PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS ANGKATAN IX TAHUN 2019 DI PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI

Serpong, 19 September 2019-Pelatihan Dasar CPNS Angkatan IX Tahun 2019 Pusdiklat Kemenristekdikti yang dilaksanakan selama kurang lebih 51 hari, ditutup secara resmi oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti di Kampus Pusidklat Kemenristekdikti, Gedung 124 Kawasan Puspiptek, Serpong. Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan IX Tahun 2019 turut dihadiri oleh Kasubbag Kepegawaian Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, Auditor Kepegawaian Universitas Padjajaran, Kabag Admiistrasi dan Keuangan Politeknik Negeri Jakarta, Kepala UPT Pengembangan Profesi Universitas Pendidikan Indonesia, Kasubbag Publikasi dan Dokumentasi Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti, Kepala Seksi Perencanaan dan Penempatan Pegawai Universitas Indonesia, Staf Kepegawaian Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, Kepala Seksi Pengembangan Pegawai Universitas Indonesia, Kasubbag Tata Usaha dan Kepegawaian Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti, dan Pejabat Struktural Pusdiklat Kemenristekdikti.

Pelatihan Dasar CPNS Angkatan IX Tahun 2019 berdasarkan laporan Ibu Siti Aminah selaku Kepala Tata Usaha Pusdiklat Kemenristekdikti, diselenggarakan sejak 15 Juli 2019 s.d 19 September 2019, selama 511 JP, dan dilaksanakan selama 51 hari yaitu On Campus selama 21 hari di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti dan Off Campus selama 30 hari kerja di unit kerja masing-masing peserta. Peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan IX Tahun 2019 berjumlah 40 orang peserta yang berasal dari Unit Utama 12 orang dan PTN 28 orang.

Laporan Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat Kemenristekdikti

Berdasarkan hasil evaluasi secara keseluruhan seluruh peserta dinyatakan lulus, peserta yang memperoleh kualifikasi sangat memuaskan 9 orang, peserta yang memperoleh kualisifkasi memuaskan berjumlah 30 orang, dan 1 orang peserta memperoleh kualisifkasi kurang memuaskan. Bagi peserta yang memperoleh kualisifkasi kurang memuaskan diberikan kesempatan 15 hari untuk memperbaiki Laporan Aktualisasi. Tiga peserta yang memperoleh predikat terbaik adalah 1. dr. Renaldi Prasetia Nagar Rasyid, M.Kes., Sp.Ot. dari Universitas Padjajaran, 2. dr. Rusti Hanindya Sari, Sp.M. dari Universitas Padjajaran, dan 3. Dr. Yana Setiawan, S.Pd., M.M. dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Penyerahan Sertifikat untuk Peserta Terbaik

Foto bersama dengan tiga peserta terbaik

Selanjutnya, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso dalam sambutannya meminta peserta untuk menampilkan yel-yel kelompok. Setelah peserta menyampilkan yel-yel kelompok, kemudian menyampaikan bahwa, peserta setelah mengikuti Pelatihan Dasar CPNS di Pusdiklat selanjutnya akan menghadapi pelatihan yang sesungguhnya di dunia nyata yaitu di tempat kerja masing-masing dan di lingkungan masyarakat, Kepala Pusdiklat berpesan agar peserta harus siap dan juga kuat menghadapi dunia yang kompetitif, dan ketika kembali ke unit kerja masing-masing peserta menyampaikan kepada pimpinan bahwa telah menyelesaikan proses Pelatihan Dasar CPNS dan sebagai ASN professional yang siap menjadi agen perubahan. Kepala Pusdiklat juga mengingatkan kepada peserta untuk terus menjaga silaturahmi dengan sesama peserta yang telah terjalin selama proses pelatihan.

Sambutan Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti dalam Kegiatan Penutupan Latsar CPNS Golongan III Angkatan 9 Tahun 2019

Sambutan Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti

Pada kesempatan ini, peserta menyampaikan pesan saat mengikuti Pelatihan Dasar CPNS dalam kurun waktu kurang lebih 21 hari On Campus. Novana Veronica Julenta Kareth yang berasal dari Universitas Cenderawasih, Papua memberi pesan supaya peserta tetap menjaga kekompakan setelah selesai mengikuti Pelatihan Dasar CPNS ini. Selain itu, Novana juga berharap Pusdiklat Kemenristekdikti semakin baik untuk melatih para ASN untuk membentuk ASN yang profesional.

Peserta menyampaikan kesan-kesan selama mengikuti latsar

Peserta menyampaikan Kesan Selama Mengikuti Latsar

Elias Hence Thesia dari Universitas Cenderawasih, Papua memberikan kesan yang mendalam selama mengikuti Pelatihan Dasar CPNS ini. Elias berkesan dengan orang-orang baru dari berbagai unit kerja yang berbeda sikap dan latar belakang keahlian. Elias bersyukur bisa bertemu dengan orang-orang yang luar biasa. Selain itu juga, Elias sangat berkesan pada setiap kegiatan yang diatur panitia untuk selalu kompak dan harus bersama mulai saat makan, berangkat ke kampus dan kembali ke wisma, serta berdoa bersama. Pada pagi hari peserta bergama non-Islam beribadah di Wisma Tamu Puspiptek, kemudian peserta yang beragama Islam melaksanakan Sholat di Masjid Puspiptek, setelah itu secara bersama-sama peserta senam pagi atau lari pagi.

Peserta menyampaikan Kesan Selama Mengikuti Latsar

Peserta menyampaikan Kesan Selama Mengikuti Latsar

MT

DOKUMENTASI PESERTA TERBAIK