PEMBUKAAN LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN XIV, XV, DAN XVI PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI BEKERJA SAMA DENGAN UNIVERSITAS JAMBI Jambi, 23 Oktober 2019

Jambi, 23 Oktober 2019 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ir. Wisnu S. Soenarso M.Eng. secara resmi membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XIV, XV, dan XVI Pusdiklat Kemenristekdikti bekerja sama dengan Universitas Jambi di Kampus Universitas Jambi. Turut hadir dalam pembukaan Rektor Universitas Jambi, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., M.T., Kepala Bidang Penyelenggara Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga, M.Com., Kepala Bidang Program dan Kerjasama Pusdiklat Kemenristekdikti, Dr. Lanjar, M.Si., Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan Universitas Jambi, Drs. Ibrahim, M.M., dan beberapa perwakilan Pejabat Struktural maupun Dosen di Lingkungan Universitas Jambi.


Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan Universitas Jambi, Drs. Ibrahim, M.M.,

Ibrahim, Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan yang juga selaku ketua panitia pelaksanaan Latsar Golongan III Angkatan XIV, XV, dan XVI di Universitas Jambi, menyampaikan jumlah peserta 99 orang yang keseluruhannya merupakan Dosen di Universitas Jambi. Peserta di asramakan di Rusunawa Universitas Negeri Jambi.


Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga, M.Com.

Ruben Silitonga selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti menyampaikan bahwa Pelatihan Dasar Calon PNS ini diselenggarakan mulai tanggal 23 Oktober 2019 sampai dengan 21 Desember 2019, yakni selama 51 hari kerja atau setara 511 JP, yang penyelenggaraannya dilakukan dengan metode klasikal (on campus) selama 21 hari kerja 191 JP)  dan non klasikal (off campus) selama 30 hari kerja  (320 JP). Kegiatan klasikal dilaksanakan di Universitas Jambi, sedangkan kegiatan non klasikal akan dilaksanakan di unit kerja masing-masing peserta Pelatihan Dasar CPNS. Pelatihan Dasar CPNS Golongan III di Universitas Negeri Jambi terbagi ke dalam III Angkatan, yaitu Angkatan XIV, XV dan XVI.


Rektor Universitas Jambi, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., M.T.

Rektor Universitas Jambi, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., M.T. dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng. yang sudah berkenan hadir dan bekerja sama dengan Universitas Jambi dalam menyelenggarakan kegiatan Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV, XV, dan XVI di Universitas Jambi. Prof. H. Johni Najwan berpesan terhadap para peserta agar mengikuti kegiatan Latsar CPNS dengan sungguh-sungguh serta bersyukur karena dapat melaksanakan Latsar di tempat sendiri. Peserta tidak perlu meninggalkan tempat kerja untuk melaksanakan Latsar sehingga tidak ada alasan untuk tidak semangat mengikuti kegiatan ini. Prof. H. Johni Najwan menambahkan jika peserta tidak lulus maka tidak ada kesempatan untuk berkarier di Universitas Jambi.


Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng.

Selanjutnya Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng. memberikan sambutan sekaligus membuka acara Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV, XIV dan XVI secara resmi. Dalam sambutannya, Wisnu S. Soenarso menyatakan bahwa Latsar CPNS Golongan III Angkatan XIV, XIV dan XVI merupakan penyelenggaraan khusus yang ke dua bagi Pusdiklat Kemenristekdikti. Khusus karena semua peserta berasal dari unit kerja yang sama. Wisnu S. Soenarso berterima kasih kepada Rektor Universitas Jambi yang telah peduli terhadap pengembangan kompetensi pegawainya, terutama kepada para CPNS ini. Wisnu S. Soenarso berpesan kepada para peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini. Peserta harus fokus terhadap kegiatan Latsar dan dibebastugaskan dari kegiatan kampus. Peserta harus sabar dan sehat selama mengikuti kegiatan Latsar, karena kedua hal tersebut adalah kuncinya.

Kegiatan Latsar ini juga merupakan kegiatan terakhir yang dilaksanakan pada Tahun ini. Hingga saat ini Pusdiklat telah menyelenggarakan kegiatan Latsar terhadap 1720 peserta, termasuk yang di Universitas Jambi ini. Wisnu S.Soenarso berpesan agar pelatihan ini disikapi dengan baik agar tujuan dari kegiatan ini tercapai, karena mungkin salah satu atau salah dua dari peserta bisa jadi adalah Rektor Universitas Jambi di masa yang akan datang. Selama mengikuti Latsar, peserta harus melepaskan atribut kedosenannya dan menunjukkan perilaku yang baik selama pelatihan.

IW