PEMBUKAAN PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL GOLONGAN III ANGKATAN IV TAHUN 2019 DI PUSDIKLAT PEGAWAI KEMENDIKBUD

Depok, 4 Maret 2019. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan IV tahun 2019. Bersamaan dengan itu juga bergabung peserta pelatihan dasar CPNS angkatan V dan VI yang berasal dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang juga diikutkan dalam pelatihan dasar CPNS di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud  Sawangan, Depok mulai tanggal 4 Maret s.d 15 Mei 2019. Kegiatan diawali dengan do’a, menyanyikan lagu Indonesia Raya Tiga Stanza, sambutan Kapusdiklat Pegawai Kemendibud, laporan panitia oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, sambutan  Sekretaris Utama Badan Tenaga Nuklir Nasional sekaligus membuka pelatihan dasar CPNS Golongan III, penyematan tanda peserta, dan diakhiri dengan foto bersama.

Pembukaan Pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan IV, V, dan VI yang dilaksanakan  di Aula 1 Gedung Pancasila Pusdiklat Pegawai Kemendikbud dihadiri oleh Dra. Garti Sri Urami, M.Ed selaku Kapusdiklat Pegawai Kemendikbud, Ir. Wisnu S. Soenarso, M.Eng selaku Kapusdiklat Kemenristekdikti, Ir. Falconi Margono selaku Sekretaris Utama Badan Tenaga Nuklir Nasional, serta para Widyaiswara Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.

Kapusdiklat Pegawai Kemendikbud Dra. Garti Sri Urami, M.Ed dalam sambutannya menyatakan bahwa pelatihan dasar sebagai tahapan yang harus dilalui oleh CPNS untuk dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil 100% sehingga peserta harus lulus pelatihan dasar ini untuk dapat predikat sebagai seorang PNS. Pusdiklat Pegawai Kemendikbud sebagai pusat pendidikan dan pelatihan yang sudah terakreditasi A akan tetap membutuhkan evaluasi yang jujur dari peserta pelatihan dasar CPNS baik untuk fasilitas maupun tenaga pelatihannya demi perbaikan Pusdiklat Pegawai Kemendikbud kedepannya. Pada akhir sambutannya Ibu Kapusdiklat mengucapkan selamat datang dan selamat mengikuti pelatihan kepada peserta latsar CPNS.

Sambutan Kepala Pusdiklat Pegawai Kemendikbud Dra. Garti Sri Urami, M.Ed

Sekretaris Utama BATAN, Ir. Falconi Margono memberikan sambutan sekaligus membuka pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan IV, V dan VI tahun 2019 secara resmi. Dalam sambutannya Ir. Falconi Margono mengingatkan kepada peserta latsar bahwa para peserta harus dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan baik, sebab peserta pelatihan dasar ini adalah orang-orang yang terpilih dari sekian juta orang saat proses seleksi CPNS. Peserta harus dapat mewujudkan tujuan utama sebagai ASN tingkat dunia, dengan mengikuti pelatihan dasar ini sebagai tahapan awal peserta untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara dengan meningkatkan kemampuannya serta memberikan yang terbaik dalam proses pelatihan ini. Peserta punya kesempatan minimal 28 tahun untuk dapat memberikan sesuatu bagi bangsa ini sehingga sekali lagi Ir. Falconi Margono mengingatkan kepada peserta agar memanfaatkan pelatihan dasar ini dengan baik karena bangsa ini menunggu para peserta latsar dari Kemenristekdikti yang merupakan dosen untuk dapat memberikan atau membagikan ilmunya kepada generasi-generasi muda penerus bangsa untuk lebih kreatif karena kreatifitas itu sangat dibutuhkan sekarang ini, dan juga peserta latsar dari BATAN agar bisa melakukan riset-riset untuk kemanfaatannya bagi bangsa dan negara, jika ingin menjadi negara maju maka harus dapat menguasai nuklir dan antariksa sebagaimana negara-negara maju lainnya.

Falconi juga tak lupa memberikan motivasi dan semangat kepada peserta untuk bisa memberikan sesuatu untuk bangsa ini, karena bangsa ini menunggu kontribusi semua anak bangsa. Diakhir sambutannya Ir. Falconi Margono membuka secara resemi Pelatihan Dasar CPNS golongan III angkatan IV, V dan VI di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.

Sambutan Sekretaris Utama BATAN sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Dasar CPNS golongan III angkatan IV, V dan VI tahun 2019

Kegiatan pembukaan pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan IV, V dan VI diakhiri dengan sesi foto bersama.Foto bersama peserta Latsar CPNS angkatan IV

Foto bersama peserta Latsar CPNS angkatan V

Foto bersama peserta Latsar CPNS angkatan VI

Setelah kegiatan pembukaan pelatihan dasar CPNS, Kepala Pusdiklat Kemenristekdikti, Wisnu S. Soenarso memberikan materi pelatihan Muatan Teknis Substantif  Lembaga (MTSL) kepada peserta latsar CPNS angkatan IV yang  berasal dari 15 PTN yang terdiri dari Universitas Diponegoro sebanyak 4 orang, Universitas Negeri Semarang 3 orang, Universitas Jenderal Soedirman 4 orang, Universitas Mulawarman 2 orang, Universitas Sebelas Maret 3 orang, Universitas Negeri Yogyakarta 2 orang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta 2 orang, Universitas Lambung Mangkurat 7 orang, Universitas Gadjah Mada 3 orang, Universitas Tanjungpura 1 orang, Universitas Riau 2 orang, Politeknik Negeri Pontianak 2 orang, Politeknik Negeri Ketapang 1 orang, Politeknik Negeri Tanah Laut 2 orang, dan Politeknik Maritim Negeri Indonesia 1 orang.

Kepala Pusdiklat Kemenritekdikti memberikan materi MTSL

SSS