PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN III ANGKATAN V PUSDIKLAT KEMENRISTEKDIKTI

Tangerang Selatan, 15 Maret 2019. Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan V mulai diselenggarakan di Kampus Pusdiklat Kemenristekdikti. Hadir dalam kegiatan pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan V yaitu Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, Kepala Bidang Program dan Kerjasama, Kepala Bidang Penyelenggaraan, Widyaiswara, dan Pejabat Struktural lainnya di Lingkungan Pusdiklat Kemenristekdikti, serta beberapa tamu dari Luar Pusdiklat Kemenristekdikti yaitu Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan beserta Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian Universitas Tanjung Pura, Kepala Biro Umum dan Keuangan Institut Seni Indonesia Surakarta, Direktur Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, dan Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Politeknik Negeri Jakarta.

Kegiatan Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan V diawali dengan laporan Ketua Penyelenggara kegiatan, Lanjar yang merupakan Kepala Bidang Program dan Kerjasama Pusdiklat Kemenristekdikti. Dalam laporannya, Lanjar menyapaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan kegiatan adalah Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN, dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara No. 12 Tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar CPNS. Tujuan pelatihan dasar CPNS ini adalah untuk membentuk PNS yang profesional yang memiliki karakter sebagai PNS yakni sebagai pelayan masyarakat, pelaksana kebijakan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa. Karakter yang dibentuk adalah melalui penanaman perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, dan penguatan kompetensi bidang tugas.

Pelatihan dasar CPNS Golongan III Angkatan V dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 29 Mei 2019. Untuk jumlah Jam Pelajaran (JP) diklat ini adalah 511 JP yang terdiri dari pembelajaran klasiklal yaitu 21 Hari Kerja (on campuss) dan pembelajaran non klasikal 30 Hari Kerja (off campuss). Jumlah peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan V berjumlah 38 orang peserta, terdiri dari 23 orang peserta laki-laki, dan 15 orang peserta wanita. Peserta berasal dari 14 unit kerja di lingkungan Kemenristekdikti, dengan komposisi Akademi Komunitas Negeri Pacitan (3 orang), Akademi Komunitas Negeri  Putra Sang Fajar Blitar (3 orang), Politeknik Negeri Banjarmasin (3 orang), Politeknik Negeri Sambas (3 orang), Universitas Tanjungpura (7 orang), Politeknik Negeri Bandung (1 orang), Institut Seni Indonesia Surakarta (3 orang), Universitas Sumatera Utara (1 orang), Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (2 orang), Institut Pertanian Bogor (2 orang), Politeknik Negeri Balikpapan (2 orang), Universitas Maritim Raja Ali Haji (4 orang), Institut Seni Indonesia Yogyakarta (2 orang), dan Politeknik Negeri Jakarta (2 orang).

Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso membuka secara resmi acara Pelatihan dasar CPNS Golongan III Angkatan V sekaligus memberikan arahan kepada para peserta. Dalam arahannya, Wisnu S. Soenarso menyampaikan bahwa peserta disarankan agar lulus dengan skor 90,01 – 100 atau kategori sangat memuaskan. Hal ini dikarenakan peserta yang seluruhnya adalah dosen merupakan orang yang bertanggung jawab membentuk generasi penerus bangsa, sehingga harus memiliki kemampuan yang baik. Karakter peserta akan dibentuk dalam Latsar CPNS melalui kegiatan Bela Negara dan mata diklat lain yang mendukung. Diharapkan setelah latsar CPNS, akan terbentuk karakter peserta sebagai PNS serta dapat menyesuaikan dengan tuntutan Pemerintah terkait Revolusi Industri 4.0.

Hal lain yang penting disampaikan oleh Wisnu S. Soenarso adalah terkait kesehatan. Diharapkan selama mengikuti Latsar CPNS Angkatan V, peserta dapat menjaga kesehatan dengan baik agar dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar. Melalui pendampingan yang dilakukan oleh Instruktur dari TNI Angkatan Darat, diharapkan peserta dapat lebih meningkatkan kedisiplinan dan kesehatan jasmani maupun rohaninya.

Setelah memberikan arahan, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti melakukan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan peserta latsar CPNS Golongan III Angkatan V sebagai tanda bahwa peserta telah resmi mengikuti kegiatan Latsar CPNS. Kegiatan ditutup dengan pemberian selamat kepada seluruh peserta latsar CPNS Golongan III Angkatan V ditemani oleh Pejabat Struktural, Widyaiswara Pusdiklat Kemenristekdikti, serta para tamu yang hadir.

Salah satu peserta Latsar CPNS Angkatan V, Elisa Novriani dari Politeknik Negeri Sambas memberikan kesan dan pesannya setelah mengikuti acara pembukaan ini. Menurutnya secara keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan merasa sangat senang bisa menjadi bagian dalam acara pembukaan Latsar CPNS Angkatan V. Untuk kedepannya Elisa Noviani berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Latsar dengan baik dan mendapatkan hasil akhir yang memuaskan.

 

IW/NMK