PENYELENGGARAAN PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN V TAHUN 2019 KEMRISTEKDIKTI DI BPSDM PROVINSI MALUKU

Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Maluku menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan V Tahun 2019 pada tanggal 19 Agustus – 16 Oktober 2019 di BPSDM Provinsi Maluku. Selain peserta dari Pusdiklat Kemristekdikti juga terdapat peserta Pelatihan dari Lingkup KPU Provinsi Maluku dan juga peserta Pelatihan Akuntansi Keuangan Daerah Lingkup Provinsi Maluku

Undangan yang hadir pada acara pembukaan antara lain :

  1. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII dihadiri oleh Kasubag Hukum Kepegawaian dan Tata Laksana
  2. Politeknik Negeri Ambon dihadiri oleh Wakil Direktur II
  3. Politeknik Perikanan Negeri Tual dihadiri oleh Plt. Pudir II
  4. Universitas Negeri Tual dihadiri oleh Kabag Kepagawaian
  5. Universitas Cenderawasih dihadiri oleh Kabag Kepegawaian
  6. KPU dihadiri oleh Sekertaris KPU

Sambutan Kepala BPSDM Provinsi Maluku dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional Bpk. Faizal Ahmad, S.STP, M.Si dikarenakan Kepala BPSDM Menghadiri undangan Gubernur Provinsi Maluku. Dilanjutkan sambutan oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti sekaligus membuka  secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V Tahun 2019 di BPSDM Provinsi Maluku.

Setelah acara pembukaan selesai Kapusdiklat Kemristekdikti menyampaikan tentang materi Muatan Teknis Substansi Lembaga (MTSL) yang diikuti oleh seluruh peserta baik dari peserta CPNS Pusdiklat Kemristekdikti, peserta Pelatihan dari Lingkup KPU Provinsi Maluku, dan peserta Pelatihan Akuntansi Keuangan Daerah Lingkup Provinsi Maluku. Seluruh Peserta sangat antuasias mengikuti materi Muatan Teknis Substansi Lembaga (MTSL).

Dalam kerja sama penyelenggaraan Latsar CPNS Golongan III ini, Pusdiklat Kemristekdikti mengirimkan sebanyak 80 orang CPNS yang berasal dari 6 unit/satuan kerja di lingkungan Kemristekdikti,dari LLDIKTI Wilayah XII maupun dari perguruan tinggi. Adapun unit/satuan kerja dari peserta tersebut antara lain :

  1. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII
  2. Politeknik Negeri Ambon
  3. Politeknik Perikanan Negeri Tual
  4. Universitas Pattimura
  5. Universitas Cenderawasih
  6. Universitas Papua

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membentuk PNS Profesional dan berkarakter, yaitu PNS yang memiliki perilaku bela negara, memiliki nilai-nilai dasar PNS, memiliki pengetahuan tentang kedudukan dan mengetahui peran PNS dalam NKRI, serta PNS yang menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat. “Saya berharap selama proses pembelajaran Saudara dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, penuh disiplin dan tanggungjawab.” Ungkap Wisnu S. Soenarso, selaku Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti.

Galeri :

 

DRA