PENUTUPAN PELATIHAN PENANDATANGAN SURAT PERINTAH MEMBAYAR (SPM) ANGKATAN I TAHUN 2019 DAN PELATIHAN TARIF DAN REMUNERASI BADAN LAYANAN UMUM ANGKATAN I TAHUN 2019 DI BOGOR

Bogor,  24 Mei 2019, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristekdikti menutup kegiatan Pelatihan Penandatangan Surat Perintah Membayar (SPM) Angkatan I Tahun 2019 dan  kegiatan Pelatihan Tarif  Dan Remunerasi Badan Layanan Umum Angkatan I Tahun 2019 yang telah diadakan di Hotel Permata, Bogor. Kegiatan Pelatihan telah berlangsung selama tujuh hari yang dimulai pada tanggal 19 Mei 2019 hingga 25 Mei 2019 dan bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Anggaran dan  Perbendaharaan (Pusdiklat AP). Kegiatan Pelatihan Penandatangan SPM Angkatan I dan Kegiatan Pelatihan Tarif  Dan Remunerasi Badan Layanan Umum Angkatan I  resmi ditutup oleh Kepala Subbagian Diklat Teknis, Sugiyo Pranoto. Beliau  mewakili Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Wisnu S. Soenarso yang berhalangan hadir dalam penutupan kegiatan pelatihan tersebut.

Dalam sambutannya Sugiyo Pranoto menyampaikan bahwa pada dasarnya pelatihan yang telah dilaksanakan selama tujuh hari ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang pengelolaan keuangan APBN, terutama terkait Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (SPM) dan Pelatihan Tarif dan Remunerasi Badan Layanan Umum,. Dapat di sadari bahwa tantangan yang kita hadapi akan semakin berat sehubungan dengan teknologi dan sumber daya manusia yang terus berkembang, sehingga dituntut untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, efektif serta efisien. Beliau menambahkan bahwa dengan sumber daya manusia yang berkualitas pengelolaan keuangan APBN dalam ruang lingkup masing – masing dapat dikelola dengan lebih baik dan bagi peserta  yang telah mengikuti pelatihan diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam kegiatan pelatihan yang mereka ikuti saat ini serta dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih cepat, tepat, terencana, terstruktur dan terukur.

Kegiatan Pelatihan Tarif dan Remunerasi Angkatan I Tahun 2019 diikuti oleh 35 peserta masing – masing terdiri dari Universitas Sriwijaya, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Terbuka, Pusat Peragaan Iptek, Universitas Jambi, Universitas Negeri Padang, Univeritas Andalas, Universitas Syiah Kuala, Universitas Riau, Politeknik Manufaktur Bandung, dan Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan Pelatihan Penandatangan Surat Perintah Membayar (SPM) Angkatan I Tahun 2019 diikuti oleh 26 peserta masing – masing terdiri dari 1 peserta Akademi Komunitas Negeri Rejong Lebong, 3 peserta dari Universitas Andalas, 1 peserta dari Universitas Tanjungpura, 2 peserta dari Pusdiklat, 2 peserta dari Universitas Terbuka,1 peserta dari Politeknik Manufaktur Bandung, 1 peserta dari Univeritas Indonesia, 1 peserta dari LLDIKTI Wilayah II Palembang, 1 peserta dari Politeknik Negeri Padang, 4 peserta Insititut Pertanian Bogor, 1 peserta dari Institut Teknologi Kalimantan, 2 peserta dari LLDIKTI Wilayah XI, 1 peserta dari Politeknik Negeri Banjarmasin, 1 peserta dari Universitas Bangka Belitung, 1 peserta  dari Politeknik Negeri Lampung, 1 peserta dari Politeknik Negeri Bengkalis, 1 peserta dari Politeknik Negeri Batam dan 1 peserta dari Institut Teknologi Sumatera.

Peserta Pelatihan Tarif  Dan Remunerasi BLU mengikuti Ujian Tertulis

 Peserta Pelatihan Penandatangan SPM mengikuti Ujian Tertulis

Sebelum penutupan, seluruh peserta Pelatihan Tarif  Dan Remunerasi Badan Layanan Umum Angkatan I 2019 dan peserta Pelatihan Penandatangan Surat Perintah Membayar (SPM) Angkatan I Tahun 2019 mengikuti ujian tertulis di ruang Crystal Satu dan ruang Crystal Dua  Hotel Permata Bogor, karena ujian dilakukan secara tertulis maka perlu dibutuhkan beberapa waktu untuk memeriksa hasil ujian tersebut sehingga peserta Pelatihan Tarif dan Remunerasi BLU dan peserta Pelatihan Penandatangan SPM belum dapat mengetahui pengumuman kelulusan pelatihan yang mereka ikuti pada saat itu dan menunggu arahan selanjutnya dari pihak panitia yang akan memberikan informasi kelulusan secepatnya. Peserta akan mendapatkan mendapat Sertifikat telah mengikuti pelatihan dari Pusdiklat Kemenristekdikti.

Salah satu Peserta Pelatihan Penandatangan SPM

Azral, S.Pt.,M.Pd merupakan salah satu peserta dari Universitas Andalas menyampaikan kesan dan pesan setelah mengikuti kegiatan pelatihan penandatangan Surat Perintah Membayar, menurutnya tenaga pegawai negeri sipil di perguruan tinggi memang perlu penambahan kapasitas dan penambahan ilmu karena kegiatan di dalam perguruan tinggi selalu berkembang untuk itu seluruh pegawai diharapkan dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan terutama di bidang pengelolaan keuangan. Beliau berharap Pusdiklat Kemenristekdikti dapat menambahkan jenis – jenis diklat yang sangat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di seluruh perguruan tinggi, karena keterbatasan anggaran dan lokasi membuat mereka sulit untuk melaksanakan pelatihan secara mandiri.

 

 

 PT