PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN X TAHUN 2019 DI PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI

Senin (22/07) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tingg kembali menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan IX. Pelatihan dasar CPNS ini telah resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemeristekdikti  Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng. Kegiatan akan diselenggarakan mulai tanggal 22 Juli 2019 hingga 26 September 2019. Selama 511 JP, penyelenggaraannya dilakukan dengan metode klasikal (on campus) selama 21 hari kerja dan non klasikal (off campus) selama 30 hari kerja. Pelaksanaan dilakukan di dua tempat yang berbeda. Kegiatan klasikal akan dilaksanakan di Pusdiklat Kemenristekdikti, yang berada pada Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan. Sedangkan, kegiatan non klasikal akan dilaksanakan di unit kerja masing-masing peserta Latsar.

Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan X diawali dari Laporan Pelaksanaan Pelatihan Dasar oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Dr. dra.Siti Aminah, M.AB. Dalam laporannya, Dr. dra. Siti Aminah, M.AB menyampaikan beberapa hal antara lain yaitu tentang dasar hukum kegiatan, tujuan, waktu dan tempat penyelenggaraan, peserta latsar, biaya penyelenggaraan latsar serta evaluasi peserta latsar. Selanjutnya, sambutan dan arahan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan X Tahun  2019. Kemudian, Pengalungan Tanda Peserta Pelatihan Dasar kepada perwakilan peserta oleh Bapak Kapusdiklat didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Perwakilan Widyaiswara sebagai tanda peserta telah resmi mengikuti Pelatihan Dasar. Acara Selanjutnya yaitu Pembacaan Janji Peserta Latsar oleh Perwakilan Peserta yang diikuti oleh seluruh peserta latsar.

 Sambutan dan arahan oleh Bapak Kapusdiklat Kemenristekdikti

 Laporan pelaksanaan pelatihan dasar CPNS oleh Kepala Bagian Tata Usaha

 Pengalungan tanda peserta pelatihan dasar oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti

 Ucapan selamat yang diberikan oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti kepada peserta latsar

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membentuk PNS profesional dan berkarakter, yaitu PNS yang memiliki perilaku bela negara, memiliki nilai-nilai dasar PNS, memiliki pengetahuan tentang kedudukan dan mengetahui peran PNS dalam NKRI, serta PNS yang menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat.

Kegiatan ini secara resmi diikuti oleh Peserta Latsar CPNS Gol III Angkatan X yang berjumlah 40 orang, dan terdiri dari peserta pria sebanyak =  18  Orang dan wanita sebanyak =  22 Orang. “Saya berharap selama proses pembelajaran Saudara dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh, penuh disiplin dan tanggungjawab.” Ungkap Wisnu S. Soenarso, selaku Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti.

Setelah Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan IX, Peserta berharap agar nantinya pelatihan dasar ini dapat meningkatkan kedisplinan diri dan mendapatkan hal-hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.