LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN I, II, DAN III DI PUSDIKLAT PEGAWAI KEMENDIKBUD RESMI DITUTUP

Sabtu, 11 Mei 2019 Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah resmi menutup Pelatihan Dasar CPNS Dosen golongan III angkatan I, II, dan III di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sawangan, Depok.  Acara ini dihadiri oleh Garti Sri Urami selaku Kapusdiklat Pegawai Kemendikbud, Wisnu S. Soenarso selaku Kapusdiklat Kemenristekdikti, Tamu undangan dari Universitas/ Politeknik terkait, serta para Widyaiswara Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.

Kepala Diklat Prajabatan dan Struktural memberikan laporan terkait pelaksanaan pelatihan

Pada Penutupan Pelatihan Dasar CPNS ini diawali dengan laporan Kepala Diklat Prajabatan dan Struktural, Kokom Komala. Dalam laporannya beliau menyampaikan kualifikasi kelulusan sebagai berikut :

Kualifikasi kelulusan sangat memuaskan sebanyak  3 orang, kategori Memuaskan sebanyak 116 orang, dan 1 orang cukup memuaskan. 3 orang kategori sangat memuaskan/terbaik yaitu DrH. Alvarisa Nururrozi dari Universitas Gadjah Mada, kemudian Rani Tiyas Budiyanti dari Universitas Diponegoro, dan terakhir ada Siti Ridloah dari Universitas Negeri Semarang.

Lebih lanjut Kokom Komala menyampaikan bahwa dari semua peserta ke-tiga angkatan (120 orang) dinyatakan lulus. “Dengan demikian dari 120 peserta ini, Alhamdulillah semuanya dinyatakan lulus”. Pungkasnya.

Kemudian Kapusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso dalam pengarahannya memberikan pesan kepada para peserta agar bisa menjadi dosen MILENIAL yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. “sekarang zamannya berbeda dan sekarang tuntutannya berbeda, menjadi dosen milenial harus bisa lebih aktif”. Ucapnya.

Kapusdiklat juga menyampaikan pesan dari Menteri Ristekdikti saat memberikan pengarahan kepada CPNS 2018 di lingkungan Kemenristekdikti agar Sebagai ASN harus mampu bekerja sepenuh hati untuk negara dan bangsa. “Pesan pak Menteri di berbagai kesempatan khususnya saat pak menteri mengumpulkan CPNS Baru 2018 bahwa saudara diminta untuk bekerja ibaratnya habis-habisan, mati-matian demi negara dan bangsa. Karena dosen itu adalah unsur penting dalam pengembangan generasi muda dan juga nanti akan meneruskan Republik ini”. Ucapnya.

Selain itu Menristekdikti melalui Kapusdiklat juga menyampaikan pentingnya Konsorsium riset, perlu dibangun jejaring riset. “Konsorsium riset itu penting, kita harus membangun Riset”. Ucapnya

Seteleh acara penutupan selesai Alfarisa Nururrozi yang merupakan salah satu penerima kelulusan terbaik memberikan tips-tips untuk para CPNS yang kedepannya akan mengikuti Pelatihan Dasar, yaitu dengan prinsip 3M. “Bagi saya tipsnya hanya sederhana, tipsnya adalah saya menganut prinsip 3M”.

“M Yang pertama ketika kita sudah mendapatkan materi berkaitan dengan ASN yang ideal, Aneka dsb, maka kita Mulai dari hal yang kecil Mengimplementasikan nilai  tersebut dalam keseharian kita”.

“M Yang Kedua  adalah Mulai dari diri sendiri, kita tidak bisa mengharapkan lingkungan disekitar kita berubah ketika kita sendiri tidak mengubah diri kita sendiri”.

“M yang ketiga adalah Memulai  dari saat ini juga. Jadi itu saya pelajari dari Abdullah Gymnastiar”. Pungkasnya

Dan tips diatas merupakan poin yang dipakai oleh seorang Dosen di Fakultas kedokteran Hewan UGM sehingga bisa memperoleh hasil yang sangat memuaskan.

GALERI FOTO :

IL