PENUTUPAN PELATIHAN DAN UJIAN SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH ANGKATAN II TAHUN 2019 DI SERPONG

Serpong,  27 April 2019, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristekdikti menutup kegiatan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Angkatan II Tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung mulai 23 April 2019 dan bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini resmi ditutup oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Wisnu S Soenarso.

Dalam sambutannya, Wisnu berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini penyerapan dalam belanja barang dan belanja modal pada unit kerja masing-masing dapat berjalan dengan lebih cepat. Wisnu juga menyampaikan bahwa kedepannya diharapkan Pusdiklat Kemenristekdikti dapat melaksanakan Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini secara mandiri.

 Wisnu S Soenarso didampingi M Kahar Akbar salah satu Narasumber dalam dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Kegiatan pelatihan yang diawali dengan Pretest dan Learning Objective ini selain pelatihan memberikan materi-materi dasar seperti tujuan, kebijakan, prinsip, dan etika pengadaan barang/jasa juga memberikan materi-materi tentang pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik, pelaksanaan pengadaan barang/jasa melalui swakelola dan pelaksanaan pengadaan barang/jasa melalui penyedia. Peserta juga diberikan tes materi disetiap akhir kegiatan untuk mereview materi-materi yang telah diberikan. Di hari terakhir peserta juga diberikan soal Try Out dan Post Test yang harus dikerjakan.

 Peserta mengikuti Ujian Sertifikasi

Pelatihan diakhiri dengan Ujian Sertifikasi yang dilaksanakan di ruang Laboratorium Komputer Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti. Peserta yang lulus dalam ujian sebanyak 11 orang peserta dari 28 orang peserta. Peserta yang lulus dalam Ujian Sertifikasi akan mendapatkan Sertifikat dari LKPP, sedangkan peserta yang belum lulus dalam ujian hanya akan mendapat Sertifikat telah mengikuti pelatihan dari Pusdiklat Kemenristekdikti. Dengan adanya Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ini diharapkan dapat menjadikan peserta pelatihan lebih berkomitmen sebagai Pejabat Pengadaan yang berintegritas.

 

NC