PENGANGKATAN SUMPAH/JANJI PNS KEMENRISTEKDIKTI

Jumat, 10 Mei 2019 Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na’im mengangkat sumpah/jani Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi khususnya 15 orang PNS unit kerja Pusdiklat sebagai Calon Widyaiswara Ahli Pertama dan 47 orang PNS unit kerja Inspektorat Jenderal sebagai Auditor Ahli Pertama. Sebagai saksi dalam pengangkatan sumpah/janji PNS tersebut adalah Wisnu S. Soenarso, Kepala Pusdiklat dan  Yusrial Bachtiar, Sekretaris Inspektorat Jenderal. Para Pejabat struktural dan staf Kepegawaian terkait juga turut hadir dalam acara tersebut.

Sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 pasal 39,  bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil wajib mengangkat sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.  Pengucapan sumpah/janji ini di pandu langsung oleh Ainun Na’im kemudian diikuti seluruh peserta.

Proses Penyumpahan dalam agama Khatolik, Kristen, dan Hindu

Masing-masing PNS menandatangani Berita Acara  dan secara simbolis ditanda tangani oleh Ainun Na’im dan para Saksi.

Dalam Sambutanya, Ainun Na’im menyampaikan bahwa pengangkatan sumpah/janji PNS merupakan hal yang penting, karena menyangkut komitmen para Calon PNS yang menjadi PNS dan nantinya akan mengemban tanggung jawab yang besar. “Acara ini merupakan acara yang penting, karena menyangkut komitmen saudara-saudara nanti sebagai Pegawai Negeri Sipil yang punya tanggung jawab besar, dan menyangkut negara Indonesia khusunya  berkaitan dengan pendidikan, penguasaan ilmu pengetahuan, dan juga teknologi.

Ainun juga mengingatkan kembali bahwa sebagai PNS mempunyai amanah untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga Pancasila dan UUD 1945. “kita sebagai Pegawai Negeri Sipil mempunyai amanah untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, dan termasuk didalamnya meningkatkan kesejahteraan rakyat dan juga memprioritaskan kepentingan Publik”. Ungkap Sekjen

Selain memberikan pengarahan  dalam pengangkatan Sumpah/Janji PNS di Auditorium Gedung D lt. 2 Senayan, Ainun juga menyampaikan pesan dari Presiden saat memberikan arahan dalam acara “Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional” (Musrenbangnas) 2019, “Kita harus bekerja dengan cara baru yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih cepat. Ini karena tantangan yang kita hadapi semakin sulit dan semakin komplek dan itu berkaitan dengan perkembangan dan penggunaan ilmu pengetahuan , dan teknologi”. Ucapnya.

“Secara spesifik Presiden juga  menyampaikan pentingnya Reformasi Birokrasi,  melayani masyarakat dengan cara yang lebih sederhana, lebih cepat dan lebih nyaman bagi masyarakat. Jadi  jangan dilihat apa yang kita kerjakan selama ini  sudah yang terbaik, justru sebaliknya, harus kritis untuk mencermati, mengevaluasi dan memperbaiki cara kerja selama ini”.

Lebih lanjut Ainun menambahkan bahwa kementerian yang memiliki label Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentunya memiliki tanggung jawab terhadap pengembangan Ilmu Pengetahuan, dan  terus berinovasi mengikuti jaman. Selain itu juga turut serta memajukan  Pendidikan tinggi,  “kita ini adalah kementerian dengan label   ̴ilmu pengetahuan dan teknologi atau riset dan teknologi, kemudian juga ada Pendidikan tinggi  ̴  maka tentu kita memiliki tanggung jawab untuk memajukan ilmu pengetahuan, dan berinovasi ”, ucapnya.

Dan terkait pendidikan tinggi di Indonesia, ingin memastikan bahwa para mahasiswa memperoleh kompetensi, pengetahuan, dan kemampuan yang diperlukan masyarakat.  ”Kita harus memastikan bahwa yang kuliah itu memperoleh kompetensi, pengetahuan, kemampuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dapat berkontribusi menghasilkan suatu manfaat”. Ujar Ainun.

Di akhir sambutannya, Ainun berharap agar para PNS dapat mengemban amanah yang sudah di janjikan dengan baik. “ Mudah mudahan dibulan suci Ramadhan ini kita berdoa agar supaya kita semua bisa memegang amanah dengan baik. Dan juga apa yang sudah disumpahkan, ditandatangi dapat dilaksanakan dengan baik”. Pungkasnya.

GALERI FOTO :

IL