GERAK JALAN SEHAT AWALI RANGKAIAN HARI KEBANGKITAN TEKNOLOGI NASIONAL KE-24 TAHUN 2019

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ditemani Wakil Gubernur Bali lepas peserta Gerak Jalan Sehat

Denpasar – Gerak Jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-24 dilaksanakan Minggu pagi (25/8/2019) di Kawasan Lapangan Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar Bali.  Hadir mengikuti kegiatan ini Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenristekdikti, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Perguruan Tinggi, Pemerintah Provinsi Bali serta masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Menristekdikti menyampaikan harapannya dengan momentum hari kebangkitan teknologi nasional ini akan membangkitkan seluruh warga negara Indonesia dalam rangka meningkatkan inovasi-inovasi daerah, “mudah-mudahan inovasi selalu muncul dari anak muda-anak muda Indonesia. Di Bali muda-mudahan muncul inovator yang muncul di kelas dunia”, ungkapnya.

Sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebelum melepas peserta Gerak Jalan Sehat

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyampaikan di era perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini sebagai ilustrasi “di rumah dengan keluarga yang hanya dipisahkan oleh tembok saja masih menggunakan HP, sehingga mudah-mudahan dengan acara Gerak Jalan Sehat ini bisa digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi antar sesama”, imbuhnya.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati ketika memberikan sambutan

Kegiatan Gerak Jalan Sehat ini secara seremonial dibuka oleh Menristekdikti. Para peserta Gerak Jalan Sehat memulai perjalanannya (start) dari Depan Kantor Gubernur Bali, rute yang ditempuh sekitar 4 kilometer meliputi Jl. Basuki Rahmat – Jl. Puputan – Jl. Cok Agung Tresna dan berakhir (finish) juga di Depan Kantor Gubernur Bali, Kawasan Lapangan Puputan, Niti Mandala Renon. Seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias membaur dengan masyarakat Denpasar dan sekitarnya yang kebetulan saat itu melakukan aktivitas Car Free Day (CFD). Dalam kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Undian Door Prize dan dibagikan langsung oleh Menristekdikti. Acara gerak jalan ini mendapat dukungan Bank BRI, Bank Mandiri, dan Telkomsel.

Gerak jalan sehat diikuti 15.500 sampai 15.900 peserta yang berasal dari LPNK, Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkompinda), pemerintah daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), serta masyarakat sekitar Denpasar. Gerak jalan sehat juga diikuti civitas dan mahasiswa dari Universitas Udayana, Poltek Negeri Bali, ISI Denpasar, LLDikti Wilayah VIII, Undiksha, dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STIKOM).

Menristekdikti ketika akan melepas ribuan peserta Gerak Jalan Sehat

Gerak Jalan Sehat merupakan kegiatan awal dari Rangkaian Hari Kebangkitan Nasional ke-24 Tahun 2019. Selain Gerak Jalan Sehat diselenggarakan juga Ritech Expo mulai tanggal 25 s.d. 26 Agustus di Lapangan Puputan, Niti Mandala Renon, Kegiatan Ilmiah tanggal 26 Agustus di Grand Inna Bali Beach Hotel, Malam Apresiasi tanggal 27 Agustus di ISI Denpasar, dan Acara Puncak yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tanggal 28 Agustus di Lapangan Puputan, Niti Mandala Renon.

MAS & CR

DOKUMENTASI KEGIATAN