SEMINAR AKTUALISASI PESERTA PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN V PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI TAHUN 2019

Serpong, 28 Mei 2019 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti) menyelenggarakan Seminar Laporan Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V hari Selasa, 28 Mei 2019 di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti, Gedung 124 Kawasan Puspiptek, Serpong. Sebanyak 38 peserta menunjukkan kemampuan maksimalnya dalam mempresentasikan Laporan Aktualisasinya di hadapan Penguji, Coach, dan Mentornya setelah 30 hari menjalani Habituasi di Unit Kerjanya masing-masing. Hadir sebagai Penguji dalam Seminar Aktualisasi ini adalah Wisnu S. Soenarso Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Ruben Silitonga Kepala Bidang Penyelenggaraan, Hasmosadewo Kepala Subbidang Program dan Evaluasi, dan Charfikarani Kepala Subbagian Kepegawaian Pusdiklat Kemenristekdikti.

Salah seorang peserta mempresentasikan Laporan Aktualisasi dihadapan Penguji, Coach, dan Mentor

Kegiatan seminar laporan aktualisasi kali ini tidak hanya dilaksanakan melalui metoda tatap muka, melainkan juga secara online dikarenakan kendala non teknis ketidakhadiran Mentor peserta. Seperti yang dialami oleh Farrah Vauzia dan Masrul Huda dari Politeknik Negeri Balikpapan. Keduanya pada akhirnya bisa menyelesaikan seminar aktualisasi dengan lancar.

Farrah Vauzia tampil dihadapan Charfikarani (Kiri/Penguji) dan Heri Widyawati (Kanan/Coach) dan Pendampingan oleh Mentor secara online

Masrul Huda tampil dihadapan Wisnu S. Soenarso (Kiri/Penguji) dan Asih Setiawati (Kanan/Coach) dan Pendampingan oleh Mentor secara online

Achmad Fadillah, peserta Latsar dari Institut Pertanian Bogor tampil dengan sangat baik dengan judul Blended Learning Model Bisnis Terintegrasi di Sekolah Bisnis dalam Rangka Mendukung IPB sebagai Techno Socio Enterpreneurial University. Usai melakukan seminar, Achmad mengungkapkan rasa syukurnya telah melewati seminar dengan baik. “Alhamdullilah bersyukur sekali akhirnya hari ini bisa terlewati dengan baik dan support penuh dari berbagai pihak”, ungkapnya. Ditanya tentang persiapan menghadapi seminar, Achmad menyampaikan telah berkoordinasi dengan Mentor dan Coach serta mempresentasikan draf hasil aktualisasi untuk mendapatkan masukan. Beberapa hambatan yang dihadapinya dalam merampungkan produk aktualisasinya yakni berkoordinasi dengan pihak lain untuk menyesuaikan waktu agar bisa in line dengan program-program yang dilakukan serta mengumpulkan bukti-bukti yang penting. Terkait dengan judul yang diangkat, Achmad menyatakan sekarang adalah era Revolusi 4.0 dan itu tidak terlepas pengaruhnya didalam dunia pendidikan. “Kita perlu adaptif juga terhadap teknologi informasi tersebut dan ini dilakukan agar mahasiswa dapat softskill lebih dari sekedar pembelajaran yaitu bisa adaptif dalam dunia kerja nantinya dan itulah topik yang saya ambil dan memang sangat dibutuhkan dalam era saat ini”, pungkasnya.

Achmad Fadillah dari Institut Pertanian Bogor

Setelah kegiatan Seminar Laporan Aktualisasi, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Review Kebijakan Penyelenggaraan Pelatihan oleh Wisnu. S. Soenarso. Beberapa hal yang disampaikan mengenai dasar hukum pelaksanaan latsar, kompetensi yang harus dikuasai ASN, kurikulum dan penyelenggaraan latsar, evaluasi program pelatihan, dasar pembentukan kelembagaan negara, Organisasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, hingga Revolusi Industri 4.0. Rangkaian kegiatan hari ini diakhiri dengan berbuka puasa bersama Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti dengan Pejabat Struktural Pusdiklat Kemenristekdikti, Panitia Latsar, dan Peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan V Tahun 2019.

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti menyampaikan materi Review Kebijakan Penyelenggaraan Pelatihan

MAS