PESERTA LATSAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN II MENGIKUTI SEMINAR RANCANGAN AKTUALISASI


Ayu Rosyida Zain dari Politeknik Negeri Jakarta Bersama Pembimbing, Penguji dan Mentor.

      Tangerang Selatan, Senin 11 Maret 2019 – Seluruh peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan II Tahun 2019 mengikuti kegiatan Seminar Rancangan Aktualisasi di Kampus Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti), Tangerang Selatan. Kegiatan yang diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari Institut Teknologi Sumatera (3 orang), Politeknik Negeri Batam (3 orang), Politeknik Negeri Cilacap (1 orang), Politeknik Negeri Jakarta (3 orang), Politeknik Negeri Lampung (2 orang), Universitas Gadjah Mada (2 orang), Universitas Indonesia (4 orang), Universitas Maritim Raja Ali Haji (4 orang), Universitas Diponegoro (3 orang), Universitas Negeri Semarang (3 orang), Universitas Negeri Lampung (3 orang), dan UPN Veteran Jakarta (9 orang).


Arief Wahyudi Jadmiko dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Menyajikan Rancangan Aktualisasi

      Dalam kegiatan ini, peserta dibagi menjadi 4 kelompok besar berdasarkan coach yang telah ditentukan sebelumnya. Keempat coach yakni Asih Setiawati, Bambang Sutedja, Agus Setiadi Tamtanus dan Malikuz Zahar merupakan Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti. Sementara keempat penguji yaitu Wisnu S. Soenarso, Hendra Permana S., Ruben Silitonga, dan Totok Suhartanto merupakan pejabat struktural di Pusdiklat dan Kemenristekdikti. Sedangkan mentor merupakan atasan masing-masing peserta Latsar di satuan kerjanya. Kegiatan ini berlangsung secara tertutup dimana masing-masing peserta mempresentasikan rancangan aktualisasinya selama ±45 menit dihadapan pembimbing (coach), mentor, dan penguji. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian tanggapan maupun masukan/saran dari penguji, penguatan dan dukungan dari mentor serta tanya jawab/diskusi terkait dengan Rancangan Aktualisasi yang telah dibuat oleh para peserta.


Rinal Khaidar Ali dari Universitas Diponegoro Menyajikan Rancangan Aktualisasi

      Seminar Rancangan Aktualisasi merupakan kegiatan pematangan rancangan aktualisasi nilai-nilai dasar PNS yang terdiri dari nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi (ANEKA) melalui metode seminar untuk memberikan masukan dalam rangka perbaikan/penyempurnaan sebelum diaktualisasikan selama minimal 30 hari kerja di satuan kerjanya. Dalam kegiatan tersebut pembahasan yang dilakukan antara lain meliputi penggalian potensi pemahaman peserta terhadap kualitas penetapan isu dan pelaksanaan kegiatan, pemahaman peran dan kedudukan PNS dalam NKRI serta nilai-nilai dasar PNS (ANEKA), dan juga komitmen peserta untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS tersebut pada setiap pelaksanaan kegiatan. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu membentuk karakter diri melalui proses internalisasi dan dipersonifikasi (pengumpamaan) melalui pelaksanaan kegiatan aktualisasi. Selain itu, gagasan dan ide kreatif peserta diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap visi, misi, tujuan serta penguatan nilai-nilai organisasi.

(NM/HS/LJ)