PENUTUPAN PELATIHAN PEJABAT PENANDATANGAN SPM ANGKATAN IV TAHUN 2019

Bogor, 13 September 2019 – Pelatihan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (SPM) terlaksana atas kerjasama Pusdiklat Kemenristekdikti dan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Peserta yang diundang sebanyak 30 orang tetapi ada 3 yang berhalangan sehingga Pelatihan PPSPM Angkatan IV ini hanya diikuti oleh 27 orang peserta yang berasal dari 1 orang  dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 1 orang  dari Universitas Bangka Belitung, 1 orang  dari Universitas Siliwangi, 1 orang  dari Universitas Terbuka, 1 orang  dari Politeknik Negeri Jember, 1 orang  dari Universitas Riau, 1 orang  dari Universitas Negeri Surabaya, 1 orang  dari Universitas Negeri Yogyakarta, 2 orang  dari Universitas Andalas, 1 orang  dari Universitas Negeri Jakarta, 1 orang  dari Universitas Negeri Jakarta, 2 orang  dari Institut Pertanian Bogor, 1 orang  dari Universitas Negeri Malang, 2 orang  dari ISI Surakarta, 2 orang  dari Universitas Negeri Medan, 1 orang  dari Universitas Sulawesi Barat, 1 orang  dari Universitas Timor, 1 orang  dari Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong, 1 orang  dari Universitas Udayana, 1 orang  dari Politeknik Negeri Bengkalis, 1 orang  dari Universitas Indonesia, 1 orang  dari ISI Yogyakarta, 1 orang  dari Politeknik Negeri Batam, 1 orang  dari Universitas Tanjungpura Pontianak.

                  Saat Pelaksanaan Ujian Komprehensif

Sejak Pelatihan PPSPM  dibuka langsung oleh kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso pada Senin, 19 September 2019 peserta mendapat materi yang disampaikan oleh widyaiswara dari Pusdiklat AP, termasuk praktek aplikasi SAS modul PPSPM.

  Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti saat pembukaan pelatihan PPSPM

Pada hari terakhir sebelum ujian komprehensif, ceramah current issue tentang pengelolaan keuangan negara yang baik disampaikan oleh Kepala KPPN Bogor, Sidiq Juniarso. Beliau menyampaikan secara detil tentang strategi pelaksanaan anggaran menghadapi akhir tahun 2019, dengan memantau perkembangan kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) dan mengevaluasi permasalahan masing-masing capaian indikator. Selanjutnya beliau juga menyampaikan implementasi Kartu Kredit Pemerintah dan juga persiapan piloting SAKTI WEB.

 Kepala KPPN Bogor saat menyampaikan ceramah

Setelah semua materi selesai dan ujian komprehensif sudah dilaksanakan, pelatihan PPSPM ditutup langsung oleh Kepala Sub Bidang Penyelenggara Diklat Teknis, Sugiyo Pranoto

   Kepala Sub Bidang Penyelenggara Diklat Teknis saat penutupan pelatihan PPSPM

Peserta yang mungkin asalnya paling jauh adalah Maximus Bria Forek, Kepala Sub Bagian Keuangan dan BMN Unimor menyampaikan terimakasih kepada Pusdiklat Kemenristekdikti atas pelaksanaan Pelatihan PPSPM setelah sebelumnya juga beliau lulus pada pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah  di Solo pada 2018.

 

Fenny Daruny (UNJ) & Maximus Bria Forek (Unimor)

Salah satu peserta,  Feny Daruny, Kepala Sub Bagian Anggaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Bagian Keuangan Biro Keuangan UNJ menyampaikan pelatihan ini sangat bermanfaat meskipun memang ada sedikit perbedaannya karena UNJ adalah salah satu universita yang sudah merupakan Badan Layanan Umum (BLU), “misalnya dalam kode akun yang digunakan tidak sama dengan akun pada rupiah murni meskipun memang pengelolaan keuangannya banyak yang diadopsi dari pengelolaan rupiah murni”. Sesuai dengan harapan semua peserta, semoga semua peserta lulus dengan nilai yang bagus dan sertifikatnya dapat digunakan pada waktu mendatang.

 

RM