DOSEN UNIVERSITAS INDONESIA MENGIKUTI PELATIHAN REVIEWER PENELITIAN PERGURUAN TINGGI ANGKATAN XII

Bogor- Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Quantum HRM Internasional, dan Direktorat Riset dan Pengembangan (DRPM) Universitas Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Reviewer Penelitian Perguruan Tinggi Angkatan XII yang dilaksanakan di Hotel Aston Jl. Dreded Jl. Pahlawan, Mulyaharja, Kec. Bogor Selatan., Kota Bogor, Jawa Barat. Kegiatan Diklat Reviewer dilaksanakan dari tanggal 30 Juli 2019 sampai 3 Agustus 2019. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang paradigma baru Anggaran Riset Berbasis Output, meningkatkan pemahaman tentang Panduan Pendanaan Riset Kemenristekdikti dan menghasilkan Reviewer yang kompeten, jujur dan professional dalam menilai kelayakan proposal dan luaran penelitian. Mayoritas peserta diklat reviewer kali ini adalah dosen Universitas Indonesia (UI)  sebanyak 69 peserta. Tidak hanya diikuti oleh dosen Universitas Indonesia, pelatihan ini  juga diikuti oleh peserta dari luar UI seperti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebanyak  2 orang, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebanyak 2 orang, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) 1 orang peserta.

Peserta pelatihan reviewer penelitian perguruan tinggi

Acara pelatihan dibuka oleh Kasubdit Perencanaan dan Pengembangan Riset Universitas Indonesia Dede Djuhana, Ph.D sekaligus menyampaikan materi Kebijakan Penelitian di Universitas Indonesia. Pada hari pertama, Ruben Silitonga selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan pada kesempatan pelatihan ini menyampaikan materi Overview Penyelenggaraan Pelatihan dan Building Learning Commitment (BLC). Dalam paparannya Ruben menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini ada tiga materi inti yang akan dilatihkan yaitu Pengembangan Wawasan yang meliputi Standarisasi Kegiatan Penelitian, Arah Kebijakan Kemenristekdikti, Kebijakan Penelitian PT dan Standar Penelitian Nasional. Kemampuan inti yang dibangun antara lain Pedoman Pembentukan Reviewer dan Tata Cara Penelitian, Etika Reviewer, Risk Assessment Peta Jalan Penelitian dan materi lainnya yang mendukung kemampuan inti reviewer, sedangkan untuk memantangkan kemampuan inti dilaksanakan agenda Penerapan yang terdiri dari praktek mereview, Pre dan Post Test, Ujian Sertifikasi dan Evaluasi Penyelenggaraan. Total jam pelatihan yang diikuti peserta dalam pelatihan ini 53 JP.

Ruben Silitonga menyampaikan materi BLC

Selama mengikuti diklat peserta dibekali dengan materi Tingkat Kesiapterapan Teknologi dan Pengukurannya, Standar Nasional Penelitian, Pengelolaan Penelitian Berbasis Output, Etika Reviewer (Karakter, Etika, Conflict of Interest), Standar Biaya Keluaran (SBK) Sub Output Penelitian, Standar Biaya Masukan (SBM), Penggunaan Dana BOPTN Penelitian, Pertanggungjawaban Penelitian, Penelusuran KI (Paten, Paten Sederhana, Hak Cipta, Disain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Perlingdungan Varietas Tanaman), Peta Jalan Penelitian , State of the art, Tahapan Penelitian, Kriteria Penugasan Reviewer (Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab), Pedoman Pembentukan Komite Penilaian/reviewer dan Tata Cara Pelaksanaan Penilaian Penelitian Panduan Edisi XII (revisi)/Ketentuan Umum dan Tata Cara Pelaksanaan Penilaian Penelitian, Risk Assesment (Manajemen Resiko Reviewer Penelitian), Arah kebijakan Kemenristekdikti dalam Meningkatkan Mutu Penelitian-RIRN, Skema PD, PT, PP (desentralisasi dan kompetitif nasional) dan Standardisasi Kegiatan Penelitian dan Standar Nasional Indonesia.

Muhammad Dimyati menyampaikan ceramah Arah kebijakan Kemenristekdikti dalam Meningkatkan Mutu Penelitian

Tidak hanya dibekali dengan teori, peserta juga dibekali dengan kegiatan praktik seperti Teknik Pengusulan Proposal, Teknik Penilaian Proposal (administrasi, rekam jejak, substansi, RAB, dan kunjunganasi lapangan dan visitasi), Teknik Penilaian Pelaksanaan (Monev) dan Penilaian Luaran Penelitian Dasar, Terapan, dan Pengembangan, dan Praktek Mereview, Penilaian Prototype Hasil Penelitian (Prototype R&D dan Prototype Laik Industri) termasuk dari segi ekonomis, Penelusuran Penelitian sebelumnya (Database, Indeks, dan Sitasi Penelitian).

Peserta mempraktikkan cara mereview proposal penelitian

Setelah mengikuti serangkaian materi pelatihan baik teori maupun praktik, peserta juga harus melewati tiga ujian yaitu essay dengan tema Integritas Reviewer yang jujur dan professional, Ujian Sertifikasi dan Post Test.

Peserta mengikuti ujian sertifikasi

Di hari kelima, Wisnu S.Soenarso selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti menyampaikan review penyelenggaraan pelatihan sekaligus menutup kegiatan pelatihan.


Kapusdiklat membawakan materi review penyelenggaraan diklat

    

(tkp)