‘’NOBAR’’ PRESIDENTIAL LECTURE ALA PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI

Serpong, 24 Juli 2019 – Sinergi untuk Melayani menjadi tema yang dipilih dalam acara Presidential Lecture 2019 bagi para CPNS di seluruh Indonesia yang ditayangkan secara live oleh televisi kebanggaan Indonesia, TVRI. Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, Menteri Pendayagunaan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat serta Former Minister of Personnel Management Republic of Korea.

Lebih dari 7000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berkumpul di Istora Senayan Jakarta untuk mengikuti acara tersebut. Walaupun yang hadir dan melihat secara langsung di Istora Senayan Jakarta hanya sekitar 7000 CPNS, namun acara tersebut disaksikan ratusan ribu CPNS di seluruh Indonesia melalui layar kaca, salah satunya di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti. Para peserta pelatihan dasar (Latsar) CPNS yang sedang mengikuti pelatihan di Kampus Pusdiklat Serpong tidak bisa menghadiri secara langsung acara President Lecture di Istora Senayan Jakarta, tetapi mereka tetap hadir di Auditorium Kampus Pusdiklat Serpong untuk menonton secara live streaming pembekalan bagi mereka, CPNS.

Adapula video yang diputar dengan lagu yang berisikan tentang hal-hal yang berhubungan dengan PNS sebelum Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memulai pembekalan bagi para CPNS. Para CPNS yang sedang latsar di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti sebanyak 3 angkatan mendengarkan arahan yang disampaikan oleh Bapak Jusuf Kalla dengan serius. Tanpa sadar mereka menjawab secara serentak pertanyaan yang diajukan, walaupun sebenarnya jawaban mereka tak terdengar oleh wakil presiden. Hal itu menunjukkan bahwa mereka mendengarkan pembekalan dengan serius.

Adapun harapan dengan adanya Presidential Lecture bagi para CPNS ini agar para CPNS dapat bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi mereka sebagai aparatur sipil negara yang memiliki tugas utama sebagai pelayan masyarakat bukan untuk dilayani oleh masyarakat.

 

                                                                                                                                                MP