MENRISTEKDIKTI MENGUNDANG 5000 STARTUP GUNA MENDORONG INDUSTRI KREATIF

Rabu, 10 April 2019 – Sebanyak 5.000 startup berkumpul di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan, Tinggi dengan nama Indonesia Startup Summit 2019. Mereka berkumpul selain memperkenalkan karyanya kepada publik namun juga untuk membuka jejaring dengan industri dan investor.

Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Ristekdikti Mohamad Nasir  dan segenap Jajaran Pejabat Tinggi termasuk Kepala Pusat Pendidikan, dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenristekdikti. Dalam menuju tempat acara Muhamad Nasir tampak mengendarai motor listrik Gesits yang merupakan salah satu Startup binaan dan bakal menjadi motor listrik Nasional.

Menristek menjajal Gesits di Jakarta

Startup yang dibina Kemenristekdikti, disamping bidang teknologi informasi dan komunikasi, ada 7 bidang fokus lainnya yaitu pangan, kesehatan dan obat-obatan, pertahanan keamanan, energi, transportasi, material maju, dan bahan baku.

Pada 2015 terdapat 52 startup, meningkat menjadi 203 startup pada 2016, dan mencapai 661 startup pada 2017. Selanjutnya pada 2018, jumlahnya menjadi 956 startup. “Pada 2019, Indonesia mampu menghasilkan 1.307 startup.

Pemerintah mendorong kemajuan startup melalui event  di indonesia ini merupakan upaya untuk memaksimalkan bonus demografi yang diprediksi Badan Pusat Statitik (BPS) mencapai puncaknya sekitar tahun 2030. Sehingga  akan makin mendorong peluang lahirnya startup terbaik tahun-tahun kedepan.

Selain menampilkan stan-stan para  startup, juga ada seminar presentasi yang disampaikan oleh para Startup muda yang sudah terlebih dulu sukses di indonesia. Presentasi ini dimaksudkan agar dapat menjadi motivasi bagi generasi muda yang akan memulai membangun startup.

 

IL