PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENRISTEKDIKTI GOLONGAN III ANGKATAN XI 2019 DI PUSLATBANG KHAN ACEH

Aceh Besar- Pusdiklat Kemenristekdikti bekerja sama dengan Pusdiklat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara (Puslatbang KHAN) Aceh menyelenggarakan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan XI di Kampus Puslatbang KHAN Jl. DR. Mr. Teuku Haji Muhammad Hasan Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XI dilaksanakan dari tanggal 23 September sampai dengan 28 November 2019. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk membentuk PNS professional yang berkarakter yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat. Sebagian besar peserta berasal dari perguruan tinggi di sekitar Aceh antara lain 3 peserta dari Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat, 4 peserta dari Institut Seni Budaya Indonesia Aceh, 3 peserta dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII, 3 peserta dari Politeknik Negeri Lhokseumawe. 6 peserta dari Universitas Malikussaleh, 6 peserta dari Universitas Samudra, 8 peserta dari Universitas Syiah Kuala, dan 7 peserta dari Universitas Teuku Umar. Jumlah total keseluruhan ada 40 peserta.

Gambar 1 Muhammad Furqon memimpin doa

Acara pembukaan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2019 dan diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan doa oleh Muhammad Furqon dari Puslatbang KHAN. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Turut hadir dalam acara pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XI 2019 antara lain Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Prof. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA, Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh Dr Ir Mirza Irwansyah MBA, MLA, Wadir Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat Ir. Sariyusda, MT, Wadir Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe Munawar MT, Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Syiah Kuala Maimun ST., MM, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah XIII Aceh Syafi’I, S.E, Ak, Kepala Bagian Umum & Kepegawaian ISBI Aceh Al Munzir, S.Pd.I., M.Si, Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan P3KHAN Iwan Pujiantoro, S.Sos, M.Si, Kepala Subbagian Hukum, Kepegawaian, dan Tata Laksana LLDIKTI XIII M. Jakfar, S. K.M selaku, dan Kepala Subbidang Penyelenggaraan Pelatihan dan Pengembangan P3KHAN Heru Syah Putra, SE, MA.

Gambar 2 Pejabat Kemenristekdikti, Perguruan Tinggi Negeri dan Puslatbang KHAN Aceh

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti Drs. Ruben Silitonga, M.Com menjelaskan tentang Dasar Hukum Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS dan teknis pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS yaitu diselenggarakan selama 51 hari kerja atau setara dengan 511 jam pembelajaran yang penyelenggaraannya dilakukan dengan metode klasikal on campus selama 21 hari kerja dan non klasikal selama 30 hari kerja. Kegiatan klasikal dilaksanakan di kampus Puslatbang KHAN, Banda Aceh, sedangkan kegiatan non klasikal akan dilaksanakan di unit kerja masing – masing peserta Latsar. Fasilitator penyelenggaraan CPNS Golongan III Angkatan XI ini para Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti, para Widyaiswara Puslatbang KHAN, Aceh, serta narasumber yang meliputi kompetensi pada bidangnya masing – masing. Evaluasi peserta didasarkan pada evaluasi akademik, evaluasi aktualisasi, evaluasi sikap perilaku, serta evaluasi penguatan kompetensi bidang tugas.

Gambar 3 Ruben Silitonga, M.Com menyampaikan laporan penyelenggaraan

Kegiatan Pelatihan Dasar dibuka oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemenristekdikti Ari Hendrarto Saleh, S.E., M.Si. Dalam sambutannya Ari mengatakan bahwa profesionalitas itu tidak hanya punya skill dan knowledge. “Saya yakin saudara semua sudah punya itu, terbukti dengan lulus SKD dan SKB, tetapi ada satu hal lagi yang juga harus diperhatikan yaitu permasalahan sikap (attitude). Bagaimana nanti saudara semua berperilaku sesuai yang dianut di Kemenristekdikti. Seluruh kebiasaan yang ada di luar jangan dibawa ke Ristekdikti. Terbukti selama tahun 2015 – 2019 pegawai Ristekdikti belum profesional. Peserta seluruhnya harus digembleng dan dibimbing. Nilai harus diatas 71 dan harus lulus”, ungkap Ari.

Gambar 4 Kepala Biro SDM Kemenristekdikti membuka Latsar Angkatan XI 2019

Muhammad Zeki, S.T., M.T dari Universitas Samudra dan Zora Nita Sahara, S.E dari LLDIKTI XIII mendapatkan kesempatan untuk mewakili rekan-rekannya menerima penyematan tanda peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XI secara simbolis dari Kepala Biro SDM Kemenristekdikti dan Kepala Bidang Penyelenggara Pusdiklat Kemenristekdikti.

Gambar 5 Kepala Biro SDM Kemenristekdikti dan Kepala Bidang Penyelanggara Pusdiklat Kemenristekdikti bersama perwakilan peserta Latsar XI 2019

Selama mengikuti kegiatan pelatihan Dasar CPNS peserta akan dibekali dengan kemampuan-kemampuan yang telah dikemas dalam kurikulum, yang terdiri dari Agenda I Sikap Perilaku Bela Negara yang didalamnya terdapat mata pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara, Analisis Isu Kontemporer, Kesiapsiagaan Bela Negara; Agenda II Nilai-Nilai Dasar PNS yang terdiri dari mata pelatihan Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA); Agenda III Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI yang meliputi mata pelatihan Manajemen ASN, Pelayanan Publik, dan Whole of Government; dan Agenda IV Habituasi yang didalamnya terdapat mata pelatihan Konsepsi Aktualisasi, Penjelasan Aktualisasi, Rancangan dan Pembimbingan Aktualisasi, Evaluasi Rancangan dan Pembimbingan Aktualisasi, Evaluasi Rancangan Aktualisasi, Aktualisasi di tempat kerja, Persiapan Evaluasi Aktualisasi, dan Evaluasi Aktualisasi.

 

tkp/dra