TIM BELA NEGARA MEMBERIKAN PEMAHAMAN PENTINGNYA CINTA TANAH AIR DI HADAPAN MAHASISWA PENERIMA BEASISWA 2+1 TAIWAN ACADEMIA COLLABORATION

Selasa, 26 Maret 2019  bertempat di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, sejumlah 89 mahasiswa Politeknik yang berasal dari berbagai penjuru tanah air menerima pemahaman mengenai “Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Bela Negara” yang disampaikan Siti Aminah dan Agus Sediadi T. dari Tim Bela Negara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti. Hal ini penting sebagai fondasi mengingat mereka akan diberangkatkan ke Taiwan untuk mengenyam pendidikan selama 3 tahun mendatang. Pemberian pemahaman ini ditujukan agar para mahasiswa selalu mengingat  dan mengenal bangsa sendiri,  mulai dari budaya, perilaku sopan santun, beragama,  dan peduli dengan sesama.

Pembekalan tersebut diawali dengan mengajarkan Yel Yel Bela Negara, dimana dalam yel-yel tersebut mengandung makna “Satu Kesatuan Utuh : Bhineka Tunggal Ika dengan tetap berlandaskan pada Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Nilai-nilai Budaya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (SIIAP : Sinergi, Integritas, Inovatif, Akuntabel, Profesional)”. Dengan Yel-yel yang mengumandang dan membahana dalam jiwa para mahasiswa dimanapun mereka berada, mereka akan tetap mengingat dan menempatkan diri dengan baik sebagai bangsa Indonesia yang berbudaya luhur, ucap Siti Aminah.

 pemberian materi yel-yel dari tim Bela Negara Pusdiklat Kemenristekdikti

Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa harus selalu menanamkan jiwa Pancasila dan bisa menjaga nama baik Indonesia. Senada  dengan yang diucapkan Agus Seddiadi,  “ketika kalian sudah disana(Taiwan), kalian harus selalu menanamkan jiwa Pancasila, bersungguh sungguh dalam mencari ilmu karena kalian membawa nama baik indonesia dan merupakan generasi masa depan bangsa”. Ucap Agus.

 Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Pembekalan dan Pemberangkatan mahasiswa penerima beasiswa 2+I Taiwan Academia Collaboration yang diselenggarakan oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi(Iptekdikti).  Acara tersebut dihadiri oleh Paristiyanti Nurwardani selaku Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Patdono Suwignjo selaku Plt. Direktur  Jenderal  Kelembagaan Iptekdikti, para Direktur Politeknik terkait dan Grace Ou selaku Perwakilan Pemerintahan Republic Of China (Taiwan) di Indonesia.

Dirjen Belmawa dan Duta Perwakilan pemerintahan Republic of China (Taiwan) memberikan sambutan kepada para mahasiswa penerima beasiswa

 

Beasiswa ini merupakan program kerja sama pemerintah Taiwan dengan Indonesia dan mahasiswa  yang terdaftar akan kuliah di beberapa Universitas yang tersebar Taiwan, antara lain Cheng Shiu University, Chien Shien University of Science and Technology, Hsing Wu University, dan Mingshin University.

Beasiswa yang diterima mahasiswa selain akomodasi penginapan, namun juga diberikan sejumlah nominal uang.

IL