Benchmarking PUsdiklat ke surabaya

BPSDM PROVINSI JAWA TIMUR PILIHAN TEMPAT STUDI BANDING BAGIAN TATA USAHA

Surabaya, 5 Oktober 2019 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti) khususnya Bagian Tata Usaha melakukan studi banding (benchmarking) ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur yang terpusat di Surabaya dan juga memiliki kampus di Malang. BPSDM Provinsi Jawa Timur dipilih dengan begitu banyak prestasi diantaranya telah memperoleh akreditasi A untuk pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar), Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III dan IV, Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II dan juga menjadi tempat ujian kompetensi bagi daerah Indonesia Timur untuk Pelatihan Barang dan Jasa Pemerintah. Semboyan Pusdiklat Provinsi Jawa Timur adalah ‘belajar, berkarya, mengabdi, dengan visi menjadi pusat unggulan dalam mewujudkan ASN yang memiliki kompetensi, dedikasi dan integritas yang tinggi.

 Foto bersama di halaman BPSDM  Provinsi Jawa Timur

Hari pertama kunjungan pada Kamis, 3 Oktober 2019, tim dari Pusdiklat Kemenristekdikti yang dipimpin oleh Siti Aminah, Kepala Bagian Tata Usaha, disambut langsung oleh Bapak Sucipto, sekretaris BPSDM Provinsi Jawa Timur. Setelah mendapat banyak penjelasan terkait dengan pola pengelolaan pelatihan, diskusi berlanjut dengan banyak pertanyaan yang sesuai dengan tugas fungsi masing-masing pegawai. Setelah ramah-tamah kelompok dibagi menjadi 3  yaitu sesuai sub bagian yang dikelola oleh Bagian Tata Usaha yaitu Kepegawaian&Persuratan, Keuangan dan Perlengkapan. Masing-masing tim sub bagian langsung mengunjungi sesuai dengan unit kerja di lokasi dan langsung menggali informasi sebanyak-banyaknya berdasarkan pertanyaan yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Foto tukar menukar cinderamata

Kunjungan ke kampus BPSDM di Malang dilakukan hari berikutnya pada Jumat, 4 Oktober 2014. Tidak lama setelah ramah tamah, tim dari Pusdiklat Kemenristekdikti langsung diajak mengamati ruang kelas, asrama, aula dan fasilitas lainnya. Dijelaskan bahwa sampai saat ini, tidak banyak perubahan pada bangunan yang dahulu merupakan ‘kampus menteri, sekolah calon pejabat’, kampus Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 24 September 1956.

Foto Penyerahan cinderamata dan kenangan di BPSDM Provinsi Jawa Timur di Malang

Saat ini Pusdiklat Kemenristekdikti sedang giat melaksanakan studi banding dalam rangka pengembangan khususnya dalam pengelolaan sistem pelatihan. Pelatihan dengan model konvensional melalui tatap muka di kelas perlahan mulai berubah ke mix method dengan system elektronik yang merupakan model pembelajaran berbasis online untuk mengikuti  era industry 4.0. Diharapkan, Pusdiklat  Kemenristekdikti dapat terus berkembang dan dapat melayani kebutuhan pelatihan bagi pegawai di lingkungan kemenristekdikti.

   Foto bersama di depan kampus Malang, BPSDM Provinsi Jawa Timur

 

Dokumentasi foto :