PENUTUPAN PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN I TAHUN 2019

Serpong, 26 April 2019 – Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2019 resmi ditutup. Kegiatan yang diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari 11 Perguruan Tinggi Negeri tersebut telah berlangsung mulai 11 Februari sampai dengan 26 April 2019.

Sebelum kegiatan penutupan dimulai, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S Soenarso memberikan paparan kepada peserta mengenai Review dan Tindak Lanjut Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS. Dalam paparannya Wisnu menyampaikan bahwa ASN harus membangun kompetensi dengan menunjukan sikap bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI, dan menjunjukan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas.

 Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S Soenarso memberikan paparan kepada peserta Latsar mengenai Review dan Tindak Lanjut Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS

Kegiatan Penutupan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I diawali oleh laporan Kepala Bidang Penyelenggaraan, Ruben Silitonga. Dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa semua peserta dinyatakan lulus dengan kualifikasi kelulusan 14 peserta sangat memuaskan dan 26 peserta memuaskan. Berdasarkan hasil evaluasi ditetapkan juga 3 peserta terbaik yaitu Hilman Fauzia Khoeruman dari Universitas Padjadjaran sebagai peserta terbaik pertama, Grandprix Thomryes Marth Kadja dari Institut Teknologi Bandung sebagai peserta terbaik kedua, dan Reny Yulianti dari Universitas Indonesia sebagai peserta terbaik ketiga.

 Kepala Bidang Penyelenggaraan, Ruben Silitonga menyampaikan laporan pelaksanaan Pelatihan Dasar

 Widyaiswara Pusdiklat Agus Sediadi, Kepala Pusdiklat Wisnu S Soenarso, dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Ruben Silitonga bersama dengan 3 peserta terbaik Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2019 setelah penerimaan Piagam Pengharaan

Selain 3 peserta terbaik, Ruben juga mengumumkan 14 besar peserta dengan nilai sangat memuaskan. Mereka adalah Adhan Efendi dari Politeknik Negeri Subang, Betha Nurina Sari dari Universitas Singaperbangsa Karawang, Sunarso dari Universitas Indonesia, Irna Dwi Destiana dari Politeknik Negeri Subang, Raden Bayu Indradi dari Universitas Padjajaran, Aditya Candra Lesmana dari Universitas Padjadjaran, Noormarina Indraswari dari Universitas Padjadjaran, Yuanita Handayati dari Institut Teknologi Bandung, Mustabsyirotul Umma Mustofa dari Universitas Padjajaran, Naila Zahra dari Institut Teknologi Bandung, dan Inge Uli Wiswanti dari Universitas Indonesia.

 Beberapa peserta saat pengumuman 14 besar peserta dengan nilai sangat memuaskan

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S Soenarso kemudian memberikan sambutan yang sekaligus menutup secara resmi kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2019. “Selamat atas kelulusan seluruh peserta. Ini merupakan sebuah prestasi bagi Pusdiklat karena peserta yang lulus dengan nilai diatas 90,1 sebanyak 14 peserta”. Wisnu juga mengatakan bahwa pelatihan ini tidak berakhir sampai disini, seterusnya setelah ditempat kerja pun untuk peningkatan kompetensi tidak ada akhirnya. “Saat kembali ketempat kerja masing-masing, katakan pada pimpinan bahwa kalian sebagai pemimpin perubahan siap melakukan perubahan” ujarnya.

 Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti Wisnu S Soenarso secara resmi kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Tahun 2019

Sebelum berakhirnya acara, Apri Wiyono dari Universitas Pendidikan Indonesia sebagai salah satu perwakilan dari peserta menyampaikan kesannya mengikuti Pelatihan Dasar CPNS ini. “Bersyukur sekali kami mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Pelatihan Dasar CPNS disini“ ujarnya. Apri juga mengatakan bahwa setelah mengikuti Pelatihan Dasar ini para peserta harus melakukan perubahan, dan harus menjalankan WOG (Whole of Government) dimana dari 11 instansi yang ada di Angkatan I ini bangun membangun untuk dapat menguatkan Kemenristekdikti.

 Apri Wiyono dari Universitas Pendidikan Indonesia perwakilan dari peserta menyampaikan kesannya mengikuti Pelatihan Dasar CPNS

 Pelepasan tanda peserta oleh Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti

 Penampilan yel-yel peserta

Acara penutupan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I ini diakhiri dengan pelepasan tanda peserta oleh Kepala Pusdiklat, yang dilanjutkan dengan penampilan yel-yel peserta dan ucapan selamat dari Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat, para Widyaiswara, dan para Pejabat Fungsional dan Pejabat Struktural yang hadir.

 

GALERI : 

 

NC