PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS ANGKATAN VIII TAHUN 2019 DI PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI

Serpong, 14 September 2019-Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019 Pusdiklat Kemenristekdikti yang dilaksanakan selama kurang lebih 51 hari, ditutup secara resmi oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti di Kampus Pusidklat Kemenristekdikti, Gedung 124 Kawasan Puspiptek, Serpong. Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019 turut dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Politeknik Negeri Media Kreatif, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPN Veteran Jakarta, Kasubbag Kepegawaian Politeknik Negeri Jakarta, Kasubbag Kepegawaian Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti, dan Pejabat Struktural Pusdiklat Kemenristekdikti.

 Foto 1 : Kepala Pusdiklat bersama tamu undangan dan peserta Latsar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019

 Foto 2. Kepala Pusdiklat bersama Widyaiswara dan Peserta dari Universitas Cenderawasih, Papua

 

Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019 berdasarkan laporan Lanjar selaku Kepala Bidang Program dan Kerjasama, diselenggarakan sejak 8 Juli 2019 s.d 14 September 2019, selama 511 JP, dan dilaksanakan selama 51 hari yaitu On Campus selama 21 hari di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti dan Off Campus selama 30 hari kerja di unit kerja masing-masing peserta. Peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019 berjumlah 40 orang peserta yang berasal dari Unit Utama 12 orang, PTN 27 orang, dan LLDIKTI III 1 orang.

 Foto 3 : Laporan Kepala Bidang Program dan Kerjasama

 

Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan seluruh peserta dinyatakan lulus, peserta yang memperoleh kualifikasi sangat memuaskan 16 orang, sedangkan peserta yang memperoleh kualisifkasi memuaskan berjumlah 24 orang. Secara keseluruhan, tiga peserta yang memperoleh predikat terbaik yaitu 1. Johni Robert Verianto Korwa, S.IP., M.A. dari Universitas Cenderawasih, 2. Siti Asyiah, S.Pd.,M.T dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan 3. Bayu Eka Yulian, S.P., M.Si dari Institut Pertanian Bogor.

Foto 4 :Penyerahan Sertifikat untuk Peserta Terbaik

 Foto 5: Foto bersama dengan tiga peserta terbaik

 

Selanjutnya, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso dalam sambutannya menyampaikan bahwa, peserta setelah mengikuti Pelatihan Dasar CPNS di Pusdiklat selanjutnya akan menghadapi pelatihan yang sesungguhnya di dunia nyata yaitu ditempat kerja masing-masing dan di lingkungan masyarakat, Pusdiklat hanya mengantarkan dan membekali peserta dengan kompetensi dasar dan nilai-nilai ANEKA, namun dunia nyata dan masyarakatlah yang akan menempa peserta untuk menjadi ASN yang professional dan benar-benar mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai dasar ASN yang telah dipelajari selama proses pelatihan. Kepala Pusdiklat berpesan agar peserta harus siap dan juga kuat menghadapi dunia yang semakin disruptive ini, dan ketika kembali ke unit kerja masing-masing peserta menyampaikan kepada pimpinan bahwa telah menyelesaikan proses Pelatihan Dasar CPNS dan sebagai ASN professional, siap menjadi agen perubahan. Kepala Pusdiklat juga mengingatkan kepada peserta untuk terus menjaga silaturahmi dengan sesama peserta yang telah terjalin selama proses pelatihan, dan berharap suatu hari nanti dapat melaksanakan kolaborasi riset antar instansi sehingga dapat memperkuat SDM yang ada dan mewujudkan visi misi pemerintah yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, karena untuk bertahan di era disrupsi setiap orang harus mampu bekerjasama.

 Foto 6: Sambutan Kepala Pusdiklat

 

Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Politeknik Negeri Media Kreatif, Nasrudin yang berkesempatan menghadiri Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019 menyampaikan beberapa hal saat diwawancarai diantaranya yaitu peserta yang telah mengikuti Pelatihan Dasar CPNS harus dapat mengimplementasikan nilai-nilai ASN, dan sebagai ASN professional harus mampu membagikan pengetahuan yang luas kepada anak didiknya. Nasrudin berharap agar Pusdiklat Kemenristekdikti semakin sukses dan jaya serta tetap berkelanjutan dalam melaksanakan pelatihan terhadap calon-calon PNS sehingga Pusdiklat dapat melahirkan para ASN yang professional dalam melaksanakan tugasnya. Nasrudin terkesan dengan keramahan dan juga keakraban Widyaiswara dengan para peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan VIII Tahun 2019.

 Foto 7: Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan, Politeknik Negeri Media Kreatif

 

Pada kesempatan ini juga, beberapa peserta menyampaikan kesannya saat mengikuti Pelatihan Dasar CPNS dalam kurun waktu kurang lebih 21 hari On Campus. Johni Robert Verianto Korwa sebagai Ketua Angkatan dan juga peraih Predikat Terbaik Pertama yang berasal dari Universitas Cenderawasih, Papua, mengaku bahwa memiliki kesan yang sangat mendalam saat mengikuti Pelatihan Dasar CPNS ini. Menurut Johni, mereka yang datang dari Papua mendapat banyak hal dan pelajaran yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya, dari segi substansi mereka banyak belajar hal-hal baru diantaranya Whole of Government dan U-theory, dari segi pelayanan Panitia, mulai dari awal pelatihan sampai selesai pelayanan Panitia sangatlah baik. Kemudian kebersamaan dengan sesama peserta, Johni mengungkapkan bahwa terjalin kekompakan yang sangat baik dengan sesama peserta, saling bertoleransi satu dengan yang lain dalam menjalankan kewajiban agama masing-masing, pada pagi hari peserta bergama Kristen beribadah di Wisma Tamu Puspiptek, kemudian peserta yang beragam Islam melaksanakan Sholat di Masjid Puspiptek, setelah itu secara bersama-sama peserta melakukan jalan sehat dari Masjid menuju Wisma Tamu Puspiptek dan dilanjutkan dengan senam pagi bersama. Seluruh peserta yang berasal dari Sabang sampai Merauke, dengan beragam suku, budaya dan juga agama, walaupun terbungkus dengan berbagai perbedaan tetapi mampu mewujudkan Bhineka Tunggal Ika.

Foto 8: Peserta Terbaik Pertama dari Universitas Cenderawasih, Papua

 

Kesan selanjutnya disampaikan oleh Siti Asyiah dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai peraih Predikat Terbaik II, bahwa selama pelatihan ia merasa pembentukan karakter selama proses pelatihan sangat luar biasa, peserta dilatih untuk disipilin dan saling bertoleransi satu dengan yang lain. Siti merasa mengalami banyak perubahan yang signifikan setelah mengikuti pelatihan dasar di Pusdiklat Kemenristekdikti, mulai dari perubahan kebiasaan, perilaku, dan pola pikir menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga setelah pelatihan ini Siti yakin bahwa ia dan teman-temannya bisa mengimplementasikan nilai-nilai ASN dalam menjalankan tugas dan kewajiban mereka masing-masing.

Foto 9: Peserta Terbaik Kedua dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

Dhita Widya Putri dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, menyampaikan kesannya bahwa Pelatihan Dasar CPNS ini tidak hanya sekedar ritual untuk melepaskan status sebagai Calon PNS menjadi PNS, namun ia merasakan kebersamaan yang terjalin dengan erat walaupun dalam kurun waktu yang singkat. Dhita terkesan dengan pelayanan Panitia yang sangat baik dan bertanggung jawab, khususnya saat ia sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit, ia merasa sangat terbantu oleh Panitia. Fasilitas dan juga transportasi yang disediakan selama Pelatihan Dasar CPNS sangat luar biasa, ungkapnya.

 Foto 10: Peserta dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III

SS