KAPUSDIKLAT AJAK CPNS TINGKATKAN MOTIVASI UNTUK MELAYANI

Aceh Besar, 8 Oktober 2019. Dalam rangkaian pembelajaran On Campus I Latsar CPNS Golongan III terdapat materi Muatan Teknis Subtansi Lembaga (MTSL). Ceramah MTSL pada Latsar CPNS Angkatan XI di Aceh Besar disampaikan oleh Kapusdiklat Ristekdikti, Wisnu S. Soenarso. Ceramah ini bertujuan untuk membekali peserta agar mampu memahami visi, misi, tugas, fungsi, kebijakan dan nilai-nilai organisasi instansi serta prosedur teknis dalam pelaksanaan tugas jabatan sebagai pelayan masyarakat.

Kapusdiklat,  membuka ceramah  dengan  memberikan  pertanyaan  tentang apa motivasi  peserta menjadi  PNS. Beragam jawaban  dilontarkan  peserta, namun Kapusdiklat memberikan penekanan bahwa menjadi PNS  bukanlah hal yang mudah, banyak tantangan  kedepan sehingga  peserta diminta  untuk perteguh  keyakinan dalam menjalani tugas PNS kedepan.

Dalam  ceramahnya setidaknya  ada beberapa hal  yang disampaikan  yaitu tentang Organisasi  Kementerian  Riset  Teknologi dan  Pendidikan  Tinggi,  Rencana Strategis  Kemenristekdikti,  Tantangan  dan Antisipasi  Revolusi  Industri  4.0, serta Reformasi Birokrasi.

Lebih jauh, Wisnu S. Soenarso  menjelaskan beberapa langkah adaptif untuk menjawab  isu-isu aktual diantaranya  ASN  dimasa  mendatang yang dituntut dapat memberikan pelayanan cepat  di era digital, ASN di perguruan tinggi dituntut untuk bersinergi  dalam memerangi  radikalisme,  dan sanksi  pemecatan ASN  bagi  pelaku penyebaran  hoax.  Selanjutnya,   Kapusdiklat   berpesan  kepada  calon   PNS   untuk senantiasa meningkatkan motivasi dalam melayani, dalam pelayanan tersebut mengedepankan 3 asas yaitu faster,betterdan cheaper,sehingga indeks kepuasan stakeholder semakin tinggi.

Diakhir   pembelajaran    peserta   berkesempatan   untuk  melakukan    photo bersama, sholat  berjamaah  serta makan bersama Kapusdiklat  Ristekdikti, hal  itu dilakukan dalam rangka  support  moril kepada peserta agar senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik.

 

 

 

ND