KESIAPSIAGAAN BELA NEGARA LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN XI PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI

Aceh Besar, 27 September 2019 – Berlokasi di Kampus Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Hukum Administrasi Negara (Puslatbang KHAN) Aceh, Pusdiklat Kemenristekdikti bekerja sama dengan Puslatbang KHAN Aceh melaksanakan kegiatan Kesiapsiagaan Bela Negara untuk 40 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Golongan III Angkatan XI Tahun 2019 di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 24 sampai 27 September 2019.

Kegiatan ini dimaksudkan dengan membekali peserta dengan kemampuan memahami wawasan kebangsaan melalui pemaknaan terhadap nilai-nilai bela negara, sehingga memiliki kemampuan untuk menunjukkan sikap prilaku bela negara dalam suatu kesiapsiagaan yang mencerminkan sehat jasmani dan mental menghadapi isu kontemporer dalam menjalankan tugas jabatan sebagai PNS profesional.

Selain mendapatkan materi di dalam kelas, para peserta pelatihan juga diberikan ilmu-ilmu dasar dalam baris-berbaris serta tata upacara bendera. Rangkaian kegiatan Kesiapsiagaan Bela Negara diakhiri dengan Caraka Malam dan Api Semangat Bela Negara. Peserta diminta untuk melalui enam pos (Pelepasan, Cinta Tanah Air, Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Rela Berkorban, dan Pos Bongkar Berita) yang tersebar di Kawasan Kampus Puslatbang KHAN. Pada masing-masing pos tersebut selain peserta akan digali informasi mengenai misi rahasia yang mereka bawa, peserta juga akan digali pengetahuannya mengenai makna dari masing-masing nama pos tersebut sebagai salah satu nilai Bela Negara.

Kegiatan Caraka Malam ditutup dengan pembacaan puisi, pembacaan doa, pembacaan ikrar Bela Negara, dan Penciuman Bendera Merah Putih pada Api Semangat Bela Negara yang dipimpin oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenristekdikti, Andika Fajar sebagai perwakilan dari Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti.