SEMINAR LABORATORIUM KEPEMIMPINAN PESERTA DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN V TAHUN 2019

Kamis, 17 Oktober 2019- Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan V Tahun 2019 telah memasuki tahapan Seminar Laboratorium Kepemimpinan. Tahapan ini mengarahkan peserta untuk menyajikan proyek perubahan yang dihasilkan sesuai dengan milestone disertai bukti-bukti berupa notulen/transkrip/tertulis/audio/visual, foto, daftar hadir dan sebagainya. Dalam Seminar Laboratorium Kepemimpinan, peserta yang berjumlah 40 orang dibagi dalam lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 8 peserta yang akan menampilkan Laporan Implementasi Proyek Perubahan pada seminar terbuka secara bergantian.

Setelah Seminar Laboratorium Kepemimpinan, peserta yang dapat diwawancarai diantaranya adalah Selamat, peserta dari Politeknik Negeri Bengkalis dengan judul Proyek Perubahannya yaitu Peningkatan Layanan Subbagian Keuangan Melalui Penambahan Fitur Summary Income di Sistem Informasi Manajemen. Selamat menyampaikan bahwa berkat kerjasama tim efektif dan dukungan Atasan selaku mentor sehingga aplikasi yang digagas dalam Proyek Perubahannya dapat diselesaikan lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan, bahkan sudah masuk hingga tahap implementasi jangka menengah. Aplikasi yang dibuat sebagai proyek perubahannya yaitu sistem summary income, menghitung penghasilan maupun potongandari gaji pegawai di Politeknik Negeri Bengkalis. Dengan adanya aplikasi tersebut tidak hanya memudahkan pegawai menghitung penghasilan bulanannya, tetapi pegawai juga terbantu untuk membuat laporan pajak tahunan karena dapat dilihat penghasilan tahunan untuk proses penghitungan pajak tersebut. Kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan Proyek Perubahannya yaitu listrik yang sering bermasalah sehingga PLN sering melakukan pemadaman dan juga jaringan internet yang sering mengalami gangguan. Namun, terlepas dari kendala yang dihadapi oleh Selamat, Proyek Perubahannya bisa selesai tepat waktu berkat kerjasama tim yang baik dan juga manajemen waktu yang baik dalam melaksanakan setiap tahapan-tahapan tersebut.

 Presentasi Selamat dari Politeknik Negeri Bengkalis

Muhammad Milchan, Direktur Politeknik Negeri Bengkalis selaku mentor dari Selamat menyampaikan bahwa aplikasi yang ditambahkan oleh Selamat ini adalah aplikasi yang dibutuhkan di Politeknik Negeri Bengkalis untuk menghitung penghasilan yang diperoleh maupun potongan-potongan tertentu, sebelumnya pegawai-pegawai hanya menerima print out slip gaji, dengan adanya aplikasi tersebut pegawai dapat mengatur keuangannya masing-masing. Muhammad Milchan mengapresiasi Selamat karena ide-ide yang digagas dan juga mampu mengerakkan tim yang ada sehingga dapat mewujudkan Proyek Perubahannya, ia juga mengapresiasi Pusdiklat sebagai penyelenggara Diklat karena dengan adanya Diklatpim ini membantu mempercepat proses pembuatan aplikasi tersebut.


Foto Selamat Bersama Mentor

Salah satu peserta dari Universitas Tanjungpura, Eva Novianti Hestivera dengan judul Proyek Perubahannya yaitu Sistem Informasi dan Layanan Pensiun (SILAP) di Universitas Tanjungpura menyampaikan bahwa. Sistemnya sudah diimplementasikan bahkan sudah dikirim ke Kementerian. Sistem Informasi dan Layanan Pensiun ini yang dulunya pegawai yang mengirim berkas secara manual dan memerlukan berkas yang banyak, sekarang bisa mengupload berkas tersebut secara online. Pegawai yang sudah memasuki masa pensiun hingga akhirnya SK pensiun diterbitkan Kementerian, pegawai tersebut akan menerima notifikasi melalui WA ataupun email, dan SK pensiun bisa langsung di download melalui sistem terebut. Progres usulan pensiun bisa dipantau secara real time baik oleh operator fakultas maupun dosen yang bersangkutan. Sistem ini memudahkan dalam menelusuri data dan juga mencari arsip-arsip dari berkas-berkas yang diusulkan yang dapat diambil dari sistem tersebut. Dalam melaksanakan tahapan-tahapan proyek perubahannya, Eva mengutarakan bahwa berkat dukungan tim efektif serta komunikasi yang terbangun secara kontinu sehingga tidak ada kendala berarti, bahkan ia dapat menyelesaikannya lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan.

 Foto Presentasi Eva Novianti Hestivera

Mardiana, selaku Mentor menyampaikan tidak ada kesulitan khususnya dalam membangun komunikasi dengan Eva, karena mereka menerapkan pendekatan dari segala lini baik dengan pimpinan hingga rekan sejawat. Mardiana mengapresiasi upaya Eva dalam mewujudkan proyek perubahannya. Ia berharap SILAP ini sebagai sistem informasi yang digagas oleh Eva dapat menjadi rujukan Kemenristekdikti dalam menerbitkan SK pensiun bagi pegawai di lingkungan Kemenristekdikti, dan tidak menutup kemungkinan juga bisa diadaptasi oleh Perguruan Tinggi lainnya. Untuk pegawai yang sudah berusia lanjut serta memiliki keterbatasan dalam mengakses SILAP, maka Fakultas menyiapkan operator untuk membantu proses menginput atau mengupload berkas yang diminta. Mardiana berpesan kepada Eva agar menjadi pelopor untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi lain terkait cuti dan lain-lain yang berhubungan dengan kepegawaian, dan agar SILAP ini terus dikembangkan hingga nantinya dapat digunakan juga untuk pengajuan pensiun tenaga kependidikan. Mardiana terkesan dengan keramahan pegawai Pusdiklat, mulai dari driver Bis, security, staff, panitia, dan coach.


Eva Novianti Hestivera Bersama Mentor

Mikhel Ibo, salah satu peserta dari Universitas Papua dengan proyek perubahannya yaitu layanan informasi publik melalui website dan juga sosial media Universitas Papua, yang bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa maupun stakeholder agar mudah memperoleh informasi. Kendala yang dihadapi Ibo adalah situasi dan kondisi di Kota Manokwari yang tidak kondusif diakibatkan oleh demo berujung kerusuhan sehingga menyebabkan aktivitas di Kota Manokwari lumpuh total begitu pun aktivitas perkuliahan di Kampus Universitas Papua. Ibo sebagai Kasubbid Kehumasan merasa sebagai motor penggerak untuk meredam aksi mahasiswa agar tidak berujung ricuh, dan hal itu menyita cukup banyak waktu Ibo sehingga dalam dua minggu terakhir baru bisa menggerakkan tim efektif untuk menyelesaikan proyek perubahannya. Ibo merasa bersyukur berkat dukungan mentor selaku atasan, tim efektif, rekan sejawat, dan juga coach sehingga proyek perubahannya bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.

Mikhel Ibo Bersama Mentor

Pada kesempatan ini juga, Reni Farida selaku mentor menyampaikan bahwa proyek perubahan yang digagas Ibo sangat dibutuhkan di Universitas Papua, karena layanan informasi ini sangat berguna disaat aktivitas di kampus yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya tetapi layanan informasi tetap bisa tersampaikan baik melalui website dan juga sosial media. Reni berpesan agar Ibo terus bertanggung jawab terhadap proyek perubahannya, kedepannya masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Kesan Reni terhadap Pusdiklat mulai dari coach yang begitu perhatian terhadap Ibo sehingga sering memantau perkembangan proyek perubahannya, hingga pelayanan pusdiklat yang menyiapkan tempat menginap bagi mentor walaupun bukan kewajiban pusdiklat untuk menyiapkannya, namun Reni bersyukur karena dengan disiapkannya tempat yang dekat dengan kampus Pusdiklat membantu ia untuk bisa menuju lokasi kampus dengan mudah, serta ia juga dapat memiliki waktu untuk berdiskusi dengan coach juga Ibo.

Mikhel Ibo Bersama Coach, Mentor, dan Penguji

Secara keseluruhan Seminar Laboratorium Kepemimpinan Diklatpim Tingkat IV Angkatan V Tahun 2019 berjalan dengan lancar, masing-masing peserta dapat memaparkan proyek perubahannya dengan baik. Harapannya, proyek perubahan yang digagas oleh Peserta  Diklatpim Tk.IV Angkatan V Tahun 2019 dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik di masing-masing instansi peserta.