RITECH EXPO 2019 RESMI DIBUKA

Peresmian kegiatan Ritech Expo 2019 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Denpasar – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekretaris Jenderal Kemristekdikti Ainun Na’im dan Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe membuka secara resmi kegiatan Ritech Expo 2019 di Lapangan Puputan, Renon, Denpasar, Bali pada Minggu (25/8/2019).

Ritech Expo merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak Bangsa. Pemilihan Denpasar sebagai lokasi penyelenggaraan Ritech Expo 2019 kali ini, adalah perwujudan dari tema besar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-24, yaitu “IPTEK dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0”. Target pengunjung Ritech Expo 2019 adalah Industri, UMKM, Komunitas, Masyarakat Umum, Pelajar, dan Mahasiswa.

Dalam arahannya, Menristekdikti menjelaskan bahwa ini adalah pelaksanaan Ritech Expo ketiga yang diselenggarakan di luar Pulau Jawa setelah Makassar, Sulawesi Selatan dan Pekanbaru, Riau.
Menristekdikti berharap penyelenggaraan Ritech Expo di Bali ini dapat merangsang munculnya inovasi-inovasi di daerah.“Saya melihat respon daerah sangat luar biasa. Tadi saya lihat inovasi dari Papua, inovasi dari Bali, dan inovasi-inovasi lain dari daerah. Nampaknya inovasi di daerah mulai bergairah”, ungkap Mohamad Nasir.
Dilanjutkan, pemerintah daerah Bali bertekad untuk membuat pulau Dewata menjadi kota yang ramah lingkungan dengan meningkatkan jumlah pemakaian motor listrik buah tangan anak Indonesia (Motor Gesit).
Menurut Nasir, peningkatan infrastruktur untuk menunjang kenyamanan pemakaian motor Gesit Dijanjikan akan disiapkan oleh Gubernur Bali di beberapa kantor-kantor pemerintah di Bali. “Gubernur Bali sangat berkeinginan untuk motor Gesit yang dilakukan perusahaan Wika bisa dibangun di Bali, sehingga Bali ke depan ramah lingkungan dan semua motor di Bali bisa motor listrik buatan anak Indonesia,” katanya.
“Infrastruktur sudah mulai disiapkan, di pom bensin itu untuk chargernya. Pak Gubernur menyampaikan akan menyiapkan di kantor-kantor pemerintah akan disediakan infrastrukturnya,” tambahnya.
Selain Bali, beberapa wilayah di tanah air juga tertarik untuk menggunakan motor listrik hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya tersebut. “Tidak hanya di Bali, Nusa Tenggara Timur, Labuan bajo akan melakukan hal yang sama. udah ada permintaan. Namun basecampnya akan tetap dilakukan di Bali,” ujarnya.

Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi Wakil Gubernur Bali berkeliling mengunjungi pameran Ritech Expo 2019

Nasir melanjutkan, motor listrik mulai mengalami peningkatan pembangunan, bahkan kapasitas produksinya sudah mencapai lima ribu unit. “Pemasarannya dimulai dari lembaga pemerintah, semua perguruan tinggi akan dikenalkan hal ini, supaya teknologi kita bisa manfaatkan,” tandasnya.

Ritech Expo 2019 diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan dan melibatkan beberapa unsur Lembaga Pendidikan tinggi, penelitian, dan industri. Bentuk kegiatanya adalah Pameran, Temu Bisnis, Seminar, Demo Sains, Demo Produk, dan Lomba-Lomba. Pameran Ritech Expo 2019 ini dikonsep mengarah ke bentuk wahana dan media informasi interaktif dengan tujuan: Menghadirkan science experience bagi stakeholder maupun pengunjung, mendorong terjadinya transfer knowledge baik antar peserta maupun peserta dengan pengunjung, menjadi parameter perkembangan produk-produk inovasi terkini, mendorong proses komersialisasi inovasi, dan mendukung diseminasi inovasi di bidang Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0.

Salah satu potret antusiasme peserta mencoba permainan di pameran Ritech Expo 2019

Sesuai dengan Visi Pemerintahan Joko Widodo 2019 – 2024 “Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju”, kegiatan Ritech Expo 2019 merupakan langkah penting untuk mensosialisasikan serta mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi untuk kepentingan masyarakat. Ritech Expo 2019 akan ditutup tanggl 28 Agustus 2019 yang sekaligus akhir rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-24.

MAS & CR

DOKUMENTASI KEGIATAN