PENUTUPAN LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN VII TAHUN 2019

Serpong, 4 September 2019 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti) secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan VII hari Rabu, 4 September 2019 di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti, Gedung 124 Kawasan Puspiptek, Serpong. Selain Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, kegiatan ini juga dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti dan beberapa tamu undangan dari unit kerja peserta.

Kepala Bidang Penyelenggaraan, Ruben Silitonga

Dalam laporannya, Ruben selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan menyampaikan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan VII ini diselenggarakan sejak tanggal  1 Juli 2019 s.d. 5 September 2019, selama 511 JP, dengan metode klasikal (on campus) selama 21 hari kerja dan non klasikal (off campus) selama 30 hari kerja. Kegiatan klasikal dilaksanakan di Pusdiklat Kemenristekdikti, Kawasan Puspiptek Serpong, sedangkan kegiatan non klasikal telah dilaksanakan di unit kerja masing-masing peserta Latsar. Peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan VII ini berjumlah 40 orang, terdiri dari peserta pria sebanyak 20 orang dan wanita sebanyak 20 orang.

Seluruh peserta berasal dari 28 unit kerja di Lingkungan Kemenristekdikti, yakni: Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II 1 orang, Politeknik Negeri Media Kreatif 3 orang, Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III 1 orang, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan 1 orang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta 3 orang, Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti 1 orang, Politeknik Negeri Bandung 3 orang, Institut Pertanian Bogor 2 orang, Universitas Indonesia 2 orang, Universitas Singaperbangsa Karawang 1 orang, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda 1 orang, Universitas Sriwijaya 2 orang, Biro Sumber Daya Manusia 1 orang, Institut Teknologi Sumatera 3 orang, Universitas Terbuka 2 orang, Politeknik Negeri Malang 1 orang, Institut Teknologi Bandung 2 orang, Politeknik Negeri Jakarta 1 orang, Universitas Negeri Malang 1 orang, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi 1 orang, Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik 1 orang, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti 1 orang, Inspektorat Jenderal 1 orang, Biro Perencanaan 1 orang, Biro Hukum dan Organisasi 1 orang, Pusat Data dan Informasi Iptek dan Dikti 1 orang, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan 1 orang, dan Biro Keuangan dan Umum 1 orang.

Laporan Aktualisasi tiga terbaik.

Berdasarkan hasil rapat evaluasi kelulusan yang telah dilaksanakan pada hari yang sama, maka 39 peserta dinyatakan lulus dan 1 peserta dinyatakan ditunda kelulusannya. Dari jumlah tersebut terdapat 3 peserta yang masuk kualifikasi Sangat Memuaskan, 35 peserta masuk kualifikasi Memuaskan, 1 peserta yang masuk kualifikasi Cukup Memuaskan, dan 1 peserta masuk kualifikasi Kurang Memuaskan. Pusdiklat Kemenristekdikti menetapkan 3 peserta terbaik dengan urutan, 1. Muhammad Reyza Arief Taqwa (Universitas Negeri Malang), 2. Fery Kurniawan (Institut Pertanian Bogor), dan 3. Rachmawaty (Politeknik Negeri Media Kreatif).

Perwakilan Peserta, Eko Susanto

Pada acara tersebut, Eko Susanto, sebagai perwakilan peserta mendapat kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan Latsar. Eko menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia, Widyaiswara dan seluruh pihak di Pusdiklat Kemenristekdikti yang telah mendukung kesuksesan acara tersebut. Eko menuturkan bahwa pelayanan yang diberikan selama kegiatan Latsar dirasa sangat baik. Selain itu terbentuknya karakter kepemimpinan juga dirasakan oleh Eko selama ditempa dalam kurun waktu 21 hari pada saat on campus. Rasa bangga juga dirasakan oleh Eko karena melalui Latsar ini mendapatkan keluarga baru dari berbagai daerah di nusantara.

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso

Selanjutnya, saat memberikan sambutannya, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S. Soenarso menyampaikan setelah kembali ke tempat kerjanya masing-masing peserta segera melapor kepada pimpinannya masing-masing bahwa sudah menyelesaikan pelatihan ini dan siap menjadi pemimpin perubahan atau agen perubahan (agent of change). Latsar sekarang dipersiapkan untuk membentuk PNS yang profesional. Jejaring yang terbentuk diantara saudara-saudara ini mohon dapat diteruskan karena nanti bisa menjadikan kita membentuk suatu konsorsium riset, kualitas risetnya tentunya akan menjadi lebih baik. Dalam jangka waktu 1 tahun ke depan Pusdiklat akan melakukan Evaluasi Pasca Diklat, jangan sampai baru sepuluh tahun menjadi PNS satu persatu Nilai ANEKA-nya menjadi hilang.

Pelepasan tanda peserta oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti

Usai memberikan sambutan dan menutup kegiatan Latsar secara resmi, Wisnu S. Soenarso didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan serta Wakil Rektor Universitas Terbuka kemudian melepas secara simbolis tanda peserta kepada 3 perwakilan peserta latsar dan diikuti oleh seluruh peserta latsar.

 

NMK & IW