INDONESIA SCIENCE DAY 2019

Jakarta, 25 April 2019 – Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) kembali menggelar acara Indonesia Science Day (ISD). Acara yang berlangsung di Gedung PP-IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta tersebut akan berlangsung dari tanggal 25-28 April 2019. Pada ISD 2019 kali ini tema yang diangkat adalah “Mendorong Terciptanya Sumber Daya Iptek di era Industri 4.0”.

ISD 2019 merupakan ajang berbagai kegiatan sains yang didesain dengan konsep yang menginspirasi, mendidik, dan menghibur masyarakat khususnya generasi muda, generasi milenial dalam memajukan sains dan teknologi. Seperti yang disampaikan oleh Direktur PP-IPTEK Syahrial Annas, “ISD 2019 diselenggarakan untuk mendorong kemajuan sains dan teknologi yang begitu cepat di era globalisasi yang memacu dan menguji kita untuk senantiasa meningkatkan kualitas iptek bangsa. PP-Iptek lembaga yang berperan sebagai wahana pemberdayaan iptek, sains yang ter-record berfungsi sebagai media untuk mempersatukan para pakar atau ahli di bidang iptek terutama generasi-generasi penerus bangsa”.

 Direktur PP-IPTEK, Syahrial Annas memberikan laporan kegiatan ISD 2019

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi, Soetanto Soehodho yang hadir mewakili Gubernur DKI Jakarta juga menyampaikan sambutannya. Beliau mengatakan bahwa pada ISD 2019 ini kita akan menyaksikan karya citra, inovasi, teknologi karya anak bangsa yang dikemas dalam konsep edutainment,  menghibur dan diharapkan memberikan inspirasi kepada generasi milenial untuk ikut memajukan sains dan teknologi.

 Soetanto Soehodho Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi mewakili Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan

Acara ISD 2019 resmi dibuka ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Direktur Jenderal Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe , mewakili Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Jumain Appe juga sekaligus meresmikan dua wahana baru yaitu Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World. Wahana Inovasi menampilkan NDHI c yang merupakan hasil teknologi dari 6 BUMN yaitu PT. Dirgantara Indonesia, PT. Pindad, PT. Dahana, PT. Inti, PT. Len Industri, dan PT. Inuki. Selain itu Wahana Inovasi juga menampilkan teknologi bidang kesehatan dari Lembaga Biologi Molekuler EIJKMAN. Wahana lainnya yaitu Digital World menampilkan hal-hal yang berhubungan dengan dunia digital.

 Foto bersama setelah penandatangan Berita Acara Serah Terima Kerjasama dengan PT. Dirgantara Indonesia, PT. Pindad, PT. Dahana, PT. Inti, PT. Len Industri, dan PT. Inuki  PT. Dirgantara Indonesia, PT. Pindad, PT. Dahana, PT. Inti, PT. Len Industri, dan PT. Inuki

Dalam sambutannya, Jumain Appe mengatakan tema yang diangkat pada ISD 2019 kali ini sangat menarik karena generasi muda serta masyarakat umum memberi harapan kita semua bahwa iptek dan inovasi ini yang akan semakin menggugah masyarakat untuk semakin kreatif dan inovatif.

 Sambutan Direktur Jenderal Inovasi, Jumain Appe sekaligus membuka resmi Indonesia Science Day 2019 ditandai dengan penekanan tombol sirene

Rangkaian kegiatan ISD 2019 ini juga akan menampilkan berbagai kegiatan pameran karya inovasi dan pendidikan yang melibatkan sejumlah Kementerian, Lembaga, Universitas, dan Sekolah yang dapat disaksikan dan diperaktekkan secara langsung oleh pengunjung selama kegiatan ISD berlangsung. Pengunjung yang datang juga dapat mengikuti berbagai lomba, art festival, workshop sains, dan talkshow interaktif yang menarik dan tentu menambah pengetahuan iptek kita.

GALERI :

NC