PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN V PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI TAHUN 2019

Serpong, 29 Mei 2019 – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti) secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V hari Rabu, 29 Mei 2019 di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti, Gedung 124 Kawasan Puspiptek, Serpong. Selain Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, kegiatan ini juga dihadiri oleh Pejabat Struktural serta Fungsional Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti.

Dalam laporannya, Lanjar selaku ketua penyelenggara menyampaikan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V ini diselenggarakan sejak tanggal  15 Maret 2019 s.d. 29 Mei 2019, selama 511 JP, dengan metode klasikal (on campus) selama 21 hari kerja dan non klasikal (off campus) selama 30 hari kerja. Kegiatan klasikal dilaksanakan di Pusdiklat Kemenristekdikti, Kawasan Puspiptek Serpong, sedangkan kegiatan non klasikal telah dilaksanakan di unit kerja masing-masing peserta Latsar. Peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan V ini berjumlah 38 orang, terdiri dari peserta pria sebanyak 23 orang dan wanita sebanyak 15 orang. Seluruh peserta berasal dari 14 unit kerja di Lingkungan Kemenristekdikti, yakni: Akademi Komunitas Negeri Pacitan 3 orang, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar 3 orang, Institut Pertanian Bogor 2 orang, Institut Seni Indonesia Surakarta 3 orang, Institut Seni Indonesia Yogyakarta 2 orang, Politeknik Negeri Balikpapan 2 orang, Politeknik Negeri Bandung 1 orang, Politeknik Negeri Banjarmasin 3 orang, Politeknik Negeri Jakarta 2 orang, Politeknik Negeri Sambas 3 orang, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda 2 orang, Universitas Maritim Raja Ali Haji 4 orang, Universitas Sumatera Utara 1 orang, dan Universitas Tanjungpura 7 orang.

Laporan Kepala Bidang Program dan Kerjasama Pusdiklat Kemenristekdikti

Berdasarkan hasil rapat evaluasi kelulusan yang telah dilaksanakan tanggal 28 Mei 2019, maka seluruh peserta dinyatakan lulus dimana 4 orang masuk kualifikasi Sangat Memuaskan dan 34 orang masuk kualifikasi Memuaskan. 4 orang yang mencapai kualifikasi Sangat Memuaskan adalah Achmad Fadillah (Institut Pertanian Bogor), Desri Gunawan (Universitas Maritim Raja Ali Haji), Lokita Rizky Megawati (Institut Pertanian Bogor), dan Rendya Adi Kurniawan (Institut Seni Indonesia Surakarta). Dari 4 orang tersebut, Pusdiklat kemudian menetapkan 3 (tiga) peserta terbaik dengan urutan, 1. Lokita Rizky Megawati (Institut Pertanian Bogor), 2. Achmad Fadillah (Institut Pertanian Bogor), dan 3. Rendya Adi Kurniawan (Institut Seni Indonesia Surakarta).

Feri Fadlin, peserta dari Politeknik Pertanian Negeri Samarinda mewakili seluruh peserta latsar menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan Latsar. Feri mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan karena telah dipertemukan dengan teman-teman dari seluruh penjuru negeri dengan latar belakang, kebiasaan yang berbeda namun menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan. Feri juga mengucapkan terima kasihnya kepada “aktor intelektual” dalam hal ini Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Tim Pengajar (Widyaiswara), Coach, Pendamping, Panitia, serta seluruh peserta Latsar Angkatan V atas seluruh kelancaran pelaksanaan latsar. “Jalan di depan kita masih membentang panjang, cobaan pun akan semakin merintang, pilihan ada dua, berhenti menyerah sekarang atau lanjutkan dan menang. Saya berpesan dan berharap teman-teman sekalian akan terus berjuang”, serunya.

Penyampaian kesan dan pesan oleh perwakilan peserta latsar Angkatan V

Selanjutnya, saat memberikan sambutannya, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S. Soenarso menyampaikan setelah kembali ke tempat kerjanya masing-masing peserta segera melapor kepada pimpinannya masing-masing bahwa sudah menyelesaikan pelatihan ini dan siap menjadi pemimpin perubahan atau agen perubahan (agent of change). Latsar sekarang dipersiapkan untuk membentuk PNS yang profesional. Jejaring yang terbentuk diantara saudara-saudara ini mohon dapat diteruskan karena nanti bisa menjadikan kita membentuk suatu konsorsium riset, kualitas risetnya tentunya akan menjadi lebih baik. “Saya yakin insya’alah nanti 65 Tahun saudara mampu mencapai purnabhakti mengabdi sebagai PNS atau Dosen di Tahun itu tentunya saudara-saudara sudah menjadi Profesor”, ungkapnya. Harus doa dan juga dibarengi dengan usaha. Dalam jangka waktu 1 tahun ke depan Pusdiklat akan melakukan Evaluasi Pasca Diklat, jangan sampai baru sepuluh tahun menjadi PNS satu persatu Nilai ANEKA-nya menjadi hilang. Sekali lagi sampaikan terima kasih saya kepada pimpinan saudara dan keluarga. Wisnu S. Soenarso juga menyampaikan dalam rangka menyambut Idul Fitri sekaligus mohon maaf lahir dan batin.

Sambutan Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti sekaligus menutup kegiatan Latsar CPNS Golongan III Angkatan V Tahun 2019 secara resmi

Usai memberikan sambutannya dan menutup kegiatan latsar secara resmi, Wisnu S. Soenarso didampingi oleh Kepala Bidang Program dan Kerjasama serta Perwakilan Widyaiswara kemudian melepas secara simbolis tanda peserta kepada 4 perwakilan peserta latsar dan diikuti oleh seluruh peserta latsar.

Momen penutupan Latsar kali tentunya menjadi spesial dan berkesan bagi seluruh peserta khususnya 3 peserta terbaik dari Angkatan V Tahun 2019. Lokita Rizky Megawati mengungkapkan rasa senang sekaligus sedihnya telah menyelesaikan kegiatan Latsar karena harus berpisah dengan teman-teman dari seluruh penjuru negeri. Kesan selama mengikuti pelatihan adalah sangat menyenangkan karena bukan sekedar formalitas untuk lulus tetapi juga dilalui dengan kegiatan-kegiatan yang gembira, dari Pusdiklatnya pun memberikan materi begitu meresap dan terinternalisasi pada diri saya dalam rangka mengemban tugas sebagai Dosen. Senada dengan Lokita, Achmad Fadillah juga mengungkapkan rasa senangnya karena selain sarana dan prasarana yang baik, panitia, dan juga difasilitasi dengan widyaiswara yang sangat membantu kami untuk memahami dasar-dasar PNS dan juga kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, juga membantu kami untuk menghabituasinya di Unit Kami”, pungkasnya. Disisi lain, Rendya Adi Kurniawan menyebutkan awalnya memang agak takut karena pemikirannya latsar menakutkan, tetapi setelah datang kesini itu jauh dari kesan menakutkan justru menyenangkan, seru, disetiap materi yang diberikan dari agenda yang pertama sampai terakhir itu kami tidak merasa penuh tekanan sampai pada akhirnya sampai tahap ini. “Kiat-kiat kita kedepan setelah menjadi PNS kita tetap akan mengamalkan nilai-nilai dasar PNS, berusaha dengan optimal menginternalisasikan di institusi masing-masing”, imbuhnya.

3 peserta terbaik Latsar CPNS Golongan III Angkatan V Tahun 2019, terbaik 1. Lokita Rizky Megawati (tengah), 2. Achmad Fadillah (kiri), dan 3. Rendya Adi Kurniawan (kanan)

Momen lain yang menarik perhatian seluruh Tamu Undangan dan Peserta Latsar adalah penampilan dari Siswati, peserta dari Institut Seni Indonesia Surakarta yang melantunkan Macapat Dhandhanggula dengan topik RISTEKDIKTI ANGKATAN LIMA. Liriknya dibuat olehnya sendiri dimana masing-masing suku kata memiliki penjabarannya sebagai ungkapan pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V Tahun 2019.

Penampilan Siswati, peserta dari Institut Seni Indonesia Surakarta

MAS