JALAN SEHAT DAN KONFERENSI PERS PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA NASIONAL (POMNAS) XVI 2019

Jakarta, 13 September 2019 – Dalam rangka Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS) XVI 2019 Direkorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan mengadakan Jalan Sehat yang diselenggarakan di Kawasan Gelora Bung Karno. Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im, Pejabat Eselon I, II, III dan staf di Lingkungan Kemenristekdikti, 44 mahasiswa afirmasi Papua, 3T, Kaimana, serta 72 mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta.

Sebelum jalan sehat dilaksanakan, 3 perwakilan mahasiswa Papua menyampaikan aspirasinya dihadapan Menristekdikti. Salonika suabey mengungkapkan rasa senangnya dapat bertemu langsung dengan Menristekdikti beserta jajaran Kemenristekdikti. Selviana Tenau asal Papua Barat mengeluhkan tentang tempat tinggal, sehingga mengajukan permohonan secara langsung kepada Menristekdikti agar dibangunkan asrama untuk mahasiswa Papua. Tenau juga menyampaikan harapannya terkait pemerataan Pendidikan di Indonesia termasuk di Papua. Kemudian Hendrik Manau menyampaikan kewalahan dengan biaya hidup di Kota Metropolitan Jakarta. “saya mohon kepada Bapak Menteri untuk beasiswa afirmasi ini bisa ditambah dan diperpanjang”, pungkasnya.

Penyampaian aspirasi dari Hendrik Manau, perwakilan mahasiswa peraih beasiswa afirmasi dari Papua

Dalam sambutannya Mohamad Nasir menegaskan jika UNJ memiliki lahan, silahkan diajukan proposal ke Kemenristekdikti nanti akan difasilitasi bekerjasama dengan Kementerian PUPR. “Terkait biaya hidup memang cukup berat untuk hidup di Jakarta”, imbuhnya. Menristekdikti kemudian menugaskan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk memperhatikan aspirasi mahasiswa afirmasi. Usai dilepas oleh Menristekdikti, seluruh peserta jalan sehat bergerak di mulai dari Halaman Depan Gedung D Senayan kemudian mengelilingi Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Miss Papua 2018, Ludia Amaye Maryen mengungkapan rasa senangnya mengikuti kegiatan ini. “Menurut saya sangat luar biasa, karena jarang bisa berkumpul terutama teman-teman yang ada di afirmasi. Setelah berkumpul ternyata tidak hanya ada afirmasi Dikti, ada peserta 3T juga, teman-teman dari Kaimana, dan kegiatan ini mempererat kekeluargaan kita juga, termasuk bisa kenal dengan Pak Menteri dan jajarannya serta petinggi dari UNJ dan itu jadi kebanggan tersendiri buat kita”, ungkap wanita yang lahir di Genyem, Kabupaten Jayapura, 21 November 1996 ini.

Ludia Amaye Maryen, Miss Papua 2018

Kegiatan diakhiri dengan Konferensi Pers terkait rangkaian Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI 2019. Setelah 15 kali penyelenggaraan (POMNAS), Menristekdikti memberikan kepercayaan kepada DKI Jakarta untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan POMNAS XVI tahun 2019. Ajang olahraga mahasiswa terbesar di Indonesia tersebut akan berlangsung mulai dari tanggal 19 hingga 26 September 2019.

POMNAS XVI Jakarta 2019 mengusung tema “Semangat, Sportif, dan Berprestasi”. Hal ini sesuai dengan tujuan POMNAS VVI yaitu untuk memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan dan persahabatan antar mahasiswa se-Indonesia, membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan internasional, serta menanamkan Pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

Konferensi Pers terkait rangkaian Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI 2019

POMNAS XVI Jakarta 2019 akan diikuti oleh 33 provinsi yang melibatkan kurang lebih 3404 atlet dan 1337 ofisial. Para atlit akan bertanding di 19 cabang olah raga yang memperebutkan total 713 medali. 18 Venue pertandingan yang tersebar diseluruh wilayah Jakarta sudah disiapkan oleh panitia untuk menyambut para atlit kebanggaan nasional tersebut. Selain itu, pada POMNAS XVI Jakarta 2019 kali ini akan mempertandingkan 4 cabang olahraga eksebisi, yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan E-Sport.

Upacara pembukaan akan dilangsungkan pada hari Kamis, 19 September 2019 di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GSMB) Kuningan Jakarta Selatan. Sedangkan upacara penutupan, akan dilangsungkan pada hari Kamis, 26 September 2019 di Jakarta International Velodrome. Ajang olahraga terbesar mahasiswa tingkat nasional ini mendapatkan dukungan dana dari Kemenristekdikti, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Universitas Negeri Jakarta dan sumbangan sponsor.

MAS

DOKUMENTASI KEGIATAN