SEMINAR EVALUASI LAPORAN AKTUALISASI LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN III TAHUN 2019 KEMENRISTEKDIKTI

Arnanda Yusliwidaka dari Universitas Tidar tengah mempresentasikan laporan evaluasinya dihadapan pembimbing, penguji dan mentor

Tangerang Selatan, 7 Mei 2019 – Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan III telah memasuki masa on campus 2 setelah menjalani masa habituasi di instansinya selama 30 hari. Peserta berkewajiban untuk menyelesaikan laporan aktualisasi dan mempresentasikannya  dalam seminar evaluasi laporan aktualisasi yang dihadiri oleh masing-masing pembimbing, penguji dan mentor. Seminar evaluasi laporan aktualisasi yang diselenggarakan di kampus Pusdiklat Kemenristekdikti, Serpong-Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta Latsar yang berasal dari 11 Perguruan Tinggi yang tersebar di daerah Pulau Jawa dan Kalimantan.

Peserta Yustika Irfani Lindawati dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah selesai mempresentasikan hasil laporan aktualisasi.

Laporan aktualisasi yang dipresentasikan oleh peserta berisikan hasil pelaksanaan/ implementasi dari hasil rancangan aktualisasi yang telah dipresentasikan sebelum peserta memasuki agenda habituasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian pada evaluasi laporan aktualisasi mencakup kualitas pelaksanaan kegiatan, kualitas aktualisasi, serta teknik komunikasi. Pada evaluasi laporan aktualisasi peserta diharapkan mampu melaksanakan seluruh kegiatan aktualisasinya dan melahirkan gagasan-gagasan kreatif dan mampu menjelaskan hasil pelaksanaan aktualisasi dan merespon pertanyaan dengan baik. Selain itu peserta juga diharapkan mampu menunjukkan aktualisasi nilai-nilai dasar PNS dan kedudukan dan peran PNS dalam NKRI yang mendasari kegiatan bermanfaat bagi stakeholder dan/atau pimpinan serta mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi, serta memperkuat nilai organisasi.

Peserta Latsar menunggu giliran untuk presentasi.

Peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan laporan aktualisasinya dihadapan pembimbing, penguji dan pembimbing selama 45 menit. Seluruh peserta dibagai ke dalam 4 kelompok evaluasi dengan jumlah masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Kelompok pertama terdiri dari Asih Setiawati sebagai pembimbing dan Paulus Pati Payong sebagai penguji. Kelompok kedua terdiri dari Heri Widyawati sebagai pembimbing dan Ruben Silitonga sebagai penguji. Kelompok ketiga terdiri dari Malikuz Zahar sebagai pembimbing dan Wisnu S. Soenarso sebagai penguji. Kelompok keempat terdiri dari Agus Sediadi Tamtanus sebagai pembimbing dan Charfikarani sebagai penguji. Masing-masing peserta didampingi oleh mentor yang ditunjuk oleh instansi asal peserta. Mentor dalam pelaksanaan evaluasi aktualisasi berperan untuk memberikan penguatan dan dukungan terkait dengan laporan aktualisasi yang telah dibuat oleh para peserta.

Foto Bersama peserta bimbingan Dr. Ir. Rm. Agus Sediadi Tamtanus, M.Si Bersama penguji.

Seluruh peserta telah menyelesaikan evaluasi laporan aktualisasi dengan lancar. Selama pelaksanaan seminar evaluasi laporan aktualisasi, peserta diberikan saran dan masukan oleh pembimbing, mentor dan penguji yang menjadi dasar bagi peserta untuk melakukan revisi. Saran dan masukkan tersebut   langsung diakomodir oleh peserta setelah pelaksanaan presentasi, kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai akuntabilitas dan profesionalitas peserta Latsar sebagai calon ASN.