PELATIHAN SPSE V.4.3 UNTUK PENGADAAN YANG LEBIH BAIK

Pelatihan, SURABAYA –  Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Pengadaan  Barang/Jasa (PBJ) di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti) Melaksanakan Pelatihan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.3 (SPSE V 4.3).

 

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 5 hari yang dibuka pada senin (25/02). Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Pusdiklat Kemenristekdikti) Wisnu S. Soenarso menyampaikan bahwa para Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Staff di Unit Layanan Pengadaan (ULP) di Lingkungan Kemenristekdikti agar semakin profesional dan menekan pemborosan dan meningkatkan sinergi serta efektivitas penentuan harga, karena pada dasarnya pelatihan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik Versi 4.3 (SPSE V.4.3) ini dikembangkan dengan semangat efisiensi karena tidak memerlukan biaya lisensi.

 

Pelaksanaan Pelatihan SPSE V.4.3 diikuti oleh peserta dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Lingkungan Kemenristekdikti yang diantaranya oleh 9 Univeristas, 7 Politeknik, 1 Akademi Komunitas, 1 Institusi Seni, 1 Satuan Kerja Pusat  dan 3 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) yang dibagi menjadi dua angkatan (Angkatan III dan IV).

 

“ASN dituntut semakin profesional dan berwawasan luas serta Peningkatan kemampuan personil diperlukan untuk mewujudkan good governance and transparancy. Peningkatan kompetensi merupakan usaha bersama antara organisasi dan seluruh personil dari organisasi tersebut, Reformasi Birokrasi harus menjadi sarana mencapai perbaikan tata kelola organisasi, sehingga pada akhirnya Kemenristekdikti dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang telah diraihnya sejak 2016” ungkap Kapusdiklat Kemenristekdikti saat memberikan Pembekalan Pelatihan SPSE VERSI 4.3 Angkatan III dan IV di Surabya.

 

Pelatihan tersebut merupakan hasil kerjasama penyelenggaraan pelatihan antara Pusdiklat Kemenristekdikti dengan Pusdiklat Pengadaan Barang/Jasa Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (Pusdiklat PBJ LKPP) yang kerjasama penyelenggeraan dilakukan dengan pola Swakelola.

 

Wisnu  mencontohkan bahwa Realisasi Anggaran Kemenristekdikti TA. 2018 di Bidang Belanja Modal masih terdapat sisa pagu anggaran yang tidak terpakai. Kalau tidak diantisipasi dengan seksama, ini problem betul terjadi pada postur anggaran 2019 bagi Kementerian ini (Kemenristekdikti).

 

Selain Kapusdiklat Kemenristekdikti, Pelatihan Aplikasi SPSE V.4.3 Yogyakarta ini turut dihadiri oleh Kapusdiklat PBJ  LKPP, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Kemenristekdikti, Kasubbid Diklat Teknis Pusdiklat Kemenristekdikti, Pejabat Pengadaan Pusdiklat Kemenristekdikti dan Beberapa Narasumber dari Kemenristekdikti dan LKPP.

 

 

AS/RKA