PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS KEMENRISTEKDIKTI ANGKATAN III DAN IV TAHUN 2019 DI BBPK MAKASAR

Makasar, 25 Mei 2019 – Bertempat di gedung Auditorium Badan Balai Besar Pelatihan (BBPK) Makasar, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan secara resmi menutup Pelatihan Dasar Golongan III Angkatan III dan IV Tahun 2019 yang diselenggarakan atas kerjasama antara Pusat Pendidikan dan Pelatihan dengan BBPK Makasar. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WITA dan turut hadir dalam acara penutupan ini Kepala BBPK Makasar Laode Musafin M, SKM,M.Kes, Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Mutu Dra. Lenny Suaib, Widyaiswara BBPK Iskandar Hafid, MPH, Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Jember Ir. Abi Bakri, M.Si, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti Drs. Ruben Silitonga, M.Com, Kepala Bidang Pelatihan Teknis dan Fungsional Kesehatan Masrida, Komite Penjaminan Mutu Drs. Abbas Made Amin.

Kapusdiklat bersama Kepala BBPK Makasar dalam acara penutupan Pelatihan Dasar Calon PNS Kemenristekdikti Angkatan III dan IV Tahun 2019

Hadir di acara penutupan ini, peserta Pelatihan Dasar angkatan III dan IV yang terdiri dari 10 orang peserta dari Universitas Gadjah Mada, 2 orang dari Universitas Negeri Yogyakarta, 3 orang dari Politeknik Negeri Madiun, 4 orang dari Universitas Jember, 22 orang dari Politeknik Negeri Jember, 6 orang dari Politeknik Negeri Madiun, 3 orang dari Politeknik Negeri Malang, 4 orang dari Universitas Negeri Malang, 7 orang dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, 7 orang dari Universitas Trunojoyo, 3 orang dari Universitas Airlangga, 2 orang dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2 orang dari Universitas Negeri Semarang, dan 1 orang dari Politeknik Maritim Negeri Indonesia.


Peserta Pelatihan Dasar Angkatan III dan IV

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan dinyanyikan oleh seluruh hadirin. Lenny Suaib selaku ketua panitia membacakan hasil evaluasi kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan III dan IV Tahun 2019. Dari hasil evaluasi tersebut didapatkan peserta terbaik dari angkatan III dan IV. Di angkatan III,  Fuad Hamzah dari Universitas Gadjah Mada dinobatkan sebagai peserta terbaik pertama kemudian, Alfiahayati dari Universitas Gadjah Mada sebagai peserta terbaik kedua, dan Nodistya Septian Indraprastana dari Politeknik Negeri Jember sebagai peserta terbaik ketiga.  Adapun predikat peserta terbaik pertama di angkatan IV diraih oleh Refa Firgiyanto dari Politeknik Negeri Jember, predikat terbaik kedua diraih oleh Luthfi Nurhidayat dari Universitas Gadjah Mada dan terbaik ketiga diraih oleh Afidatul Husniyah dari Politeknik Negeri Malang.


Peserta Latsar terbaik Angkatan III dan IV mendapatkan selamat dari Kapusdiklat

Kapusdiklat dan Pejabat di lingkungan BBPK bersama dengan peserta terbaik dari Angkatan III dan IV

Di awal sambutannya Wisnu S.Soenarso selaku Kapusdiklat Kemenristekdikti memberikan selamat kepada peserta karena telah lulus Pelatihan Dasar. Wisnu juga mengingatkan peserta Pelatihan Dasar yang akan kembali ke instansi masing-masing bahwa disiplin kerja adalah modal bagi ASN, sebab disiplin sangat erat kaitannya dengan tugas ASN sebagai pelayan publik. Kapusdiklat menaruh harapan kepada peserta Pelatihan Dasar agar kedepan dapat menjadi ASN yang amanah dan mampu menjadi agen perubahan. Keberhasilan yang dicapai saat ini bukanlah apa-apa, namun keberhasilan yang sesungguhnya adalah bisa berkarya di tempat kerja sendiri dan ilmu yang didapat selama kegiatan Pelatihan Dasar agar diamalkan di lingkungan kerja masing-masing sehingga para peserta mampu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Networking harus tetap terbangun setelah kegiatan Pelatihan Dasar selesai. Karena networking adalah wujud dari silaturahmi dan tentunya harus tetap dijalankan supaya sama-sama kita bisa membangun Indonesia”. pungkasnya.


Wisnu S.Soenarso memberikan arahan kepada peserta Pelatihan Dasar Angkatan III dan IV

Dyah Laksito Rukmi, Dosen Politeknik Negeri Jember yang juga peserta Latsar Angkatan III menuturkan bahwa materi Pelatihan Dasar sangat memberikan pengaruh terhadap tugasnya sebagai dosen sebagai contoh Agenda Kesiapsiagaan Bela Negara mengingatkan kembali akan makna Cinta Tanah Air dan mengaktualisasikannya dalam kegiatan dikampus. Harapannya bisa menularkan semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air kepada mahasiswanya. Dosen Jurusan Peternakan Program Studi Produksi Ternak ini juga berpesan kepada generasi milenial agar selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Tidak ketinggalan Nilai-nilai dasar PNS yang terdiri dari Akuntablitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi juga ia terapkan dalam menjalankan perannya sebagai dosen. Hal senada juga diungkapkan Mochamad Muzaki, Ketua Angkatan III yang juga Dosen Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang. Menurut Muzaki mata diklat Nasionalisme sangat membekali dirinya dalam menjalankan tugasnya sebagai dosen.


Dyah Laksito Rukmi peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan III 2019


Mochamad Muzaki ketua angkatan III Tahun 2019

TKP/AM