PENUTUPAN LATSAR CPNS GOL. III ANGKATAN IV PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI DI UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Penutupan Latsar CPNS Gol. III Angkatan IV Kemenristekdikti dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan pimpinan dari 7 Universitas instansi asal peserta

Rabu, 22 Mei 2019. Penutupan Latsar CPNS Golongan III Angkatan IV secara resmi dilaksanakan di Hospitality Centre, Universitas Negeri Padang. Acara penutupan Latsar CPNS dihadiri oleh Kapusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso beserta tuan rumah, Rektor Universitas Negeri Padang-Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D dan para tamu Undangan yang merupakan perwakilan dari Perguruan Tinggi instansi asal peserta Latsar CPNS Gol. III Angkatan IV. Para tamu undangan diantaranya adalah, Rektor Intitut Seni Indonesia- Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, MS;Wakil Rektor 2 Universitas Andalas- Prof. Dr. Syafrizal Sy; Wakil Direktur 2 Politeknik Negeri Padang- Anton ST., MT; Wakil Direktur 2 Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh- Ir. Edi Joniarta, M.Si; Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan-Dra. Nurmala Berutu, M.Pd.; dan Wakil Dekan 2 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara-Drs. Gim Tarigan, M.Si.

Acara penutupan Latsar CPNS Gol. III Angkatan IV diawali oleh laporan Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga dan diikuti oleh pengumuman 3 peserta terbaik.

 Peserta Terbaik peringkat 1,2 dan 3 berfoto bersama Kapusdiklat Kemenristekdikti, Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Rektor Universitas Negeri Padang.

Pada acara penutupan Latsar, Kepala Bidang Penyelenggaraan, Ruben Silitonga mengatakan bahwa 40 orang peserta dinyatakan lulus, 10 peserta diantaranya lulus dengan nilai sangat memuaskan dan 30 peserta lulus dengan nilai memuaskan. Adapun 3 peserta terbaik yakni Azhari, S.Pd, M.Si dari Universitas Sumatera Utara sebagai peringkat istimewa I, Ayu Febriani, S.Pd, M.Si dari Universitas Negeri Medan sebagai peringkat istimewa II dan Abdiani Khairat Nadra, SST.Par, M.Par sebagai peringkat istimewa III.

 Perwakilan peserta, Abdiani Khairat Nadra memberikan kesan dan pesan selama mengikuti Latsar CPNS Gol.III Angkatan IV.

Peserta Abdiani Khairat Nadra berkesempatan untuk memberikan kesan dan pesannya pada acara penutupan Latsar CPNS Gol.III Angkatan IV mewakili peserta menyatakan bahwa, pada pelaksanaan Latsar CPNS ini peserta mendapatkan hal yang lebih dari apa yang dibayangkan, semua kegiatan berjalan dengan baik, begitu pun juga dengan fasilitas yang diberikan.

 Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri memberikan sambutan pada acara penutupan Latsar CPNS Gol. III Angkatan IV Pusdiklat Kemenristekdikti.

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D memberikan sambutannya dalam acara penutupan Latsar CPNS Gol. III Angkatan IV. Prof Ganefri mengatakan bahwa biasanya peserta yang sukses dalam Latsar akan sukses juga di tempat kerja karena dahulu beliau merupakan peserta terbaik pada kegiatan Latsar, sehingga bagi  peserta yang mendapat peringkat istimewa terbaik nantinya diharapkan dapat menjadi rektor atau pimpinan di instansinya masing-masing. Lebih lanjut di hadapan para peserta Latsar Prof. Ganefri berpesan, “Berikanlah kontribusi terbaik dalam membangun lembaga, bangsa dan negara dan tumbuhkan jiwa sebagai seorang pendidik yang muncul dari hati, bukan sebagai seorang pengajar karena profesi dosen harus muncul dari dalam”. Prof. Ganefri berharap kerjasama Universitas Negeri Padang dengan Pusdiklat Kemenristekdikti tidak berakhir sampai disini dan siap untuk kembali bekerja sama di waktu yang akan datang.

 Kapusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso, memberikan arahan dan menutup secara resmi Latsar CPNS Gol. III Angkatan IV Pusdiklat Kemenristekdikti di Universitas Negeri Padang.

Kapusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso dalam arahan sekaligus menutup secara resmi Latsar CPNS Gol.III Angkatan IV mengatakan bahwa Penyelenggaraan Latsar dengan pola kerja sama dengan Unit kerja adalah yang pertama kali diujicobakan oleh Pusdiklat Kemenristekdikti. Dengan pola kerja sama seperti ini akan menghemat banyak biaya karena sebagian peserta tidak harus membeli tiket pesawat untuk mengikuti Latsar CPNS. Kapusdiklat menekankan kembali bahwa pola Latsar sekarang berbeda dengan pola Latsar dahulu, karena ada pola on campus dan off campus dimana peserta harus melaksanakan agenda habituasi di unit kerja, instansi juga diharuskan memberikan kontribusi dalam penilaian. Selain itu Kapusdiklat mengatakan jika pola Latsar sekarang sudah menyesuaikan dengan kebutuhan di masa depan, bahwa pegawai negeri harus mengerti ANEKA, Whole of Government dan diharapkan menjadi agen perubahan di unit kerjanya masing-masing.

 Peserta dari daerah terjauh, Astrid Fauzi Dewinta dan Peserta peringkat istimewa I, Azhari  dari Universitas Sumatera Utara, memberikan kesan dan pesan terhadap penyelenggaraan Latsar CPNS Gol.III Angkatan IV Kemenristekdikti.

Peserta dari Universitas Sumatera Utara salah satu peserta dari daerah yang terjauh dari tempat pelatihan, Astrid Fauzi Dewinta memberikan testimoni bahwa pelaksanaan Latsar CPNS ini sudah berjalan baik dan pada agenda bela negara memberikan kesan yang cukup mendalam. Astrid megakui bahwa saat on campus 1 dirasakan perjuangan yang cukup berat karena harus membawa 2 anak dan suami agar tetap dapat menyusui anak yang masih bayi saat kegiatan Latsar sudah berakhir setiap harinya. Adapun peserta terbaik Azhari, sekaligus ketua kelas angkatan IV menyatakan bahwa Ia tidak mentargetkan untuk menjadi yang terbaik, tapi selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dan mengikuti setiap agenda dengan baik dan disiplin. Lebih lanjut Azhari menutup wawancara dengan pesan bagi peserta yang akan mengikuti Latsar CPNS berikutnya yakni, “Jangan kejar kesuksesan tapi kejarlah kesempurnaan, sehingga kesuksesan akan mengejarmu”.

 

DP