradigma baru riset berbasis output, memingkakan pemahaman tentang Panduan Pendanaan Riset Kemenristekdikti dan menghasilkan Reviewer yang kompeten, jujur dan professional dalam menilai kelayakan proposal dan luaran penelitian. Jumlah peserta pelatihan adalah 49 orang dengan  Mayoritas peserta diklat reviewer kali ini adalah dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan jumlah 17 orang, Universitas Muhammdiyah Jakarta 10 orang, Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Surakarta masing-masing 5 orang, dan STIKS Tarakanita, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Lampung, Universitas Terbuka, Universitas Lambung Mangkurat, UNIMUDA, Universitas Katolik Soegijaprnata dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten masing-masing 1 orang.

Pembukaan Pelatihan Reviewer Penelitian Perguruan Tinggi

Acara pelatihan dibuka oleh Wakil Rektor 2 Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta Dr. Sukamta, S.T., M.T dengan didampingi oleh Ketua LPPM UMY, Dr. Gatot Supangat, MP dan Prof. Dr. Pribadiyono Ir., MS. setelah pembukaan peserta pelatihan melakukan pree test dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan awal peserta mengenai pelatihan reviewer. Untuk mengetahun gambaran umum pelatihan setelah pree test peserta dibekali materi standardisasi kegiatan penelitian dan standardisasi kegiatan penelitian dan standar nasional Indonesia dan juga Overview penyelenggaraan pelatihan dan Building Learning Center serta penerapan standar SNI ISO/IEC 17024:2012 dalam pengembangan kompetensi penilai/ reviewer penelitian. Selama 5 (lima) hari pelatihan peserta dibekali materi-materi sebagai berikut. (1) etika reviewer (2) peta jalan penelitian, state of the art, tahapan penelitian, (3) Panduan Edisi (XII (revisi) / ketentuan umum dan teknik pengusulan, (4) Standar Nasional Penelitian, (5) Pengelolaan Penelitian Berbasis Output (6) Skema PD, PT, PP (Desentralisasi dan Kompetitif Nasional), (7) Kriteria Penugasan Reviewer (Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab), (8) Risk Assesment (Manajemen Resiko Reviewer Penelitian), (9) Penelusuran Penelitian Sebelumnya (Database, Indeks, dan Sitasi Penelitian), (10) Teknik pengusulan proposal, (11) Penelusuran KI (paten, paten sederhana, hak cipta, desain tata letak sirkuit terpadu, perlindungan varietas tanaman), (12) Teknik Penilaian Proposal (administrasi, rekam jejak, subtansi, RAB, dan Kunjungan lapangan dan visitasi), (13) teknik penilaian pelaksanaan penelitian/ monev (pendanaan moto dan multi tahun), (14) teknik pengeluaran luaran penelitian (Penelitian dasar, terapan, dan pengembangannya), (15) praktek review (16) tingkat kesiapterapan teknologi dan pengukurannya, (17) Standar Biaya Keluaran (SBK) Sub Output Penelitian, Standar Biaya Masukan (SBM), Penggunaan Dana BOPTN Penelitian dan pertanggungjawaban penelitian (18) pengadaan barang dan jasa khusus penelitian, (19) pedoman pembentukan komite penilaian/ reviewer dan tata cara pelaksanaan, (20) penilaian prototype dan (21) arah kebijakan Kemenristekdikti dalam meningkatkan mutu penelitian.

Penyampaian Paparan oleh Dirjen Risbang, Dr. Muhammad Dimyati tentang Arah Kebijakan Kemenristekdikti dalam Meningkatkan Mutu Penelitian- RIRN

Penyampaian praktek Review oleh Prof. Agus Subekti

 

Penyampaian materi penelusuran penelitian sebelumnya (database, indeks, dan sitasi penelitian

 

Peserta melakukan Praktek Mereview

Peserta melakukan uji kompetensi

Setidaknya terdapat 2 jenis evaluasi dalam penyelenggaraan pelatihan reviewer yaitu evaluasi penyelenggaraan untuk mengevaluasi penyelenggara diklat dan evaluasi peserta yang terdiri dari essay: integritas reviewer yang jujur dan professional, posttest dan Ujian Sertifikasi. Untuk evaluasi peserta dilakukan oleh Quantum dengan standar nilai 50, 1 untuk lulus dan mendapatkan sertifikat reviewer, sedangkan untuk evaluasi penyelenggaraan, penilaian indeks kepuasan peserta adalah 89,91 % lebih tinggi dari target dari Pusdiklat Kemenristekdikti yaitu 88 % dengan rincian kepuasan terhadap pemateri 87, 61 %, kepuasan terhadap pelayanan panitia 90,23 %, kepuasan terhadap fasilitas 85, 40 %, dan kepuasan terhadap program pelatihan 93,08 %.  Pelatihan reviewer ditutup pada hari Jum’at 29 November 2019 oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristekdikti Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng. Kegiatan pelatihan ditutup dengan penyerahan sertifikat pelatihan secara simbolis oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti dengan perwakilan peserta dan  foto bersama antara panitia, Ketua LPPM UMY dan Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti dengan para peserta.

Penutupan Pelatihan Reviewer oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti

 

Penyerahan Sertifikat Pelatihan secara Simbolik oleh Kapusdiklat kepada Perwakilan Peserta

Foto Bersama Kapusdiklat dan Ketua LPPM UMY dengan Perwakilan Peserta Penerima Sertifikat Pelatihan

NDS