PENUTUPAN LATSAR GOLONGAN III ANGKATAN II TAHUN 2019

Tangerang Selatan, Sabtu 4 Mei 2019 – Akhirnya, seluruh rangkaian Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan II resmi ditutup oleh Wisnu S. Soenarso, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti), didampingi oleh Lanjar, Kepala Bidang Program dan Kerjasama Pusdiklat, para pejabat struktural, para pejabat widyaiswara Pusdiklat serta para tau undangan.. Latsar cpns ini dilaksanakan selama 51 hari atau setara dengan 511 JP, dalam peaksanaanny pelaksanaannya dibagi menjadi 3 tahap yakni, tahap pertama dilaksanakan selama 18 hari kerja dengan dengan metode klasikal (on campus 1), kemudian tahap kedua (off campus) dilaksanakan selama 30 hari bertempat di instansi masing-masing peserta dengan agenda habituasi/aktualisasi nilai-nilai dasar ASN dan Peran kedudukan ASN dalamNKRI, dan tahap ketiga (on campus 2) selama tiga hari kerja peserta kembali ke kampun untuk melaporkan hasil aktualisasi  dilapangan dengan metode seminar aktualiasasi dihadapan mentor, coach dan penguji.

Dalam laporannya, Lanjar sebagai ketua panitia mengumumkan sebanyak 40 orang peserta, terdiri dari peserta pria sebanyak 17 orang  dan peserta wanita sebanyak 23 orang. Seluruh peserta berasal dari 12 unit kerja di lingkungan Kemenristekdikti yaitu Institut Teknologi Sumatera 3 orang, Politeknik Negeri Batam 3 orang, Politeknik Negeri Cilacap 1 orang, Politeknik Negeri Jakarta 3 orang, Politeknik Negeri Lampung 2 orang, Universitas Gadjah Mada 2 orang, Universitas Indonesia 4 orang, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) 4 orang, Universitas Diponegoro 3 orang, Universitas Negeri Semarang 3 orang, Universitas Lampung 3 orang dan UPN Veteran Jakarta 9 orang. Seluruh peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan II dinyatakan lulus 100% berdasarkan evaluasi akademik, evaluasi aktualisasi, evaluasi sikap perilaku, serta evaluasi penguatan kompetensi teknis bidang tugas dan diberikan piagam kepada tiga peserta terbaik berturut-turut yaitu Pijar Suciati (Universitas Indonesia) dengan total nilai 91,87, Rismiyati (Universitas Diponegoro) dengan nilai 91,77 dan Junaedy Yunus (Universitas Gadjah Mada) dengan nilai 91,56. “Selamat kepada seua peserta, jadilah PNS professional di lingkungan unit kerja masing-masing. Kiranya semangat dan kreatifitas anda tetap tumbuh dan semakin berkembang dimasa mendatang” tambahnya lagi sebelum mengakhiri laporan penutupan Latsar CPNS Golongan III Angkatan II.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, silahkan terus meningkatkan kompetensi sebagai ASN yang profesional. dan mari kita membangun negara ini secara utuh dengan mengaplikasikan nilai-nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi)” kata Wisnu mengawali sambutannya, beliau juga  berpesan agar para alumni dapat memberikan masukan demi peningkatan Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti. Ditambahkannya lagi Wisnu menyambut jika para peserta ingin mengadakan temu Alumni Latsar Angkatan II, Pusdiklat akan senang hati menjadi tempat acara tersebut dan mengingatkan peserta bahwa masih ada 2 syarat yang harus dilalui peserta yaitu tes kesehatan dan pengangkatan sumpah PNS “Diharapkan secepatnya, kalian sudah mendapat gaji PNS 100%” kata Wisnu disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin.

Satu orang perwakilan peserta, Arga Buntara dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran  Jakarta saat didaulat menyampaikan pesan dan kesan selama di lingkungan kerja menyampaikan terimakasih kepada Pusdiklat, pada Widyaiswara yang telah membimbing jalannya aktualisasi dan rekan-rekan panitia, “Saya tidak akan melupakan moment Latsar ini, karena saya telah bertemu dengan teman-teman peserta yang luar biasa. Suasana latsar ini penuh dengan kehangatan kekeluargaan. Setelah selesainya  pelatihan ini, saya akan berusaha bekerja dan bertindak secara professional”.

                                                                                                          NS