SILATURAHMI KELUARGA BESAR KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI KE-74

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir

Tangerang Selatan – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir hadir dalam kegiatan Silaturahmi Keluarga Besar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74, Jumat, 16 Agustus 2019 di Wisma Tamu Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan. Turut meramaikan  dalam kegiatan ini Pejabat Eselon I, II, III, Dharma Wanita, dan staf di Lingkungan Kemenristekdikti.

Dalam acara yang dikemas dengan konsep Garden Party itu, Nasir menyampaikan apresiasinya kepada panitia yang telah memberikan fasilitas yang menarik, suasana yang santai dan menyenangkan. “Pertemuan ini memang tujuannya adalah selain dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 besok pagi, malam hari ini kita silaturahmi, melepaskan kepenatan kita yang setiap hari dalam urusan pekerjaan”, ungkapnya. Nasir juga mengundang peserta Diklatpim III Pusdiklat Kemenristekdikti agar bisa bergabung bersama. “Semoga kita bisa akrab makin dekat, makin menyenangkan dan makin bersahabat” Menristekdikti menambahkan. Seluruh peserta acara juga dihibur dengan grup keroncong Cakra Suara dari Univeritas Negeri Surabaya serta Penyanyi Keroncong kenamaan Sundari Soekotjo.

Nasir menyampaikan dalam menyongsong kemerdekaan RI ke-74 dengan tema Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju, harapannya Kementerian yang punya tugas utama dalam Pendidikan Tinggi bisa menjalankan tugas dengan baik dan semuanya sukses di tahun 2024, ada lompatan-lompatan untuk memanfaatkan bonus demografi yang sedang berjalan.

Dalam acara ini juga dilaksanakan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur terhadap kinerja Kemenristekdikti. Nasir menambahkan Kemenristekdikti kinerjanya telah melebihi renstra yang ditetapkan oleh kementerian, “target pertama dalam hal ini untuk perguruan tinggi yang akreditasi A targetnya di angka 80 sekarang tercapai 96, dan untuk publikasi di angkat 18 ribu yang masuk akreditasi internasional tetapi alhamdullillah kemudian sudah ranking 1 di Asia Tenggara mengalahkan Malaysia dimana Malaysia di angka 33.055 Indonesia 33.309”, pungkasnya. “Dalam paten kita juga nomor 1 di Asia Tenggara, dalam publikasi atau media sosial kita Kemenristekdikti telah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Tim Penilai Eksternal yaitu capaian-capaian yang telah disampaikan melalui media sosial, jadi capaian-capaian kementerian alhamdullilllah luar biasa”, imbuhnya.

Pemotongan tumpeng oleh Menristekdikti

Diakhir acara, dilaksanakan pemberian hadiah kepada para juara dalam kejuaran yang diselenggarakan oleh kemenristekdikti dalam rangka perayaan HUT RI ke-74. Kejuaraan tersebut meliputi Senam, Tenis Meja, Catur, e-sport, Futsal, Basket 3 on 3, Menyanyi Solo dan Duet, Badminton Putra dan Putri, dan Kebersihan dengan rincian sebagai berikut.

Lomba Senam

Juara 1 Itjen
Juara 2 Setjen
Juara 3 Ditjen SDID

Lomba Tenis Meja

Juara 1 Puspiptek
Juara 2 Ditjen Risbang
Juara 3 Setjen

Lomba Catur

Juara 1 PP Iptek
Juara 2 Ditjen Inovasi
Juara 3 Ditjen Belmawa

Lomba e-sport

Juara 1 Setjen
Juara 2 Ditjen Kelembagaan

Lomba Futsal

Juara 1 Puspiptek
Juara 2 Ditjen SDID

Lomba Basket 3 on 3

Juara 1 Ditjen SDID
Juara 2 Ditjen Belmawa
Juara 3 Ditjen Inovasi

Lomba Menyanyi Solo

Juara 1 Itjen
Juara 2 Ditjen Risbang
Juara 3 Setjen

Lomba Menyanyi Duet

Juara 1 Ditjen Belmawa
Juara 2 Pusdiklat
Juara 3 Dijen SDID

Lomba Badminton Putra

Juara 1 Ditjen Kelembagaan
Juara 2 Ditjen Belmawa
Juara 3 Pusdiklat & Setjen

Lomba Badminton Putri

Juara 1 Setjen
Juara 2 Ditjen Risbang
Juara 3 Pusdiklat & Pusdatin

Lomba Kebersihan

Juara 1 Itjen
Juara 2 Eijkman
Juara 3 Ditjen SDID

 

Sementara itu, juara umum dalam kejuaraan ini berhasil direbut oleh Sekretariat Jenderal dengan total 120 poin. Piala diserahkan langsung oleh Menristekdikti kepada Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim ditemani oleh jajaran Eselon II di Lingkungan Sekretariat Jenderal.

Menristekdikti bersama Sekjen dan Jajaran Eselon II sebagai peraih juara umum lomba dalam rangka perayaan HUT RI ke-74

MAS

 

DOKUMENTASI KEGIATAN