PENUTUPAN LATSAR ANGKATAN I DAN II DI BPSDM PROVINSI BALI DILAKSANAKAN SEGERA SETELAH SEMINAR AKTUALISASI

Denpasar, 13 April 2019- Akhirnya 80 orang peserta menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pada Pelatihan Dasar Calon PNS (Latsar CPNS) golongan III yakni Angkatan I dan II  di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali yang telah berlangusung selama 51 hari sejak tanggl 8 Februari 2019. Setelah melalui proses aktualisasi di instansi masing masing pada saat off campus, kali ini dilaksanakan seminar aktualisasi dihadapan mentor dan penguji dalam  ruangan tertutup dan dibagi menjadi 4 kelompok yang sebelumnya sempat direncanakan akan dilakukan secara panel. Seminar aktualisasi selesai sekitar pukul 15.30 WITA dan segera dilaksanakan evaluasi kelulusan peserta yang semuanya berasal dari pegawai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang berasal dari 13 perguruan tinggi yaitu ISI Denpasar 3 orang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 3 orang, Politeknik Negeri Banyuwangi 7 orang, Universitas Negeri Malang 6 orang, Universitas Nusa Cendana 12 orang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 6 orang, Universitas Pendidikan Ganesha 10 orang, Universitas Timor 15 orang, Universitas Udayana 11 orang, Politeknik Negeri Bali 3 orang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya 2 orang, Universitas Mataram 1 orang, dan Institut Teknologi Sepuluh November 1 orang.

Disela-sela pelaksanaan seminar, seorang peserta dari Universitas Udayana, Ni Luh Putu Shinta Devi yang datang bersama mentornya, menyatakan kepuasannya selama Latsar, meskipun tempat tinggalnya tidak jauh dari BPSDM tetapi dia harus tetap tinggal di asrama, disampaikan juga bahwa sempat ada kendala air tidak mengalir tetapi dapat teratasi berkat panitia yang memberikan respon sangat cepat dengan solusi menampung air di malam hari. Aktualisasi Kegiatan yang dilakukan adalah tentang manajemen stress akademik mahasiswa sebagai upaya optimalisasi proses pembelajaran pada mahasiswa, “Materi-materi yang disampaikan widyaiswara selama Latsar, memberikan semangat buat saya untuk terus mengembangkan diri terutama karena saya masih dosen baru” tambahnya lagi.

Peserta Latsar bersama mentor dari Universitas Udayana

Acara penutupan Latsar CPNS angkatan I dan II dilaksanakan pada pukul 17.45 WITA di  ruang aula Gedung Melati, lantai III Kampus I BPSDM Provinsi Bali di Denpasar. Acara ditutup langsung oleh Ida Bagus Sedhawa, Kepala BPSDM Provinsi Bali yang didampingi oleh pejabat struktural dan beberapa orang widyaiswara, turut hadir pula yang mewakili Rektor Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, ISI Denpasar dan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat)  Kemenristekdikti dihadiri oleh Wisnu S. Soenarso, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti  didampingi oleh Penina RMG, Kepala Sub Bidang Penyelenggara Diklat Administrasi.

   Peserta saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

Ketua penyelenggara Latsar Angkatan I dan II, Hidayat Mursid, Kepala Sub Bidang Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan dan Prajabatan melaporkan pelaksanaan kegiatan Latsar CPNS angkatan I dan II yang semuanya berjalan dengan lancar termasuk dalam hal kedisiplinan peserta sehingga peserta lulus 100% dan berhak menerima Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP). Pada angkatan I ada 16 orang peserta yang memperoleh nilai sangat memuaskan dan 11 orang angkatan II.  Selanjutnya, koordinator widyaiswara BPSDM Provinsi Bali mengumumkan nama dan nilai 3 peserta terbaik angkatan I yaitu Asifaroki dari UPN Veteran Jawa Timur dengan total nilai 92.07, Faisal Aprianto dari Univ. Timor dengan total nilai 91.47 dan yang ketiga adalah Rudi Irwansyah dari Univ. Pendidikan Ganesha dengan total nilai 91.3 dan 3 orang peserta terbaik angkatan II secara berurut yaitu Luh Gede Rahayu Budiatna dari Universitas Pendidikan Ganesha dengan total nilai 92.84, Deni Setiawan dari Universitas Negeri Malang dengan total nilai 92.47 dan Tri Angraeni dari Universitas Timor dengan total nilai 91.98.

Peserta terbaik dari angaktan I dan II

Mengawali sambutannya Wisnu S. Soenarso, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti meminta peserta menunjukkan yel-yel yang merupakan bagian yang akan dikenang selama latsar. Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang siap-siap melepas ‘C’ dan menjadi PNS “Saudara-saudara adalah pemimpin perubahan dan harus punya pembeda dengan yang lain” imbuhnya lagi.

Kepala Pusdiklat saat memberikan sambutan

Kepala BPSDM Provinsi Bali memberikan sambutannya sebelum secara resmi menutup Latsar Angkatan I dan Angkatan II “Posisi Saudara sebagai orang yang mentransfer knowledge harus terus mengembangkan pengetahuan dengan cara kekinian dan hal yang harus dipelihara adalah pengembangan sikap mental atitude melalui nilai nilai dasar ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti korupsi)”. Disampaikan juga bahwa selain diklat teknis, tahun ini masih ada 63 angkatan Latsar, dan Diklat Kepemimpinan Tingkat II, III dan IV. Pada wawancara terpisah, Ida Bagus Sedhawa juga menyampaikan bahwa CPNS dari Kemenristekdikti sangat disiplin, memiliki kemampuan lebih baik, pendidikan S2 dan dosen dengan kemampuan daya tangkap yang sangat baik sehingga selama Latsar, widyaiswara dengan mudah dapat menyampaikan materi. Beliau juga menyampaikan semangatnya untuk terus mengembangkan BPSDM Provinsi Bali, saat ini 5 orang widyaiswara sudah S3 dan rencanannya 10 orang widyaiswara akan didukung terus untuk mengikuti doctoral program bagi pengembangan kualitas SDM.

Pada akhir acara, peserta juga menyampaikan kado sebagai kenang kenangan dari masing-masing angkatan dan terlihat sangat jelas wajah-wajah kegembiraan semua peserta dalam sesi foto yang diiringi dengan nyanyian yel-yel dan semua peserta saling bersalaman.

Pada akhir acara, peserta juga menyampaikan kado sebagai kenang kenangan dari masing-masing angkatan dan terlihat sangat jelas wajah-wajah kegembiraan semua peserta dalam sesi foto yang diiringi dengan nyanyian yel-yel dan semua peserta saling bersalaman.

  

Foto Penyerahan kado kenang-kenangan dari masing-masing angkatan

RM